4 Cara Mengatasi Suara Headset Kecil / Kecil Sebelah (HP Android)

Suara Headset kecil, sebenarnya bukan masalah yang asing lagi. Saya sendiri yang sering sekali memakai headset, kadang menemukan masalah ini di HP saya.

Nah, jika headset hanya sekedar dipakai untuk telepon mungkin tidak masalah. Tapi untuk yang hobi mendengarkan musik, masalah ini lumayan mengganggu, karena volume yang dihasilkan jadi tidak maksimal.

Terus apa sih penyebab dari suara headset yang kecil ini?


Mengatasi bunyi headset kecil



Nah, masalah bunyi headset kecil bisa disebabkan dua hal. Yakni dari sistem, atau dari headsetnya.

Maksud dari masalah sistem, adalah HP mengalami masalah bug tertentu. Sedangkan masalah dari headset, disebabkan karena ada salah satu bagian komponen yang rusak.

Oh ya, suara kecilnya itu tidak hanya pada kedua earphone, kadang juga kecil sebelah.

Dan untuk itu, disini saya ingin membahas hal tersebut, yakni cara memperbaiki suara headset kecil / kecil sebelah, untuk Anda yang barangkali sedang mengalaminya.

Silakan dibaca, dan semoga efektif ya.


1. Periksa Kabel Headset



Kabel Headset HP


Penyebab suara headset kecil sebelah / keduanya, biasanya cukup erat kaitannya dengan masalah kabel.

Pertanyaannya why?? kenapa??

Simpel saja, karena di kabel itu data suara dihantarkan. Jika kabel ada yang sudah jelek, suara yang dihasilkan biasanya akan menurun. Bahkan, jika kabelnya sudah putus maka bisa dipastikan suara dari headset akan hilang.


 Cara mengatasinya :


Coba periksa dulu kabel headset Anda. Cek kabel yang tertekuk, coba luruskan kembali jika ada. Jika perlu, beri selotip kabel supaya posisi kabel tidak berubah.

Jika kabel headset Anda sudah terlanjur putus, jangan khawatir dulu. Coba solder saja kabel tersebut ke komponen earphonenya. Bisa juga coba ganti kabel dari headset lain (Yang sudah rusak) jika ada.



2. Periksa Posisi Konektor Headset Ke HP



Suara headset kecil


Posisi konektor headset juga kadang jadi penyebabnya. Terutama untuk headset yang rusak atau mau rusak, banyak sekali muncul masalah ini.

Hal ini biasanya disebabkan karena jalur kabel ke konektor ada yang mau putus. Sehingga di posisi tertentu, kabel jadi tidak tersambung dengan benar.

Masalah ini sering saya temukan di beberapa earphone yang saya pakai.


Cara mengatasinya :

Coba atur posisi konektor + posisi kabel. Cabut pasang konektornya, biasanya cukup berpengaruh. 


3. Memakai Aplikasi Equalizer


Setting equalizer


Jika Anda sedang mencari cara setting headset di android. Anda bisa menggunakan Aplikasi Equalizer, yang saat ini sudah cukup beragam tersedia di Google Playstore (Contohnya seperti gambar diatas).

Nah, buat yang belum tahu, Aplikasi Equalizer adalah aplikasi untuk mengatur volume suara pada HP, termasuk setting bass dan sejenisnya. Aplikasi ini cukup membantu, untuk meningkatkan volume HP jika suara yang dihasilkan headset kecil.

Oh ya, jika HP Anda sudah mendukung fitur Dolby, biasanya aplikasi Equalizer bawaan sudah terinstall di HP Anda. Coba cek lagi.


4. Memakai MXPlayer


Aplikasi pemutar video


Selain memakai Aplikasi Equalizer, Anda juga bisa mengatasi suara headset yang kecil memakai aplikasi MXPlayer. Terutama jika Anda ingin memutar video.

MXPlayer sendiri bagi sebagian besar pengguna Android bukanlah aplikasi yang asing lagi. Aplikasi ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu aplikasi video player terbaik.

Nah, ada satu fitur di MXPlayer, yang bernama Dekoder SW. Fungsinya untuk membuat sistem yang mengatur volume suara. Dan di Dekoder SW ini, Anda bisa menaikkan volume lebih tinggi sehingga suara yang dihasilkan jadi lebih keras.


Bagaimana cara memperbaiki suara headset yang kecil sebelah?



Nah, khusus untuk headset yang bunyi kecil sebelah, Anda bisa menggunakan metode 1 dan metode 2.

Kemudian coba gunakan aplikasi Equalizer, yang memiliki fitur untuk setting Audio Balance. Fungsinya untuk mengatur intensitas / menyeimbangkan suara antara headset kiri dan headset kanan.

Namun, jika sudah dicoba tapi belum berhasil, coba pakai headset lain, dan tes apakah normal atau tidak.

Kalau tidak, disarankan untuk ganti headset saja.


Penutup...



Demikian sedikit informasi saya, tentang bagaimana caranya memperbaiki headset yang suaranya kecil.

Sebenarnya ada beberapa cara yang belum saya bahas. Alasannya karena artikel ini lebih saya tujukan untuk banyak kalangan, termasuk yang pemula.

Jika ada pertanyaan atau sejenisnya, Anda bisa mengirimkannya lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..