7 Aplikasi Kompres Foto / Gambar Terbaik Rekomendasi Saat Ini

Aplikasi Kompres Foto - Dari perangkat apa Anda mengambil foto? Dari kamera khusus atau dari kamera HP? Nah, hasilnya sendiri tentu saja berbeda, tergantung dari kualitas perangkatnya.

Bicara soal kualitas gambar, rata-rata HP maupun kamera sekarang telah mendukung pengambilan gambar dengan resolusi HD (720p), dimana sizenya bisa mencapai 3Mb sampai 5Mb.

Sekilas memang terdengar tidak begitu besar. Namun, untuk beberapa kebutuhan tertentu, misalnya upload untuk CV, dokumen Ijazah dan lain-lain, yang ketika dibuat kedalam bentuk dokumen (PDF), maka akan cukup berpengaruh.


Aplikasi Kompres Gambar Terbaik


Maksud pengaruh tersebut adalah ketika ingin diupload ke website tertentu. Karena biasanya terdapat limitasi kapasitas maksimal sebesar kurang lebih 500Kb.

Jadi bisa disimpulkan, kalau size fotonya tinggi, sudah pasti size PDFnya akan jadi tinggi juga. Terutama jika Anda memasukkan lebih dari satu foto.

Untuk itulah pada artikel ini, saya ingin membahas aplikasi yang bisa digunakan untuk kompres gambar, khusus untuk Anda yang sedang ingin mengecilkan ukuran foto.




1. Adobe Photoshop


Aplikasi Photoshop


Adobe Photoshop adalah sebuah aplikasi edit foto yang terkenal karena lengkap sekali fiturnya. Dari editing ringan untuk pemula, sampai editing pro bisa dilakukan melalui aplikasi ini.

Untuk yang masih awam, tidak banyak yang tahu, kalau Photoshop sebenarnya bisa digunakan untuk memperkecil size foto, bahkan hingga 80% atau lebih. Caranya cukup lakukan save ulang, kemudian atur ulang kualitas dari fotonya. Maka size juga akan berubah kembali.

Alasan saya memasukkan aplikasi ini, adalah karena banyak orang yang punya aplikasi Photoshop di PC atau Laptop mereka. Jadi sayang kalau dilewatkan.




2. PNGGauntlet


Aplikasi PNGGauntlet


PNGGauntlet banyak direkomendasikan oleh pemilik website teknologi. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengkompress gambar, terutama dengan ekstensi .PNG jadi jauh lebih kecil.

Desain dari aplikasi ini bisa dibilang simpel dan classic. Anda tinggal meng-klik tombol Add Images >> pilih gambar yang diinginkan >> Atur output filenya, kemudian klik Optimize. Maka aplikasi akan memulai proses kompress gambar.

Sebelum menjalankan aplikasi ini, pastikan Windows Anda sudah terinstall NET Framework minimal versi 4.0 (Lebih tinggi lebih baik).


3. Riot


Aplikasi Riot

Riot berfungsi untuk memperkecil ukuran foto, terutama ekstensi JPG, PNG dan GIF. 

Untuk fitur kompresnya Riot menyediakan cukup beragam. Diantaranya Anda bisa mengatur Quality hasil akhir gambar dari 1 sampai 100%, mengatur brightness, contrast bahkan gamma dari gambar. Dan semua hal tersebut bisa Anda lakukan sekaligus untuk beberapa gambar dengan fitur Batch.

Desain dari aplikasi ini cukup simpel, dan mudah digunakan. Size aplikasinya juga kecil, hanya dibawah 2Mb.


4. FILEminimizer Pictures


Aplikasi Fileminimizer


FILEminizer adalah salah satu aplikasi images compressor yang sudah cukup terkenal dikalangan pengguna Windows. Tampilan dari aplikasi ini mirip dengan Windows Vista / 7 namun sudah memiliki support hingga Windows 10.

Untuk fiturnya sendiri aplikasi ini menyediakan support ekstensi gambar JPG, PNG, BMP, GIF, TIFF, EMF dengan kompressi maksimal hingga 98% (Misalnya dari 5MB hingga 0.1MB). Dan yang menarik disini, kita juga bisa membuat hasil gambarnya diupload secara langsung ke Facebook.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini melalui situs resminya di Balesio.com.


5. TinyJPG


Kompres gambar online


TinyJPG, sebuah situs online yang memungkinkan kita mengkompres ukuran gambar secara online. Saya sendiri cukup sering memakai aplikasi ini, terutama ketika sedang menulis artikel (Agar gambarnya bisa di-load lebih cepat).

Situs ini mendukung dua format gambar, JPG dan PNG. Dan selain mengupload satu, Anda juga bisa memasukkan hingga 20 foto sekaligus secara bersamaan, begitu pula dengan proses compressnya.

Untuk size akhirnya variatif, karena situs ini melakukannya secara otomatis. Tapi untuk kualitasnya jangan ditanya, saya sendiri hampir tidak tahu perbedaan antara gambar asli dengan gambar yang sudah dikompress.



6. Kraken.io


Kompres foto online


Bagi para penggemar fotografi, Kraken.io mungkin bukanlah hal yang asing lagi. Karena melalui situs ini Anda bisa memperkecil ukuran file foto hingga puluhan persen, dengan kualitas nyaris sama dengan yang aslinya.

Ada dua jenis fitur kompress di situs ini, yakni Lossless dan Lossy. Pengertiannya, Lossless adalah fitur dimana proses optimasi gambar dilakukan dengan mengedepankan kualitas. Yakni dengan cara tidak mengubah pixel gambar sama sekali, sehingga foto jadi tetap jelas.

Sedangkan Lossy, adalah fitur yang menggunakan Algoritma khusus, yang mengedepankan size akhir sekecil-kecilnya.



7. JPEG Optimizer


Aplikasi JPEG Optimizer


Masih seputar aplikasi online, yang terakhir ingin saya bahas disini adalah JPEG Optimizer. Situs ini sudah cukup lama ada. 

Situs ini memiliki fitur custom quality, dimana kita bisa mengupload foto JPG yang diinginkan, kemudian mengatur sizenya dengan melakukan kompres yang bisa diatur dari angka 0 hingga 99.

Kalau masih kurang, situs ini juga menyediakan fitur resize yang bisa dijalankan dalam satu waktu. Sehingga hasil size akhirnya bahkan bisa jauh lebih berkurang lagi.




Penutup...


Nah, demikian artikel tentang 7 rekomendasi aplikasi kompres foto terbaik rekomendasi saat ini. Masih ada juga sebenarnya beberapa software yang belum dibahas, namun untuk fungsinya, saya pikir pembahasan diatas sudah mencukupi.

Perlu diingat, daftar diatas saya buat acak. Jadi Anda bisa memilih yang mana saja sesuai kebutuhan.

Kalau ada rekomendasi lain, silakan kirim saja lewat kolom komentar dibawah, agar saya bisa memasukkannya ke daftar ini.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..