Arti PO Di Online Shop | +Penjelasan Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Dan Arti PO
Arti PO - Dulu internet hanya digunakan untuk kebutuhan tertentu saja. Contoh sederhananya seperti mencari informasi di Google atau membuka media sosial Facebook.

Namun seiring perkembangan waktu, banyak hal-hal baru yang biasa kita temui di Internet, yang salah satu paling populer belakangan ini adalah Jual Beli Online.

Ya, transaksi online saat ini memang banyak dilakukan orang-orang. Membeli barang tanpa repot hanya dengan melalui gadget.

Seperti yang kita ketahui, setiap bidang tertentu pasti memiliki yang namanya istilah. Tidak terkecuali di Internet, terkhususnya jual beli online. Salah satunya adalah PO.


Apa Itu PO? Apa Sih Artinya?


Di internet istilah PO sering sekali muncul.  jika Anda sedang ingin membeli barang di internet (Belanja online), Anda juga akan melihat istilah ini di toko-toko tertentu.

PO sebenarnya bukan berarti 1 pengertian saja. Karena istilah ini memiliki 3 kepanjangan, yaitu Pre-order, Payout, dan Purchase order.

Tentunya hal ini memiliki penjelasan tersendiri, tergantung Anda kira-kira istilahnya 'pas' sama yang mana. Silakan simak penjelasannya..



1. Payout


Contoh Payout


Payout adalah istilah yang digunakan untuk mencairkan uang dari internet. Misalnya punya sebuah akun di Martketplace, dan Anda ingin transfer uang tersebut ke Bank, maka Anda akan melewati proses yang dinamakan Payout

Payout ini termasuk istilah umum. Banyak ditemukan dimana-mana dan sudah ada sejak internet belum populer seperti sekarang.

Berikut contoh PO :

Contoh Payout Leskompi

Di gambar tersebut terdapat kolom Total Amount yang artinya Jumlah Pendapatan. Kemudian jumlah pendapatan tersebut dicairkan melalui Bank Transfer yang ada pada kolom sebelah kanannya.

Inilah yang dimaksud Payout.




2. Pre-order


Contoh preorder


Pre-order adalah istilah yang banyak ditemukan di dunia jual beli online. Maksud Pre-order disini adalah sistem dimana kita memesan dan membayar barang yang kita inginkan terlebih dahulu walau barang belum ready stock.

Pre-Order biasanya bisa banyak ditemui pada produk-produk yang populer. Misalnya Gadget atau barang-barang Fashion.

Kenapa mesti Pre-Order? Ini beberapa kelebihan Pre-Order :


  • Dengan Pre-Order Anda nggak akan kehabisan barang
  • Seller akan memprioritaskan mengirimkan barang ke seseorang yang telah melakukan Pre-Order
  • Kadang harga lebih murah
  • Kadang kita bisa mendapatkan bonus-bonus tertentu (Banyak ditemui di produk-produk yang baru dirilis)


Walau begitu, untuk seseorang yang agak kurang sabar, rasanya Pre-Order akan kurang cocok. Karena pengiriman barang variatif, bisa 1 minggu hingga berbulan-bulan.

Bicara soal Pre-Order, saya sendiri sudah pernah membahasnya secara lebih lengkap. Silakan baca saja artikel Apa itu Pre-Order?




3. Purchase Order



pengertian purchase order


Purchase Order adalah dokumen atau catatan resmi tentang keterangan barang yang akan dibeli oleh pembeli. Fungsinya ialah sebagai kontrak maupun hanya sebagai formalitas.

Keterangan barang yang dimaksud disini adalah jenis barang dan tercatat rincian harga serta total dari semuanya (Termasuk diskon jika ada).

Selain itu, di Purchase Order juga terdapat keterangan lain, misalnya tanggal order dan nama pembeli (Kadang diwakilkan perusahaan).


Beda Purchase Order Dan Invoice


Terkadang suka disalahpahami, padahal perbedaan antara Purchase Order dan Invoice itu sangatlah simpel.

  • Purchase Order dibuat oleh pembeli yang fungsinya untuk mencatat keterangan barang yang ingin dibeli. Berikut dengan rincian lainnya.

  • Invoice adalah rincian tagihan dari penjual, melanjutkan konfirmasi tentang stok dan rincian harga akhir dari barang.

Simpelnya dimana? Simpelnya, Purchase Order dibuat pembeli, sedangkan Invoice dibuat penjual.

Walau begitu, penggunaan Purchase Order sebenarnya jarang kita temui di Online Shop. Biasanya hanya dilakukan perusahaan-perusahaan yang ingin membeli barang dengan kuantitas yang banyak.


Kesimpulan


Kesimpulannya PO bisa berarti Payout, Pre-Order, dan Purchase Order :


  • Payout : Adalah istilah yang dipakai untuk mencairkan uang dari internet.

  • Pre-Order : Adalah istilah yang dipakai untuk memesan serta membeli barang yang belum ready.

  • Purchase Order : Sebuah dokumen atau form yang berisi rincian dari barang yang ingin dibeli.


Apakah itu saja?


Iya, untuk sementara itu saja.

Karena definisi istilah PO ini sebagian besar (Yang paling banyak dipakai) hanya pre-order, purchase, dan Payout. Anda bisa cek sendiri di Google, banyak website membahas hal yang sama, dan rata-rata pembahasannya sama seperti 3 poin diatas.

Tapi untuk bidang lain, bukan tidak mungkin ada pengertian lain. Namun karena disini saya lebih memfokuskan tema ke bisnis dan jual beli online, maka saya tidak melebarkan lagi pembahasannya.


Penutup...


Demikian, artikel tentang arti PO, penjelasan dan contohnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda yang belum paham, padahal sering dengar.

Kalau ada yang ingin diketahui, atau perlu penjelasan detail tentang ini, jangan ragu untuk mengirimkan komentar Anda melalui form komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..