Berapa Sih Biaya Servis HP Android? (Lengkap)

Bisa dibilang kerusakan HP Android itu beragam. Kadang kita juga bisa memperbaikinya sendiri, misalnya dengan mengikuti tutorial-tutorial yang ada di situs ini (Cek kategori perbaiki HP Android).

Jika kita beruntung, kita bisa memperbaikinya. Tapi bagaimana kalau tidak? Tentunya kita pasti akan membawanya ke service center untuk diperbaiki.

Ada satu hal yang pasti bikin orang penasaran sebelum mereka ingin memperbaiki HPnya. Yakni berapa biaya servis HP.

Harga perbaikan HP

Bukan hanya orang lain, saya juga sempat penasaran berapa sebenarnya biaya service HP biasanya. Alasannya, saya jarang sekali pergi ke tempat servis, karena kebanyakan masalah kerusakan di HP saya bisa diperbaiki sendiri.

Nah, waktu jalan-jalan, saya mendapat informasi estimasi biayanya. Dan disini saya ingin membagikannya secara lengkap.

Ditujukan khusus untuk Anda yang penasaran juga.


Berapa Biaya Service HP?


Biaya reparasi HP, tergantung dari kerusakannya, karena ada yang ringan ada yang berat. Sebagai estimasi, untuk kerusakan ringan, kira-kira 50 ribu sampai 150 ribu rupiah. Sedangkan untuk kerusakan berat, biayanya sekitar 300 ribu hingga jutaan rupiah. Dan perlu diingat, beda tempat beda juga harga perbaikannya.


  • Apa sih maksud kerusakan ringan dan berat?

Yang dimaksud kerusakan ringan adalah error pada sistem (Bootloop, HP hang, Aplikasi HP terhenti, dan lain-lain. Sedangkan kerusakan berat, adalah kerusakan pada komponen (HP kena air, konslet, touchscreen pecah dan lain sebagainya).


  • Apa maksud beda tempat beda harga perbaikan?

Karena harga komponen di tiap daerah berbeda-beda, maka harga reparasinya juga bisa beda-beda. Begitu pula dengan biaya jasa dan resiko saat dilakukan perbaikan.

Estimasi harga diatas berlaku untuk sebagian besar merk HP Android. Samsung, ASUS, Lenovo, Xiaomi, VIVO, OPPO, Huawei, Smartfren dan lain-lain.



Jenis-jenis kerusakan HP dan biaya perbaikannya :


Yang saya tulis diatas adalah estimasi  dalam garis besar saja. Tapi karena HP Android punya kerusakan yang bervariasi, berikut pembahasan lebih detailnya :


1. HP Bootloop

HP Bootloop, biasanya terjadi akibat error sistem (Misalnya salah install aplikasi, root dan lain-lain). Biasanya diperbaiki dengan cara reset ulang (Lewat recovery), atau dengan flash ulang. Biayanya 50 ribu sampai 150 rupiah.


2. HP suka restart

Biasanya ini terjadi akibat sistem atau baterai. Harga servicenya kira-kira 50 sampai 300 ribu rupiah. Tapi Anda juga bisa coba baca artikel memperbaiki HP restart sendiri.


3. HP tidak bisa charging

Ini bisa disebabkan karena sistem error, masalah baterai dan masalah IC charge. Biaya perbaikannya sekitar 50 hingga 40 ribu rupiah. (Baca juga : Cara memperbaiki HP di cas tapi tidak mengisi)


4. Headset tidak terdeteksi

Disebabkan kerusakan sistem (Gagal membaca headset) atau masalah pada port. Kalau rusak pada port, biasanya biaya penggantiannya sekitar 100 hingga 200 ribu rupiah (Baca juga : Cara Memperbaiki Headset Tidak Terdeteksi)


5. Touchscreen suka bergerak sendiri

Kalau touchscreennya masih normal tapi beberapa waktu suka gerak sendiri, biasanya karena baterainya. Estimasi biaya perbaikannya sekitar 100 hingga 250 ribu rupiah.


6. HP tidak ada sinyal / tidak bisa menangkap sinyal

Bisa disebabkan karena IC rusak dan sejenisnya (Kalau Anda yakin bukan gangguan provider). Biaya perbaikannya tergantung dari harga IC. Sekitar 150 hingga 350 ribu rupiah.


7. Layar blank

Bisa disebabkan karena corrupt sistem, LCD rusak atau mesin HP rusak. Perbaikannya sekitar 50 ribu, 500 ribu hingga hampir seharga HP Anda (Jika mesinnya harus diganti).


8. Touchscreen / LCD pecah

Jika Anda sedang mencari biaya ganti touchscreen Samsung, Xiaomi, ASUS dan lain-lain, kurang lebih kira-kira 300 ribu hingga 600 ribu rupiah, tergantung jenis HP yang dipakai. Terutama untuk HP flagship, harga LCDnya mungkin bisa lebih mahal lagi.



9. HP Konslet

Biaya servis HP konslet tergantung dari jenis kerusakannya (Ada yang ringan ada yang berat). Estimasinya sekitar 100 ribu hingga 500 ribu rupiah.


10. HP Mati Kena Air

HP yang mati terkena air biasanya cukup mahal biaya perbaikannya.  Apalagi jika sudah terkena SoC HP. Untuk biaya servis hp kena air, sekitar 300 hingga 1 juta keatas tergantung dari jenis HPnya. Kenapa mahal? Karena biasanya harus ganti mesin.


11. HP Mati Total

HP mati total kadang ada yang ringan kadang ada yang berat. Biaya servis HP mati total sekitar 100 ribu. Dan kalau ada komponen yang harus diganti, estimasinya sekitar 300 ribu hingga mencapai biaya ganti mesin (Baca juga : 6 Cara Memperbaiki HP Matot Jadi Nyala)


Penutup...


Demikian, sedikit informasi tentang biaya perbaikan HP. Harga diatas bersumber dari grup-grup teknologi, yang pastinya bisa Anda percaya.

Sekali lagi, harga diatas masih tergantung daerah, tempat dan biaya jasa (Karena biasanya berbeda-beda). Bisa lebih murah, bisa juga lebih mahal.

Jika Anda ada kerusakan lain dan bingung berapa biaya reparasinya, Anda bisa menanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..