[1 Menit] Cara Ganti Foto Profil WhatsApp Full Tanpa Terpotong

Sama seperti aplikasi chatting maupun media sosial, WhatsApp memiliki fitur dimana pengguna bisa memasang foto profil yang mereka inginkan. Entah itu foto atau gambar, kita bisa bebas menggantinya.

Untuk memasang foto profil WhatsApp, kita hanya perlu menekan profil kita kemudian menguploadnya melalui galeri atau file manager, setelah itu foto akan dipotong / di crop agar sesuai.

Karena dipotong, otomatis kadang foto jadi tidak full. Apalagi untuk foto dengan resolusi besar, benar bukan? Karena itulah tidak jarang banyak yang menanyakan cara mengganti foto profil WhatsApp full tanpa terpotong (Mungkin termasuk Anda disini).

Memasang foto profil WA Full


Biasanya, gambar atau foto yang kita simpan di galeri itu minimal sekitar 400px (Kurang lebih). Dan untuk foto hasil kamera, minimal HD (1280 x 720).

Untuk ukuran foto profil di WhatsApp sendiri, dari hasil browsing saya di Quora adalah 192 x 192 pixels. Dan itu untuk Smartphone layar 4-5 inch. Sedangkan dibawahnya, ukuran fotonya berubah lagi jadi kurang lebih sekitar 140 x 140 pixels.

Nah, sebenarnya jika kita mengupload foto profil, foto tersebut akan otomatis disusutkan agar sesuai dengan ukuran tersebut. Namun, untuk ukuran foto tertentu yang resolusinya besar, foto tersebut harus melewati mode crop terlebih dahulu.


Crop gambar WA
Contoh foto yang melewati fitur crop


Untuk itu disini saya ingin sedikit berbagi info cara untuk memasang foto profil WhatsApp full tanpa crop, atau lebih tepatnya meminimalisir hasil cropnya agar foto yang dipasang jadi lebih besar.




1. (Tanpa Aplikasi) Screenshots Foto Yang Ingin Diupload


Aplikasi Screenshots


Screenshots adalah fitur dasar Android yang berfungsi untuk menangkap layar HP. 

Nah, disini Anda bisa mencoba melakukan screenshots pada foto yang ingin Anda pasang sebagai foto profil WA. Karena saat foto di screenshots, otomatis ukurannya akan terpotong juga dengan menu bagian atas dan menu bagian bawah galeri.

Sehingga ukuran fotonya akan berubah jadi kecil, meskipun tanpa crop. Ditambah kualitas hasinya juga tidak beda jauh dengan aslinya.

Untuk cara screenshotsnya beda-beda ya, tergantung HP yang dipakai. Kalau mau, Anda juga bisa memakai aplikasi screenshots.



2. Menggunakan Aplikasi Photo Collage


Memotong Foto WhatsApp


Memperkecil ukuran foto tanpa memotongnya, bisa juga lewat aplikasi Photo Collage. Aplikasi ini berfungsi untuk memberi efek square, yang bisa membuat ukuran foto asli jadi lebih kecil.

Bukan itu saja, karena hasil edit yang diberikan bukan hanya membuat foto jadi lebih kecil saja. Kita juga bisa membuat beberapa pengeditan tertentu (Seperti efek blur).

Cara pakainya, Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut kemudian lakukan pengeditan fotonya disana. Misalnya dengan fitur kolage 


pasang Profil foto WA tanpa crop


Setelah disimpan, Anda tinggal mengganti fotonya langsung di WhatsApp. Jadi nanti meskipun ada fitur crop, Anda tidak perlu memotong foto aslinya. Cukup sebagian yang terkena blur saja. Mudah kan?


3. Memakai SquareDroid


Cara Foto WA full


SquaredDroid adalah aplikasi yang punya fitur untuk memberi efek crop pada foto yang mempotong fotonya. Mirip seperti sebelumnya.

Di aplikasi ini Anda bisa membuat efek kolase dan efek square fit, dimana fitur ini sangat berguna jika Anda ingin memasang foto full di WhatsApp.

Caranya pakainya mudah, cukup install aplikasi SquareDroid di HP Anda. Kemudian silakan pilih salah satu fitur edit (Kolapse atau Square Fit) :


Edit foto DP WA


Setelah itu, Anda tinggal memasang hasil editnya ke WA. Dan kalau ada crop, cukup potong bagian blurnya saja.




4. Memakai Aplikasi Photo & Picture Resizer



Cara ubah ukuran foto WA


Seperti namanya, Photo & Picture Resizer ini berfungsi untuk mengatur ulang ukuran atau resolusi foto ke ukuran tertentu, sehingga jika hasil potret kamera Anda terlalu besar, Anda bisa mengubahnya kembali.

Saya sendiri sudah mencoba aplikasi ini, dan cukup efektif. Karena selain resolusinya yang diperkecil, aplikasi ini juga bisa berfungsi untuk mengurangi size dari foto tersebut.

Cara pakainya mudah, cukup install aplikasinya kemudian buka. Setelah itu pilih foto kemudian atur ukurannya sesuai dengan yang diinginkan :

Mengatur ukuran DP WA


Terakhir Anda tinggal memasangnya di akun WhatsApp Anda.


Penutup...


Kesimpulannya, memasang DP foto profil WA full tanpa crop bisa dibilang tidak begitu sulit. Dengan 4 cara diatas, dijamin foto yang Anda pasang bisa penuh sesuai dengan ukuran aslinya.

Saya sendiri sudah mencoba keempat cara tersebut, dan bisa dibilang cukup efektif. Hasil foto yang saya upload tidak terpotong, meskipun ukuran foto yang saya pakai relatif besar (diatas 1000 pixels).

Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk mengirimkannya melalui kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..