6 Cara Mempercepat Internet Axis Lemot (Jadi Lebih Kencang)

Koneksi internet Axis lemot? Benarkah demikian?

Tidak.. menurut saya tidak. Di tempat saya, Axis bisa saya bilang cukup cepat, dengan download speed rata-rata mencapai sekitar 3MB/s (Di IDM).

Jadi lambat tidaknya ini tergantung beberapa faktor. Dan akan saya bahas di artikel cara mempercepat koneksi internet Axis disini.


cara memperkuat sinyal axis 4g


Cepat tidaknya provider, tergantung beberapa hal. Dan inilah hal-hal tersebut :


  • Perangkat : Setiap perangkat, kualitas penangkapan sinyalnya beda-beda. Jadi tidak heran kalau di satu HP internet lemot, dan di HP lain justru kebalikannya.

  • Tempat : Lokasi tempat akan mempengaruhi kecepatan internet. Gak percaya? Coba pindah ke tempat tertutup, pasti sinyal akan berkurang, dan kecepatan koneksi akan menurun.

  • Cuaca : Misalnya sedang hujan. biasanya jaringan akan mengalami gangguan. Saya sendiri sering mengalaminya.

  • Salah setting : Pengaturan setting jaringan biasanya sudah default teratur otomatis. Tapi tidak jarang juga setting tersebut salah yang akhirnya mempengaruhi koneksi.

  • Pengaruh sistem : Sistem juga bisa membuat internet lambat. Lengkapnya saya jelaskan nanti. 


Terus bagaimana cara mempercepat axisnya? Kita bahas satu satu disini..




Cara Mempercepat Koneksi Internet Axis Agar Tidak Lemot




1. Setting APN Axis di HP Anda



APN Axis


Saat kita memasukkan kartu Axis ke HP, sebenarnya APN sudah otomatis tersetting. Namun untuk sebagian tipe HP, ada juga yang harus dimasukkan secara manual.

Nah, pertama Anda harus setting dulu ini. Karena APN kadang-kadang kalau settingnya benar bisa melancarkan dan menstabilkan koneksi.

Caranya, silakan pergi ke Settings (Setelan) >> Jaringan >> Kartu SIM (Pilih AXIS) >> Kemudian masuk ke APN (Untuk beberapa HP mungkin letaknya beda-beda). Untuk APNnya, silakan masukkan :


Nama APN : Axis

APN : Axis

Proxy : 10.8.3.8

Port : 8080

Nama Pengguna (Username) : Axis

Password : 123456

Server : (Kosongkan)

MMSC : Biarkan default

Proxy MMS : Biarkan default

Port MMS : Biarkan default

MMC : 510

MNC : 08

Autentikasi : PAP

Jenis APN : Default

Tipe protokol APN : IPv4

Protokol APN Roaming : IPv4


Jika sudah, simpan pengaturan APN tersebut, tutup jendela setting kemudian restart HP Anda.


2. Coba Pindah Tempat Atau Lokasi


Lokasi Sinyal Axis


Seperti yang dibahas tadi, tempat dan lokasi bisa mempengaruhi kecepatan koneksi. Bahkan untuk beberapa situasi penurunannya bisa sampai 60%.

Karena itulah disarankan agar Anda coba pindah tempat, ke yang lebih terbuka dan lebih banyak sinyalnya. Misalnya jika Anda berada di kamar, coba pindah ke ruang keluarga.

Tapi jika pindah tempat masih belum berpengaruh, barulah Anda bisa coba berpindah ke lokasi lain.


3. Ganti Pengaturan Jaringan


Setting Jaringan HP


Saat ini sebagian besar orang hampir semuanya memakai sinyal 4G, terutama jika di daerah mereka sudah tercover. Ini tidak salah, karena sinyal 4G bisa dibilang memang cepat dan stabil. Nah, tapi bagaimana kalau misalnya lelet?

Solusinya Anda bisa coba mengganti jenis jaringan, ke 3G misalnya. Banyak yang belum tahu ini bisa cukup berpengaruh, terutama di jam-jam sibuk dimana traffic jaringan sedang ramai.

Caranya, pergi ke Settings >> Pengaturan jaringan seluler >> Kemudian atur jenis jaringan ke 3G Only

Kalau setelah beberapa waktu koneksi di jaringan 4Gnya sudah terasa normal, Anda tinggal mengatur dan mengembalikannya kembali.


4. Coba Refresh Jaringan Axis Anda


Refresh Sinyal HP


Refresh jaringan, bertujuan untuk menormalkan kembali sinyal yang gangguan, agar bisa kembali terkoneksi. Untuk caranya ada tiga (Silakan dicoba satu-satu) :

Pertama : Disconnect akses internet >> Tunggu beberapa menit >> kemudian sambungkan kembali.

Kedua : Coba restart HP >> Setelah selesai restart, nyalakan mode pesawat >> Tunggu beberapa menit >> Kemudian matikan kembali mode pesawatnya.

Ketiga : Matikan HP >> Lepas baterai dan kartu SIMnya >> Tunggu beberapa menit >> Pasang kembali baterai dan kartu SIM tadi lalu nyalan HPnya kembali.

Oh ya, khusus untuk langkah ketiga, kalau HP Anda baterainya tipe non-removable, cukup matikan HP dan lepas kartu SIMnya saja (Tanpa lepas baterai).




5. Force Stop Aplikasi Yang Memakai Koneksi Internet


Force Stop Aplikasi Di HP


Kalau Anda merasa Axisnya lemot belakangan ini tapi sebelumnya tidak, mungkin penyebabnya ada pada sistem, dan salah satunya adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Sebelumnya perlu dimengerti, tidak semua aplikasi latar belakang bisa membuat koneksi jadi lemot. Yang saya maksud disini hanyalah aplikasi yang menggunakan internet saja.

Nah, disini Anda bisa coba force stop aplikasi yang berjalan tersebut. Dijamin, koneksi Axis Anda bisa berjalan normal kembali.

Caranya bisa melalui Setelan >> Aplikasi >> Kemudian cari aplikasinya disana.


6. Coba Tunggu Beberapa Waktu


Mempercepat Axis


Kalau belum bisa, ada kemungkinan jaringan Axis di daerah Anda sedang gangguan (Misalnya karena faktor cuaca).

Nah, disini solusi yang bisa diberikan adalah menunggu beberapa waktu saja, sampai jaringan normal kembali.

Atau Anda mungkin bisa bertanya ke forum Pojok Axis. Karena disana juga ada moderator yang bisa membantu pertanyaan Anda.




Penutup...


Tips yang saya tulis disini ditujukan untuk umum, dan bisa diterapkan siapa saja. Dan semoga melalui artikel ini Anda bisa mengatasi internet Axis Anda yang lemot. 

Tapi perlu diingat, kalau belum berhasil berarti ada salah satu faktor yang belum terpenuhi dari pembahasan di awal tadi. Misalnya sinyal didaerah Anda kurang bagus, atau faktor cuaca.

Kalau ada pertanyaan lain, coba kirimkan melalui kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..