(Berhasil) 8 Cara Mengatasi Sinyal Xiaomi Lemah / Hilang!

Sinyal lemah, adalah masalah HP yang sering ditemui dan bisa dibilang cukup bikin repot. Saat sinyal turun, kecepatan internet akan otomatis melambat.

Ini bisa cukup mengefek saat kita sedang browsing atau buka Youtube (Jadi lemot). Apalagi kalau kita main game, bisa-bisa gamenya jadi tiba-tiba lag, macet, berhenti bahkan force close secara otomatis.

Masalah ini bisa terjadi di semua HP Android, tidak terkecuali jika Anda pengguna HP Xiaomi. Soalnya saya sendiri saat memakai Xiaomi juga pernah beberapa kali mengalami masalah sinyal.


Mengatasi sinyal xiaomi lemah naik turun


Masalah sinyal ini bisa kita lihat di menu bar Xiaomi yang terdapat dibagian atas. Sinyal lemah bisa didefinisikan menjadi 2, yakni sinyal yang sedikit atau sinyal yang naik turun.

Walau bisa terjadi di semua HP  (Termasuk Xiaomi), penyebabnya tidak selalu dari HP. Bisa juga dari faktor lain.

Berikut beberapa penyebab sinyal hilang / lemah di Xiaomi


    Daftar Isi
  1. Penyebab Sinyal Xiaomi Lemah
  2. Cara Memperbaiki Sinyal Lemah HP Xiaomi




Penyebab Sinyal Xiaomi Hilang / Lemah



1. Jarak pemancar sinyal terlalu jauh dari tempat Anda 

Setiap lokasi memiliki kualitas sinyal tersendiri. Ada yang bagus, ada juga yang kurang. Biasanya, jika HP Xiaomi Anda kurang sinyal, itu berarti lokasi yang ditempati terlalu jauh dari pemancar selular.


2. Masalah cuaca

Cuaca juga berpengaruh terhadap bagus tidaknya kualitas sinyal. Contoh mudahnya, Anda akan lebih lancar berinternetan di saat cerah ketimbang waktu sedang hujan. Betul bukan?


3. Masalah komponen / Hardware

Hardware Android juga bisa rusak. Jika Xiaomi Anda mengalami susah sinyal, ada kemungkinan juga salah satu komponennya mengalami kerusakan. Ini agak sulit diketahui, namun lengkapnya kita bahas cara mengatasinya nanti.


4. Masalah sistem

MIUI Xiaomi menurut saya sangatlah stabil. Namun, sinyal sulit tertangkap juga bisa disebabkan oleh masalah sistem. Misalnya bug dan sejenisnya.


5. Providernya sedang gangguan

Ada kalanya provider memperbaiki kualitas jaringan mereka. Nah, saat diperbaiki ini biasanya sinyal yang kita dapat akan mengalami gangguan. Hasilnya, sinyal yang didapat jadi tidak maksimal dan cenderung lemah.


  • Secara garis besar, 5 penyebab diatas tersebutlah yang paling sering ditemui. Lalu bagaimana cara mengatasi sinyal HP Xiaomi yang lemah? Lanjut kebawah :


Cara Mengatasi Sinyal HP Xiaomi Lemah / Hilang



1. Ganti Lokasi Anda


Jika pemancar yang terdapat dilokasi Anda terlalu jauh, Anda bisa mengatasinya dengan cara coba pindah tempat. Biasanya cara ini cukup efektif untuk memperkuat sinyal.

Tapi bagaimana jika tidak memungkinkan?

Nah, jika Anda ingin berdiam di tempat yang sama, coba pindah ketempat yang lebih terbuka. Jangan lupa waktu berpindah, cek bar sinyal di HP Xiaomi Anda (Naik atau turun).


2. Restart HP Xiaomi Anda



Melakukan restart, kadang bisa membantu memperbaiki masalah pada sinyal Xiaomi.

Cara ini ditujukan untuk merefresh jaringan sekaligus sistem. Biasanya, sinyal yang tadinya lemah akan menjadi lebih baik.

Cara ini bisa dibilang yang paling mudah dilakukan.


3. Aktifkan Mode Pesawat Di HP Xiaomi


Mengaktifkan mode pesawat kurang lebih sama cara kerjanya seperti metode restart sebelumnya. Bedanya, di mode pesawat ini lebih ditujukan untuk refresh jaringan saja (Tidak dengan sistem).

Nah, kalau Anda misalnya tanya ini efektif atau tidak, jawabannya iya. Karena saya sendiri kadang melakukan hal ini waktu sinyal Xiaomi sedang lemah.

Caranya, geser menu bar di HP Xiaomi Anda >> Nyalakan mode pesawat selama 15 - 30 detik >> Kemudian nonaktifkan kembali.

Tunggu beberapa saat sampai sinyal muncul, kemudian jaringannya kembali.


4. Ganti Pengaturan Jaringan HP Xiaomi


Pengaturan jaringan, harus diatur sesuai dengan kualitas sinyal serta provider yang dipakai. Misalnya, jika di lokasi Anda tidak ada sinyal 4G, maka Anda harus mengaturnya ke 3G (HSPA).

Caranya, bisa setting di pengaturan >> jaringan seluler >> mode jaringan >> kemudian pilih prioritas jaringan menjadi 3G / HSPA.

Jika sudah, coba koneksikan internet Anda. Dijamin, sinyal lemah di HP Xiaomi Anda pasti akan normal kembali.

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi internet lemot, ketika sedang browsign di jaringan 4G. Dicoba saja.


 5. Coba Ganti Provider Yang Dipakai


Kualitas sinyal provider itu berbeda-beda ditiap lokasi. Nah, disini Anda juga bisa coba untuk mengganti provider yang dipakai.

Misalnya, di lokasi A pakai provider A, dan di lokasi B pakai provider B. Maka penangkapan sinyalnya akan lebih maksimal.

Lewat sini, kita juga nanti bisa tahu apa penyebabnya ada pada jaringan, atau memang dari HP Xiaomi yang dipakai.


7. Reset HP Xiaomi Anda


Mereset HP Xiaomi, bisa cukup membantu untuk memperbaiki tidak dapat sinyal. Apalagi jika penyebabnya ada pada sistem.

Lewat reset, HP akan otomatis dikembalikan seperti diawal. Efeknya bug-bug yang ada akan hilang, dan sistem akan otomatis jadi normal kembali.

Untuk mereset Xiaomi, bisa dilakukan lewat pengaturan. Ini bisa ditemukan disemua versi MIUI (Silakan coba dicek).


8. Service HP Xiaomi Anda


Kalau belum bisa, dan Anda yakin masalahnya ada pada komponen, maka mau tidak mau saya sarankan untuk coba service HP Xiaomi Anda.

Kerusakan sinyal hilang di HP Xiaomi juga bisa disebabkan komponen. Dan komponen yang dimaksud tepatnya adalah komponen yang berhubungan dengan sinyal (IC PA, IC RF dan lain-lain).

Nah, dengan service, diharapkan komponen yang rusak tersebut bisa diganti / diperbaiki. Sehingga masalah sinyal lemah atau sinyal hilang di HP Anda bisa diperbaiki.

Penutup...


Ada banyak cara memperbaiki masalah sinyal pada HP Xiaomi. Dan cara-cara tersebut, sudah hampir semuanya saya tulis diatas, sebagai informasi untuk Anda yang ingin mengatasinya.

Alasan saya menulis hampir semua (Tidak semua), karena saya disini hanya ingin membagikan tips-tips paling efektif yang bisa Anda lakukan. Supaya proses memperbaikinya bisa berjalan lebih mudah.

Kalau ada yang ingin ditanyakan seputar HP Xiaomi, jangan ragu untuk menanyakannya melalui kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..