5 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 10 (100% Akurat)

Windows 10, merupakan salah satu versi operating system (OS) yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan banyaknya perbaikan serta peningkatan performa dari versi OS sebelumnya, menjadikan Windows 10 menjadi lebih ringan.

Untuk laptop-laptop keluaran saat ini (Terutama tahun 2017 / 2018 keatas), rata-rata sudah memakai Windows 10 sebagai sistemnya.

Nah, untuk Anda\ yang pengguna laptop dengan OS Windows 10, mungkin Anda masih bingung cara mengecek spesifikasi laptop yang dipakai.

Cek spek laptop windows 10


Cara cek spesifikasi laptop di Windows 10, sebenarnya tidak jauh beda, atau bahkan sama dengan laptop yang memakai sistem operasi sebelumnya (Windows 8 / Windows 7).

Namun, karena tampilan Windows 10 agak berbeda, tidak heran kalau masih ada pengguna yang bingung caranya (Termasuk Anda barangkali).

Dan disini saya ingin mencoba membahas cara mengecek spesifikasi laptop Windows 10 yang dijamin 100% akurat. Karena saya sendiri sudah mencobanya :


1. Cek Spek Laptop Melalui DXDIAG



Melihat spesifikasi laptop


Dxdiag, adalah sebuah perintah Windows yang berfungsi untuk mengecek sistem Windows. Dari versi Windows, spek laptop sampai versi BIOS yang dipakai.

Perintah ini sudah ada sejak Windows XP dulu, dan hingga saat ini masih sering dipakai untuk mengecek spek dasar laptop (Termasuk saya).

Caranya begini :

  • Pada kolom search, ketik run (Atau Windows + R) >> Ketik Dxdiag lalu klik OK.

  • Selanjutnya Anda akan melihat CPU (Processor), RAM dan lain-lain. Itulah spek laptop Anda.

  • Untuk melihat tipe dan spek VGA, klik pada tab Display


2. Melalui Sistem Properties Computer


Cek spek laptop Windows 10


Kurang lebih sama seperti Dxdiag. Sistem properties computer, merupakan program yang dikhususkan untuk mengecek spek laptop.

Bedanya, spesifikasi yang ditampilkan dengan cara ini bisa dibilang lebih dasar. Karena kita hanya bisa melihat tipe CPU dan kapasitas RAM saja.

Namun buat saya cara ini bisa dibilang adalah yang paling simpel. Seperti ini :

  • Buka Windows Explorer >> Pada This PC >> Klik kanan kemudian klik Properties


3. Melalui System Information Windows 10



mengecek spesifikasi Laptop Windows 10 lewat system information


Kalau bicara soal program pengecek spek bawaan Windows paling lengkap, menurut saya System Information inilah jawabannya.

Melalui program ini kita bisa melihat tipe laptop, CPU, tipe Board yang dipakai, total RAM dan usablenya, tipe BIOS, tipe Harddisk dan lain-lain.

Di Windows 10, Anda bisa membuka program System Information dengan cara :

  • Pada kolom search >> ketik System Information >> Lalu buka

  • Pada kategory System Summary, Anda bisa melihat spesifikasi dasar laptop Anda. Untuk melihatnya lebih detail, cukup buka subcategory lainnya.


4. Memakai Aplikasi Pengecek Sistem



CPU-Z

Selain 3 cara sebelumnya, Anda juga bisa memakai aplikasi pihak ketiga. Untuk fungsinya sebenarnya sama. Hanya saja disini kita bisa melihat juga beberapa detail lain, terutama pada Processor dan VGA.

Untuk ceknya, ada 3 aplikasi yang biasa saya pakai. Yakni CPU-Z, GPU-Z dan HDTune. Caranya Anda hanya perlu menyimpan terlebih dahulu 3 aplikasi tersebut, kemudian langsung buka.

Tampilannya kurang lebih seperti gambar contoh diatas. Untuk cara cek harddisk, lengkapnya bisa baca disini.


5. Memakai HWInfo


HWInfo Windows 10


HWInfo ini juga aplikasi pihak ketiga. Bedanya dengan yang sebelumnya, di HWInfo kita tidak melihat hardwarenya satu-satu, melainkan keseluruhan spek dari laptop secara detail.

Secara size, HWInfo bisa dibilang relatif kecil. Dan tentunya aplikasi ini juga sudah kompatibel di laptop dengan sistem operasi Windows 10.

Caranya, silakan dapatkan HWInfo dari situs resminya (www.hwinfo.com) kemudian buka aplikasinya (Jika Anda memakai yang portable) atau install dulu (Jika memakai versi installer).


Penutup....


Seperti yang saya bilang di awal, kesimpulannya melihat spek laptop di Windows 10 tidaklah berbeda jauh dengan cara cek di versi Windows lainnya. Anda bisa menggunakan program bawaan maupun pihak ketiga untuk mengeceknya.

Tentunya masih ada beberapa lagi cara melihat spesifikasi Windows 10. Namun saya harap, 5 pembahasan diatas sudah cukup.

Jika ada pertanyaan, silakan kirimkan melalui kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..