5 Cara Mengatasi Windows Stuck Di Logo (Bootloop)

Windows stuck di logo. Jadi masalahnya ini terjadi Komputer atau Laptop masuk ke boot screen, logo loading Windows yang biasa kita lihat terus menerus berjalan.

Efeknya Komputer jadi tidak bisa masuk Windows sama sekali (Mirip Bootloop walau kurang tepat penyebutannya).

Masalah ini bisa terjadi di semua versi Windows (Windows XP, Windows 7, Windows 8 sampai Windows 10).

Jujur, saya sendiri pernah beberapa kali mengalami masalah ini di PC saya. Dan menurut saya ini termasuk masalah umum yang (biasanya) tidak sulit diperbaiki.

Windows stuck di logo loading


Penyebab komputer atau laptop berhenti di logo loading Windows ketika baru dinyalakan ini bermacam-macam. Bisa karena error pada Windowsnya, bisa juga dari komponennya.

Nah, untuk Anda yang sedang mengalaminya disini saya ingin berbagi sedikit cara mengatasinya secara lengkap berdasarkan pengalaman sendiri dulu.

Langsung saja, berikut pembahasannya :


1. Coba Reinstall Windows Anda


Install Ulang Windows


Hampir 70% masalah ini disebabkan karena Windows yang diinstall mengalami corrupt atau rusak, yang membuat file-file sistem jadi tidak terbaca.

Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena salah install software tertentu, karena virus, karena Anda tidak sengaja menghapus file sistem tertentu dan lain sebagainya.

Efeknya Windows jadi sulit masuk Windows. Bahkan tidak bisa masuk Windows sama sekali.

Dan reinstall Windows disini saya tulis di awal karena bisa dibilang adalah solusi yang paling efektif.


2. Masuk Ke Safe Mode


Safe Mode Windows 7


Apa itu safe mode? Safe mode adalah mode dimana kita bisa masuk ke Windows, tanpa meload seluruh driver atau aplikasi sistem (Atau diminimalisir). 

Karena cara masuknya agak berbeda dari saat masuk Windows secara normal, biasanya melalui safe mode Windows tidak akan berhenti di logo loading.

Cara masuk safe mode, saat Laptop atau Komputer baru dinyalakan, tekan F8 berulang-ulang kemudian pilih Safe Mode.

Setelah masuk safe mode, coba lakukan perbaikan sistem disana. Misalnya menghapus driver yang kira-kira jadi penyebabnya.


3. Reset BIOS


bios PC


Beberapa situs teknologi luar bilang bahwa reset BIOS juga bisa jadi solusi untuk mengatasi loading Windows yang tidak bisa berhenti.

Cara resetnya mudah. Cukup masuk BIOS di PC / Laptop Anda seperti biasa. Kemudian cari opsi-opsi seperti :

  • Load default
  • Load default setup
  • Load setup default
  • Revert to default settings
  • Load BIOS default


Atau Anda juga bisa melakukan Clear baterai CMOS yang ada di Motherboard.



4. Cek RAM Laptop / PC Anda


Cek kerusakan RAM


RAM yang rusak juga bisa berpengaruh ke sistem. Contoh efek dari RAM rusak, blackscreen (layar gelap) ketika baru dinyalakan, blackscreen ketika loading Windows, dan Windows berhenti ketika loading.

Cara ceknya ada beberapa. Pertama, coba pindahkan posisi RAM Laptop / PC Anda ke slot lainnya (Karena setiap motherboard biasanya minimal ada 2 slot).

Tapi jika Anda menggunakan 2 RAM di 2 slot, Anda bisa mencoba melepas salah satu dari RAM tersebut. Biasanya ini berpengaruh.



5. Periksa Harddisk Anda


Cek HDD


Belum bisa? Mungkin harddisk Anda mengalami kerusakan. Soalnya efek dari harddisk rusak ini kurang lebih sama seperti sistem Windows yang rusak.

Harddisk, ketika rusak akan mengalami yang namanya bad sector. Bad sector ini adalah kerusakan dimana file-file yang tersimpan akan mengalami corrupt dan membuatnya jadi tidak bisa terbaca.

 Nah, karena tidak terbaca, saat loading Windows akan mengalami gagal booting, sehingga ketika loading, loadingnya tidak akan bisa selesai dan terus menerus berulang.

Disini Anda harus terlebih dahulu mengecek harddisk di Laptop / PC Anda. Caranya coba pasang di Komputer lain, kemudian cek seperti pada artikel melihat kesehatan harddisk yang pernah saya bahas.

Kalau rusak, mau tidak mau Anda harus mengganti harddisk Anda.


Penutup...


Windows stuck saat loading? Nah, biasanya dengan 5 cara diatas tadi saya bisa memperbaikinya. Karena jujur, saya sendiri pernah mencoba 5 langkah tersebut.

Intinya, pertama coba install ulang. Tapi kalau tidak mau repot, Anda bisa mengecek terlebih dahulu Windowsnya normal atau tidak. 

Kemudian kalau masih belum bisa, dilanjut dengan mengecek RAM dan Harddisk. Barangkali kerusakannya ada pada komponen.

Kalau ada hal lain yang ingin ditanya, silakan kirim lewat kotak komentar dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat.


1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..