Ini Dia 6 Cara Menstabilkan Ping / Koneksi Game Online Android

Cara menstabilkan ping game online Android?

Wah, saat ini memang cukup banyak dicari, oleh para pengguna HP Android. Terutama bagi mereka yang hobi main game online, semacam PUBG, Mobile Legends, AOV, Free Fire, dan lain-lain.

Nggak tanpa alasan, karena ping yang kurang stabil, bisa mengganggu gameplay waktu main. Hasilnya? Otomatis jadi sering kalah, gara-gara lag, patah-patah atau bahasa kerennya teleportasi hehe.

Bukan cuma itu, ping yang nggak stabil, juga bisa mengefek ke internet.

Hasilnya nanti bisa pengaruh waktu kita lagi browsing. Misalnya, loading jadi lebih lama. Berlaku waktu sedang buka Instagram, Facebook, atau aplikasi chat seperti WhatsApp, Line, BBM dan sejenisnya.


Menstabilkan Ping Game Android


Sebelum lanjut ke pembahasan utama, kita pahami dulu, apa itu ping?

Disini sebenarnya saya udah pernah ngetik pembahasannya beberapa waktu lalu. Biar cepat, ini screenshots dari halaman tersebut :


Apa Itu Ping


Agak rumit ya? Kalau gitu, ambil simpelnya saja, jadi ping ini intinya adalah respon antara internet dan game, yang untuk mengecek lancar nggaknya, kita harus lihat nilainya.

Misalnya, nilai 1 - 100 itu lancar, dan diatasnya itu lag. Contoh langsungnya kamu bisa liat di game, yang ada fitur cek pingnya (Mobile Legends, PUBG dll).

Nah, terus gimana sih cara menstabilkan ping di Android? Nah, berikut pembahasannya :




 Cara Menstabilkan Ping Game Online Android (Mobile Legends, AOV, PUBGM, Free Fire dll)


 1. Ganti Tipe Koneksi Internet Kamu


cara supaya game online ping stabil


Tahukah kamu, kalau kita memakai koneksi internet itu ada yang namanya traffic

Traffic ini maksudnya adalah keramaian. Dan yang ingin saya beri tahu disini adalah, semakin ramai traffic tersebut, semakin nggak stabil pula koneksi internet + ping waktu kita main game online.

Ramai nggaknya sendiri, sebenarnya tergantung dari tempat yang ditinggali. Well, misalnya di tempat saya, rata-rata traffic ramai itu waktu jam 6 sore sampai jam 11 malam.

Itu kalau main game, pingnya tinggi sekali + suka nggak stabil (Malah sampai disconnect).

Nah, disini untuk mengatasinya, saya biasanya mengganti tipe koneksi internet HP. Misalnya, dari 3G ke 4G, atau sebaliknya. Percaya nggak percaya, ini kadang berpengaruh.

Cara gantinya mudah, buka setelan >> kartu SIM >> pengaturan jaringan >> lalu ganti disana.

Dan ingat, setelah kamu merasa jaringan sudah agak normal, lebih baik stay di 4G saja. Alasannya, karena pingnya rata-rata lebih kecil + lebih stabil ketimbang 3G.




2. Coba Ganti Provider


Ping naik turun waktu main game


Setiap provider, punya kualitas sinyal yang beda-beda, di masing-masing tempat.

Nah, pada poin ini, saya sarankan agar kamu coba ganti provider yang dipakai, seenggaknya khusus untuk main game online.


  • "Beda pingnya nanti gimana? Jauh nggak?"

Kalau ditanya jauh atau nggak, ini tergantung. Tapi pengalaman saya, pengaruhnya lumayan bikin gaming nambah lancar.


  • "Gimana cara pilih provider yang bagusnya?"

Kalau yang ini tergantung ya. Karena seperti yang saya bilang, tiap tempat punya kualitas sinyal yang beda-beda. Jadi lebih baik, kamu coba saja satu satu, sampai menemukan yang paling cocok.

Solusi lainnya, kamu bisa coba tanya ke teman yang tinggal dekat kamu, kira-kira provider apa yang paling stabil untuk game online.. hehe..


3. Pakai Aplikasi Untuk Ping Server



Melancarkan koneksi game Android


Saya pernah dapat pertanyaan tentang, "Gimana sih cara menstabilkan ping mobile legend?".. Kemudian saya coba sarankan metode ini.

Nah, yang saya maksud 'Ping server' disini, adalah aplikasi yang mengirimkan data, ke suatu server tertentu berulang-ulang.

Tujuannya? Satu, ini dipercaya bisa menstabilkan ping game online waktu dimainkan.

Untuk poin ini, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu coba pakai. Misalnya PingTools Pro, Ping, atau apapun yang kamu suka, asalkan proses kirim datanya bisa berulang-ulang, dan bisa dipindahkan ke background services (Kalau di close nggak keluar).

Ingat, ini bukan untuk mempercepat koneksi game online Android, melainkan hanya untuk media agar ping lebih stabil saja.


4. Main Di Server Indonesia (Kalau Ada)


koneksi internet lemot
Semakin jauh dari tempat kita tinggal = semakin tinggi pingnya


Kalau kamu seperti saya, pernah main game-game luar, pasti nggak asing kalau game-game tersebut ada server luarnya.

Nah, server luar ini bisa pengaruh ke ping lho. Terutama kalau letaknya jauh dari Indonesia.

Penyebabnya karena kalau jauh, maka proses penghataran datanya juga akan jadi semakin lama.. Jadi nggak heran, kalau kamu mungkin akan beberapa kali mengalami patah-patah, waktu lagi main.

Untuk itu, disini saya sarankan kamu agar main di server Indonesia. Tujuannya untuk memperlancar dan membuat ping game online stabil.

Tapi ini optional. Kalau ada saja.




5. Pakai VPN


VPN Game Android


Bagi sebagian orang, memakai VPN dipercaya bisa jadi salah satu metode, supaya ping game online Android stabil.

Apakah pengaruh?

Nah, kalau menurut saya bisa iya bisa tidak (Tergantung situasi). Tapi kalau mau coba, saya pikir nggak salah. Karena bisa saja ping kamu jadi nambah lancar nanti.

Untuk memakai VPN, kamu bisa memakai aplikasi-aplikasi yang tersedia di Playstore. Untuk cara memakainya mudah, cukup 1 klik saja biasanya.

Dan kalau kamu ngerasa justru tambah lag, kamu bisa disconnect kapan saja.


6. Coba Pakai Koneksi WIFI


Memperstabil WIFI Game Android


Koneksi WIFI, rata-rata memiliki ping yang lebih kecil dan lebih stabil. Untuk kamu seorang gamer, yang sering main game online di HP, kamu bisa coba jenis koneksi ini.

Untuk mendapat WIFI sendiri ada dua cara umum, pertama masang sendiri, kedua pergi ke tempat yang ada WIFI gratis.

Yang ini sesuaikan saja. Nggak wajib.


Penutup...


Cara menstabilkan ping / koneksi game online Android, intinya susah-susah gampang. Terutama kalau memang, sinyal di tempat tinggal kita kurang bagus penangkapannya.

Nah, tapi dengan memakai cara-cara diatas, masalah tersebut bisa kamu minimalisir, setidaknya sampai 70 - 85% lebih lancar.

Untuk beberapa tips kamu bisa melakukannya. Tapi karena beberapa agak susah dilakukan (Seperti memasang WIFI), ini sifatnya optional saja. Yakni kalau kamu benar-benar membutuhkannya.

Kalau ada tambahan, atau ada pertanyaan soal ping / koneksi internet di game tertentu, jangan ragu untuk kirim di kolom komentar situs ini.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..