HP Stuck Di Logo? Ini Cara Memperbaikinya (100% Berhasil)

HP Stuck Di Logo - Pernahkah Anda mengalami hal ini? Kalau saya, jujur saja sudah puluhan kali mengalaminya.

Definisi dari Errornya, ialah waktu HP dinyalakan, hanya muncul Logo dari merk HPnya saja. Dan itu nggak lanjut-lanjut ke proses loading booting, makanya dikatakan Stuck (Berhenti).

Semua merk HP Android bisa mendapati kerusakan ini. Samsung, Xiaomi, Lenovo, ASUS, OPPO, VIVO, Huawei, dan lain-lain.


HP Stuck Di Logo


Alasan saya menulis artikel ini, karena saya baru saja mengalaminya beberapa waktu lalu.

Lewat sana, saya mendapatkan ide untuk membagikan bagaimana cara mengatasinya. Pasti banyak banget yang butuh.

Kita mulai dari penyebabnya..


Penyebab HP Di Logo Loading


Kesalahan Sistem : Misalnya karena HP nggak dimatikan dengan benar, atau baterai tiba-tiba habis. Biasanya suka terjadi kesalahan sistem, yang membuat proses booting jadi Error.

Efek Root : Root Android memang nggak selamanya 100% berhasil. Kalau prosesnya gagal, bisa membuat sistem jadi Error.

Efek Install Aplikasi : Terutama Aplikasi yang berhubungan dengan sistem. Walaupun ya.. Ini agak jarang terjadi.

Efek Install ROM : Bisa dari oprek atau karena Flash ulang memakai  ROM yang salah (Atau terdapat Bug didalamnya). Ini umum terjadi.


Masih ada lagi.. Tapi saya pikir nggak perlu dibahas semua (Yang pentingnya saja).

Oh ya, Stuck Logo yang saya maksud disini, bukan Bootloop yang biasa dibahas ya. Maksud 'Logo' disini ialah nama merk yang muncul, persis ketika HP baru dinyalakan, dan sebelum proses boot dimulai.

Kalau mau mengatasi Bootloop, silakan baca salah satu artikel lama saya (Cara Mengatasi HP Android Yang Error Bootloop).

Lanjut.. Ke cara mengatasinya..




Cara Mengatasi HP Stuck Di Logo


1. Matikan HP Sementara


Mematikan HP Android Sementara


Mulai dari yang simpel saja dulu. Yap, matikan HP sementara.

Ini ditujukan, untuk me-refresh sistem dan membuat Bug yang ada jadi hilang. Well, saya sendiri sudah beberapa kali mencoba trik ini, dan berhasil.

Silakan matikan HP Anda > Lepas baterainya (Kalau bisa) > Lalu lepas kartu Memori dan kartu SIM yang terpasang.

Ulangi langkah ini beberapa kali kalau belum berhasil.


2. Clear Cache HP


Wipe Data Cache


HP Android, selama dipakai akan selalu membuat yang namanya Data Cache. Fungsinya? Untuk menyimpan File konfigurasi, sekaligus mempercepat kinerja.

Sayangnya, terkadang Error juga bisa terdata di File Cache ini, yang akhirnya mengganggu kerja sistem. Salah satu efeknya seperti gangguan proses booting yang kita bahas disini.

Untuk cara Clear Cachenya, bisa dilakukan lewat Recovery > Dengan memilih opsi Clear Cache Partition dan Clear Dalvik Cache > Setelah itu Restart.

Sedangkan untuk masuk ke mode Recovery, bisa dilakukan memakai kombinasi tombol tertentu, seperti yang pernah saya bahas di Tombol Recovery Android.


3. Clear Data HP (Factory Reset)


Hapus Data HP

Error pada sistem, bisa kita hilangkan sampai ke akar-akarnya, dengan cara melakukan Factory Reset. Jadi bisa dibilang cara ini sangat efektif.

Untuk cara resetnya, karena HP nggak bisa masuk sistem, Anda bisa memakai mode Recovery persis seperti Clear Cache tadi. Disana terdapat opsi Factory Reset. 

Oh ya, kenapa saya pisah dengan metode Clear Cache, walau sama-sama harus lewat Recovery?

Alasannya, melakukan Factory Reset, akan menghilangkan semua data di HP, baik itu Aplikasi, maupun File Media. Jadi silakan pertimbangkan terlebih dahulu.

Dan perlu diketahui, pada beberapa HP, pilihannya biasanya ada 2 opsi, Wipe Data dan Wipe sistem. Cukup lakukan Wipe Data saja, karena kalau sampai Wipe sistem dipilih, maka HP bukan Stuck logo lagi, malah jadi nggak ada gambar (Blank).

Ini pernah ditanyakan oleh seorang pembaca situs ini, melalui Email yang dikirim ke saya. Jadi harap lebih diperhatikan.


4. Flash Ulang HP Anda


HP Stuck Di Logo Samsung


Beda dengan metode Recovery, baik itu Cache maupun Factory Reset, melakukan Flash ulang akan 100% mengganti sistem lama ke sistem yang baru.

Hasilnya tentu bisa diketahui. Semua Error yang ada akan hilang, dan HP dijamin akan jadi normal kembali.

Cara ini saya rekomendasikan, kalau memang 3 cara sebelumnya belum berhasil. Untuk metode Flashnya, bisa menggunakan Aplikasi tertentu (Seperti QFIL). 

Sedikit catatan, karena sistem Android berbeda-beda, melakukan Flash HP harus disesuaikan dengan tipe HP yang dipakai. 

Untuk lengkapnya silakan cari di Google, atau coba gabung grup Facebook (Forum) HP Anda. Misalnya grup Xiaomi Redmi 5A.


5. Servis HP Anda



Servis Android


Kalau Anda nggak berani masuk Recovery maupun Flash ulang, disarankan untuk bawa saja ke tempat servis.

Alasannya, dua cara tersebut memang bisa membuat Error lain kalau nggak dilakukan dengan benar. Terutama Flashing, kalau salah, bisa membuat HP jadi nggak bisa hidup.

Untuk prosesnya sendiri nggak begitu lama. 1 - 3 hari biasanya sudah selesai. Sedangkan untuk biaya Flashnya, rata-rata 50 ribu sampai 100 ribu rupiah (Tergantung tempat). Tapi kalau HP Anda masih garansi, biasanya gratis kalau di Service Center.



Akhir Kata...


Memperbaiki HP stuck di logo memang nggak begitu sulit, karena rata-rata penyebabnya hanya dari sistem. Nah, dengan metode diatas, dijamin 100% HP akan jadi normal kembali. Karena saya sendiri sudah sering mengalaminya.

Pembahasan ini saya buat sebisa mungkin, agar bisa dipahami oleh pemula. Tapi jika Anda ada istilah atau langkah yang belum paham, silakan kirimkan pertanyaannya lewat kolom komentar, yang tersedia dibawah.

Semoga membantu, dan semoga HPnya bisa normal lagi.


1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..