HP Tidak Bisa Root? Ini Penyebab Dan Solusinya

Root HP Android, punya kelebihan tersendiri. Kita bisa menginstall Aplikasi serta mengaktifkan fitur tertentu, yang tentunya akan bermanfaat dalam pemakaian sehari-hari.

Untuk proses rooting sendiri nggaklah sulit. Kita bisa menggunakan Aplikasi tertentu, melalui recovery, atau memakai Komputer sebagai salah satu media.

Sayangnya, nggak sedikit juga orang yang mengalami proses root yang gagal. Misalnya di artikel Manfaat dan Fungsi Root, saya telah mendapat beberapa komentar tentang HP tidak bisa di root.


HP Gagal Root


Supaya nggak perlu membalas komentar yang ada disana satu-satu, disini langsung saja ingin saya bahas tentang penyebabnya, dan apa solusinya.

Karena selain dari komentar artikel tadi, di forum Gadget masalah ini juga sering ditanyakan para member disana.

Cek satu-satu..


Penyebab HP Yang Tidak Bisa Di Root


Mungkin 80% HP Android saat ini sudah bisa di root. Dari keluaran lama sampai keluaran terbaru.

Seperti yang saya bilang, untuk melakukan root, kita bisa menggunakan suatu Aplikasi (Aplikasi Root), melalui recovery atau menggunakan Komputer. Kesimpulannya, metodenya berbeda-beda.

Nah, untuk penyebabnya menurut saya singkat sekali. Yakni karena metode root yang dipakai kurang sesuai atau kurang cocok dengan HP yang dipakai.

Misalnya Anda bisa memakai dua cara. Satu lewat Recovery, Dua lewat Komputer. Kalau lewat Recovery nggak bisa, ya berarti harus memakai Komputer.

Oh ya, untuk beberapa HP ada juga yang proses rootnya harus unlock Bootloader dulu (Contohnya seperti HP Xiaomi). Kalau belum unlock, prosesnya akan gagal nanti.


Solusi HP Yang Gagal Root


Untuk mengatasinya, tentu kita harus mengganti metode cara rootnya. Well, sayangnya metodenya ada banyak sekali bukan?

Untuk ini, Anda bisa coba Googling cara root sesuai dengan merk dan tipe HP yang dipakai (Harus detail). Biasanya akan tersedia beberapa tutorial disana.

Rekomendasi lain dari saya, bisa coba gabung ke forum (Grup) pengguna tipe HP Anda. Di Grup tersebut pasti sudah ada sebagian member yang root HPnya. Jadi bisa coba tanya-tanya.

Forumnya cari dimana? Grupnya cari dimana? Kalau yang ini bebas. Tapi saya pribadi menyarankan untuk mencarinya di Facebook. Disana banyak sekali grupnya.


Gambaran Proses Root Android


Solusi pastinya sebenarnya ada di pembahasan sebelumnya. Disini saya hanya ingin menjelaskan metode yang biasa dipakai sebagai gambaran.

Karena buat yang masih awam, pasti belum tahu bagaimana proses dan langkah-langkahnya.


1. Menggunakan Aplikasi Root


Aplikasi Root HP


Aplikasi root ini ada beberapa yang biasa dipakai. Contohnya seperti Kingroot, Framaroot, Kingoroot dan lain-lain.

Bedanya apa? Nah bedanya ada pada Support tipe HP, serta Chipset (Komponen) yang dipakai HP. Jadi nggak heran, kalau tipe yang mau di root nggak cocok, maka prosesnya akan gagal.

Well, untuk cara rootnya sendiri nggak sulit. Kita tinggal membuka Aplikasinya, kemudian menekan tombol Root. Cukup dengan 1 klik, proses akan berjalan.

Setelahnya HP akan restart, jika sudah maka fungsi root sudah bisa dipakai.


2. Melalui Recovery


Cara Root Recovery
File Root Untuk Recovery


Untuk lewat Recovery ini biasa dipakai file .zip. File-file ini isinya konfigurasi root, yang tentunya beda-beda pada setiap tipe HP. Jadi bisa dibilang harus spesifik.

Anda bisa memakai metode root lewat recovery ini, dengan mencari dulu file .zip yang dibutuhkan. Caranya bisa lewat forum XDA atau bergabung dengan forum / grup sesuai tipe HP.

Untuk langkah-langkahnya nggak sulit. Kita hanya perlu masuk Recovery memakai tombol kombinasi, kemudian menginstall file .zip yang sebelumnya sudah tersimpan di kartu memori.


3. Memakai Komputer


Cara Root Lewat Komputer


Root memakai Komputer, sebenarnya nggak jauh dengan memakai Aplikasi seperti yang ada poin nomor satu tadi. Bedanya, metode yang ada kadang lebih banyak.

Untuk langkah-langkahnya kita hanya perlu menyambungkan HP ke Komputer, kemudian buka Aplikasi root yang dibutuhkan.

Setelahnya ikuti petunjuk yang diberikan Aplikasi. Setelah prosesnya selesai, maka akses root sudah bisa didapat.


Solusi Lain Kalau Proses Root Gagal


Bagaimana kalau metodenya sudah benar? Bagaimana kalau sudah coba lewat Recovery, Komputer atau Aplikasi masih belum berhasil?

Untuk hal ini saya punya 5 solusi yang bisa diberikan. Yaitu :


Nyalakan Koneksi Internet : Untuk metode memakai Aplikasi Android, koneksi internet harus dinyalakan. Karena sebelum proses root berjalan, Aplikasi ini akan memuat data dari database.

Nyalakan Fungsi Unknown Source : Fungsi ini bisa diaktifkan di Setelan > Keamanan > Lalu centang pada kolom Unknown Source.

Reset HP Terlebih Dahulu : Sebenarnya nggak harus. Namun solusi ini bisa coba dilakukan, karena beberapa waktu kadang efektif. Yang penting, backup saja dulu datanya.

Pastikan USB Terbaca : Untuk yang memakai metode root lewat Komputer, HP harus dipastikan terbaca. Bisa coba cek lewat Device Manager (Cari lewat kolom Search).

Pastikan File .Zip Sudah Benar : Kalau memakai metode lewat Recovery gagal, biasanya disebabkan karena File .zip salah. Coba ganti lagi Filenya.


Oh ya, ada sebelum melakukan root, pastikan baterai HP penuh, supaya nggak tiba-tiba mati waktu dalam proses. Biasanya kalau gagal, HP akan jadi Bootloop atau stuck di logo. Masih bisa diperbaiki kok, tapi repot kan nantinya? hehe..

Lalu pastikan juga Data penting sudah disimpan di perangkat lain. Sebenarnya proses root ini nggak menghilangkan Data. Namun untuk jaga-jaga, misalnya barangkali HP kena masalah Bootloop tadi (Supaya nggak repot ngambil ulang datanya).


Penutup...


Memperbaiki HP tidak bisa root, sebenarnya nggak susah. Yang utama perlu diperhatikan hanyalah metode rootnya harus benar.

Saya sendiri hingga saat ini selalu berhasil waktu root HP saya. Dari HP keluaran lama, sampai yang agak baru.

Ngomong-ngomong, kalau Anda bingung pakai metode yang mana, coba komentar dibawah, merk dan tipe HP yang dipakai. Nanti biar saya carikan yang paling cocok.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..