Ini Cara Menghilangkan Virus Flashdisk Tanpa Hilang Data (Permanen)

Cara Menghilangkan Virus Di Flashdisk - Jenis Virus pada Flashdisk memang cukup beragam. Dari virus seperti Shortcut, sampai Virus Malware lainnya, bisa membuat Flashdisk jadi nggak bisa berfungsi normal.

Untuk menghapus Virus seperti ini, bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena rata-rata memang agak sulit dihilangkan.

Tapi tenang saja, buat yang mau coba cara mengatasi Virus Flashdisk ini, silakan baca artikel ini sampai habis.


Cara Menghapus Virus Flashdisk Tanpa Hilang Data


Well, untuk metode penghapusannya, kita bisa menggunakan berbagai macam Software. Dari Smadav sampai CMD.

Cara-cara yang ingin saya bahas berikut ini, sudah pernah saya tes sendiri, dan bisa dikatakan efektif untuk menghilangkan virus yang ada.

Oke, berikut pembahasannya..




Cara Hapus Virus Pada Flashdisk Tanpa Menghilangkan Data


1. Cara Menghapus Virus Dengan Flashdisk Dengan CMD


Hapus Virus Command Prompt


CMD pastinya bukan nama yang asing lagi. Ini adalah Program bawaan Windows, yang berfungsi untuk menjalankan perintah tertentu.

Lewat CMD, kita juga bisa mengatasi Virus yang terdapat di Flashdisk. Terutama Virus yang membuat ekstensi File berubah, dan membuatnya nggak bisa dibuka.

Untuk caranya, pertama silakan buka terlebih dahulu Command Prompt.. Pada kolom Search > Ketik CMD > Lalu buka.

Ketik Drive Flashdisk > Misalnya G: lalu tekan Enter.

Drive Flashdisk

Kemudian masukkan perintah attrib -s -h -r -a *.* /s /s dan Klik Enter, nanti akan terbuka Folder Flashdisk yang tidak terlihat.

Perintah Command Prompt

Kalau sudah, silakan hapus File yang Anda kira sebagai Virus. Caranya bisa tekan Shift + Del atau lewat CMD, dengan perintah del namavirus.exe.


2. Cara Menghilangkan Virus Di Flashdisk Dengan Smadav


Aplikasi SMADAV


Kalau berbicara soal Antivirus untuk membersihkan Program tidak diketahui pada Flashdisk, maka Smadav adalah salah satu rekomendasi yang bisa dicoba.

Untuk memakai Smadav, silakan Install terlebih dulu ya. Bisa didapat di situs resminya secara gratis (Silakan kunjungi Smadav.net).

Cara pakainya gimana?

Mudah kok. Setelah Smadav diinstall, silakan Restart Komputer / Laptop. Kalau sudah, sambungkan Flashdisk, tunggu sampai terbaca. Klik kanan pada Drive Flashdisk > Kemudian klik Scan With Smadav.

Scanning SMADAV

Terakhir tinggal tunggu deh prosesnya.


3. Cara Mengatasi Virus Di Flashdisk Yang Tidak Bisa Dihapus


Virus Tidak Bisa Dihapus


Beberapa jenis Virus di Flashdisk, ada yang tidak bisa dihapus, dikarenakan programnya sudah berjalan ketika Drive terbaca.

Mengatasi masalah ini kadang gampang-gampang susah. Tapi Anda bisa coba hal-hal berikut ini :

  • Pertama : Silakan matikan Autoplay terlebih dahulu. Klik tombol Windows + R > Ketik gpedit.msc > Masuk ke Administrative Templates >  Buka Windows Components > Pilih Autoplay Policies > Pada menu kanan > Klik Turn Off Autoplay > Lalu ubah jadi Yes.

  • Kedua : Nonaktifkan System Restore. Klik kanan pada This PC (Computer) > Klik System Protection  (Pada kolom menu bagian kiri) > Klik Configure > Lalu nonaktifkan Restore Point.

  • Ketiga : Buka Task Manager (Ctrl + Shift + Esc) > Cari proses yang kira-kira tidak Anda kenal > Lalu End Task.

Jika sudah, coba lakukan Scanning menggunakan Antivirus (Smadav, Avira, Avast, Windows Defender dan lain-lain).


4. Cara Menghilangkan Virus Shortcut


Shortcut Flashdisk


Ini jenis Virus yang paling banyak ditemukan di Flashdisk. Biasanya ditandai dengan semua File yang ada berubah menjadi Shortcut, dan File-File tersebut tidak bisa terbuka.

Untuk mengatasinya kadang gampang kadang susah. Apalagi kadang Data yang tersimpan bisa hilang.

Well, untuk solusi dari hal tersebut,  saya pernah membahasnya di artikel khusus, yakni Cara Menghilangkan Virus Shorcut Pada Flashdisk.

Jangan lupa untuk melakukan backup terlebih dahulu. Caranya bisa baca Cara Menampilkan File Yang Hilang (Hidden) Pada Flashdisk.


5. Cara Menghapus Virus Secara Permanen


Format LLF Flashdisk


Solusi untuk Delete Virus secara permanen, memang ada?

Ada dong. Kita bisa menggunakan yang namanya metode Low Level Format. Tujuannya agar semua File yang ada di Flashdisk (Termasuk Virus) bisa hilang sampai ke akar-akarnya.

Tapi disini perlu dicatat, semua File yang ada pada Flashdisk akan terhapus. Jadi silakan lakukan Backup terlebih dahulu.

Untuk caranya Anda hanya perlu mendapatkan Softwarenya - HDD Low Level Format Tool (Bisa dicari di Google) > Buka > Sambungkan Flashdisk Anda > Kemudian Format.


Untuk prosesnya sendiri rata-rata cepat. Tapi tergantung kapasitas Drivenya juga ya.. Saran saya sambungkan ke USB 3.0 supaya lebih cepat.


Penutup...


Sekian, solusi dari saya untuk bagaimana caranya menghapus semua Virus yang ada di Flashdisk. Kadang gampang, kadang juga susah. Yang penting, dicoba saja dulu, karena saya sendiri sudah berkali-kali berhasil.

Oh ya, untuk beberapa versi Windows, mungkin ada sedikit perbedaan langkah pada tutorial diatas. Jika Anda mengalaminya, silakan kirim komentar dibagian mana yang bingung (Nanti saya bantu).

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..