HP Tidak Bisa Kirim Pesan SMS? Ini 6+ Solusinya | Berhasil!

HP tidak bisa kirim SMS - Masalah ini terjadi ketika kita ingin mengirim pesan, tapi malah gagal terus, sekalipun sudah dikirim diulang-ulang (Biasanya ditandai dengan tanda seru).

Errornya bisa terjadi ketika entah saat ingin mengirim ke satu nomor atau semua nomor. Misalnya dari pertanyaan yang pernah saya temui, "Tidak bisa kirim SMS ke 3636 (Nomor Premium)".

Juga, hampir semua merk HP Android bisa mengalami masalah ini. ASUS, OPPO, Samsung, Xiaomi, VIVO, Lenovo, Acer, Nokia dan lain-lain.


Tidak Bisa Mengirimkan Pesan SMS Android


Untuk yang penasaran, disini sebenarnya ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab errornya. Biasanya berhubungan dengan jaringan atau kesalahan konfigurasi SMS (Walau ada juga penyebab lainnya) Misalnya :


  • Pulsa Tidak Cukup : Seperti yang diketahui, untuk mengirimkan sebuah pesan, tentu kita harus punya pulsa dulu. Kartu yang pulsanya habis biasanya ditandai dengan loading yang cukup lama sebelum akhirnya gagal (Saat kirim SMS).

  • Jaringan Tersetting 4G Only : Jaringan 4G tidak didesain untuk melakukan panggilan telepon maupun SMS. Tidak heran kalau SMS tidak akan bisa dikirim saat Anda mengatur jaringan HP ke 4G Only (Catatan : Kecuali kalau HP punya fitur VoLTE).

  • Sinyal Gangguan : Jaringan Provider memang tidak selalu normal. Terkadang juga bisa gangguan, dan menyebabkan beberapa masalah tertentu. Misalnya telepon putus-putus, atau pesan yang tidak terkirim.

  • Kesalahan Konfigurasi SMSC : Di Android terdapat suatu konfigurasi yang bernama SMSC (Short Message Service Center). Fungsinya kurang lebih untuk mengatur lalu lintas SMS sebelum akan dikirimkan. Defaultnya sudah tersetting sesuai Provider yang dipakai, namun bisa juga berubah tanpa diketahui.

  • Kartu Sudah Melewati Masa Aktif : Masa aktif kartu tergantung dari kebijakan Provider. Bisa lama bisa juga tidak. Intinya disini seperti yang sudah kita ketahui, jika kartu sudah melewati masa aktif, maka biasanya kartu tersebut tidak bisa dipakai lagi.

  • Masalah Pada SIM Card : Banyak yang belum tahu, SIM Card rusak bisa mempengaruhi konektivitas dan membuatnya jadi gangguan. Mulai dari pesan tidak ada layanan, masalah internet, telepon, dan tentu saja SMS.


Terus gimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasinya, kita hanya perlu cek satu-satu penyebab-penyebab tersebut kemudian diperbaiki.

Dibawah ini saya akan membahasnya langkah demi langkah, khusus untuk Anda yang barangkali sedang mengalaminya.



Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Mengirim Pesan SMS (Android)


1. Cek Pulsa Dulu, Apakah Masih Ada?


Cek Pulsa Apakah Masih Ada?


Terdengar sepele, tapi masih ada juga sebagian orang yang kadang lupa kalau pulsa mereka sudah habis ketika ingin mengirimkan sebuah pesan (Termasuk saya sendiri juga hehe).

Jadi disini silakan cek dulu pulsa Anda ya.. Karena caranya beda-beda, jadi sesuaikan dengan operator yang dipakai.


  • Telkomsel : Silakan ketik kode dial ke *888# kemudian YES atau Panggil. Nanti akan muncul jendela sisa pulsa.
  • XL : Untuk XL ketik kode dial ke *123# kemudian klik YES atau Panggil. Di jendela baru, akan tercatat sisa pulsa kartu Anda.
  • AXIS : Sama dengan XL, kirimkan kode dial ke *123#.
  • Indosat : Untuk Indosat, silakan masukkan kode *363# kemudian klik YES atau OK.
  • Smartfren : Khusus Smartfren, gunakan *999# lalu klik YES atau Panggil.
  • 3 : Untuk 3 (Tri), kirim kode dial *111# kemudian pilih menu Cek Pulsa.


Kalau (barangkali) ada Provider lain yang belum dibahas, silakan cari detailnya di Google.


2. Cek Masa Aktif Kartu


Kartu Tidak Bisa Kirim Pesan


Masa aktif kartu, walau lamanya tergantung kebijakan Provider, biasanya durasi yang diberikan cukup panjang (Rata-rata lebih dari 1 bulan). Namun tetap saja, terkadang ada juga sebagian orang yang lupa akan masa aktif tersebut.

Apalagi untuk yang biasa memakai kartu perdana kuota (Seperti saya), yang kurang memperhatikan akan masa aktif kartu.


  • Telkomsel : Silakan dial *888#.
  • XL : Dial ke *123#.
  • AXIS : Untuk AXIS, dial ke *123#.
  • Indosat : Indosat Ooredoo gunakan kode *555#. Namun bisa coba juga *123#.
  • Smartfren : Untuk Smartfren bisa coba Call (Panggil) ke 999. Nanti akan ada Voice Call yang menjelaskan sisa masa aktif kartu.
  • 3 : Sama seperti cara cek pulsa, kirimkan dial ke *111#.


Anda juga bisa coba menggunakan aplikasi yang disediakan langsung oleh Provider. Misalnya BimaTri, MyTelkomsel, MyXL dan lain-lain.


3. Cek Ulang Pengaturan Jaringan HP Anda


Cek Jaringan HP


Bagi yang HPnya sudah mendukung 4G, pastikan pengaturan jaringan tidak tersetting 4G only. Karena seperti yang saya bilang tadi, ini akan menonaktifkan fungsi komunikasi dari HP.

Untuk caranya sendiri mudah. Silakan pergi ke Setelan > Kartu SIM > Pengaturan Jaringan Seluler > Pengaturan Jaringan > Kemudian atur ke 3G Only atau 2G/3G/4G.

Kalau bingung carinya, bisa juga coba dial ke *#*#4636#*#* kemudian pilih Informasi Telepon. Disana akan terdapat pengaturan jaringan. Pilih 3G (WCDMA) atau 2G/3G/4G.


Kode Rahasia Setting Jaringan HP

Jika Anda menggunakan HP dengan fitur VoLTE (Voice Over LTE), silakan aktifkan. Bisa dicari lewat Setelan > Gunakan fitur Search > Ketik VoLTE.

VoLTE ini berfungsi untuk membuat HP bisa berkomunikasi telepon atau SMS di jaringan 4G.




4. Periksa Ulang Konfigurasi SMSC


Setting SMSC


Konfigurasi SMSC ini memang cukup banyak ditemukan di HP-HP tertentu, terutama keluaran yang lumayan lama.

Saat kita mengaktifkan kartu di HP, normalnya SMSC akan tersetting otomatis. Tapi setting tersebut bisa saja berubah tanpa kita ketahui.

Untuk mengaturnya kembali, silakan buka aplikasi SMS > Pada kanan atas > Buka menu Pengaturan.


Setting SMSC Provider Di Android


Setelah itu pergi ke Pengaturan Pesan Teks > Pusat Pesan / SMS Center > Lalu setting kode yang tercatat disana sesuai Provider.

Untuk kodenya seperti berikut :


  • Telkomsel : +6281100000
  • XL : +62818445009 atau +628184450095 (Coba satu-satu)
  • Indosat : +628216124 (Ooredoo) atau +628550000 (IM3)
  • AXIS : +628315000032
  • Smartfren : +628811223344
  • 3 : +6289644000001


Jika HP Anda menggunakan 2 kartu SIM, silakan setting keduanya. Kalau sudah, simpan pengaturannya, dan coba kembali SMS.


5. Tunggu Beberapa Waktu


Tunggu Jaringan


Masalah jaringan kadang muncul di waktu-waktu tertentu, terutama ketika sedang musim hujan. Nah, jika Provider sedang mengalami gangguan, biasanya tidak banyak hal yang bisa dilakukan.

Jadi, silakan coba tunggu selama beberapa menit / jam sampai jaringan normal kembali.

Atau Anda bisa coba hubungi Provider melalui media sosial (Facebook, Instagram, Twitter). Biasanya mereka bisa membantu (Sudah banyak orang yang melakukannya).


6. Periksa Kartu


Cek Kartu SIM


Kartu SIM rusak, biasanya disebabkan karena masalah pada komponen fisik. Dan sejujurnya inilah masalah yang paling sulit diketahui.

Gangguannya sendiri nanti bermacam-macam. Dari masalah error komunikasi seperti tidak bisa internet atau SMS, hingga jadi tidak terbaca.

Kalau yang ini solusinya paling hanya ganti kartu, atau coba ganti kartu ke yang baru (Di Center Provider terdekat).

Tapi jangan lupa tes dulu di HP lain. Barangkali masih normal.


Penutup...


Agak panjang juga ya, solusi dari HP tidak bisa kirim SMS atau pesan. Namun wajar, karena penyebabnya sendiri memang cukup beragam.

Apakah saya pernah mengalami masalah ini? Jawabannya tentu saja pernah. Entah sudah berapa kali (Kurang ingat). Tapi untungnya selalu berhasil diperbaiki.

Belum berhasil? Atau mungkin Anda mendapati error yang berbeda? Coba tanyakan detailnya lewat komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..