4+ Pengertian Jaringan Nirkabel, Fungsi, Dan Manfaatnya

Teknologi komputer dan jaringan adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Perkembangan keduanya saat ini berjalan cukup pesat.

Contohnya seperti jaringan WIFI. Beberapa tahun silam kita cukup kesulitan dengan terbatasnya akses kecepatan internet. Tapi sekarang? WIFI sudah cukup banyak ditemui, dengan kecepatan yang sangat memadai.

Oh ya, ngomong-ngomong pembahasan pada artikel ini bukanlah soal perkembangan jaringan, melainkan tentang pengertian jaringan nirkabel, fungsi dan manfaatnya.


Tipologi Jaringan Nirkabel


Saya menulisnya disini untuk berbagi pengetahuan soal ini. Well, anak-anak sekolah yang sedang belajar komputer pastinya pernah mendengar soal jenis jaringan nirkabel. Apalagi jurusan TKJ.

Lalu apa sih itu jaringan nirkabel? Apa bedanya dengan jaringan biasa yang kita tahu?

Silakan disimak berikut :


Pengertian Jaringan Nirkabel

Contoh Jaringan Nirkabel


Singkatnya jaringan nirkabel adalah jenis jaringan yang tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi data. Jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik, seperti gelombang radio, mikro sampai infra merah.

Jaringan nirkabel memiliki jarak jangkauan yang berbeda-beda. Ada yang jarak dekat, ada juga yang jauh. Contoh jaringan nirkabel yang biasa kita temui saat ini adalah Bluetooth dan WIFI.

Fungsi Jaringan Nirkabel

Manfaat Jaringan Nirkabel


Secara fungsi, jaringan nirkabel tidak jauh beda dengan jaringan kabel biasa (Wired Network). Contoh paling mudah ialah untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lain, berbagi data, atau membuat komputer menjadi terhubung ke internet.

Namun karena tanpa kabel, tentunya ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan jaringan jenis nirkabel. Diantaranya :


Manfaat Penggunaan Jaringan Nirkabel


Praktis : Untuk menggunakan nirkabel, kita hanya perlu menyediakan sebuah alat pemancar dan pastikan komputer yang diinginkan punya receivernya.

Akses Dari Mana Saja : Setiap perangkat bisa tersambung kedalam jaringan nirkabel, asalkan sinyalnya masih bisa didapat.

Support Banyak Perangkat : Bukan hanya komputer saja, smartphone juga saat ini hampir semuanya sudah mendukung fitur jaringan nirkabel. Misalnya WIFI.

Jaringan Mudah Diperluas : Melakukan instalasi jaringan ditempat luas seperti gedung bukanlah masalah. Karena terdapat perangkat tertentu yang bisa memperluas jangkauan sinyal jaringan.

Produktivitas Meningkat : Bayangkan sebuah perusahaan dengan semua komputer yang terhubung kedalam satu jaringan. Tentunya akan meningkatkan produktivitas jika berbicara soal manfaat berbagi data.

Keamanan : Saat ini jaringan nirkabel sudah didukung juga oleh provider dengan beragam fitur keamanan, supaya data menjadi terjaga.


Jenis Jaringan Nirkabel


Secara garis besar, terdapat 4 jenis jaringan yang mungkin pernah kita baca di buku-buku tentang komputer. Yaitu :


LAN : Local Area Network (LAN) Adalah jenis jaringan yang digunakan untuk berbagi / sharing data antara perangkat ke perangkat lainnya. Jaringan jenis ini biasa digunakan di tempat-tempat dengan cakupan wilayah yang kecil, misalnya kantor, rumah, sekolah dan lain-lain.

WAN : Singkatan dari Wide Area Network. Secara fungsi sama saja dengan LAN, hanya saja cakupan wilayahnya lebih luas. Selain itu, WAN juga biasanya punya kemampuan transmisi data lebih tinggi, dan terdapat suatu perangkat tertentu sebagai pengatur jaringan.

MAN : Singkatan dari Metropolitan Area Network. Cakupan area MAN lebih luas lagi dari WAN. Misalnya untuk menghubungkan sekolah A dengan sekolah B. Bahkan jaringannya bisa menjangkau satu kota.

PAN : Adalah singkatan dari Personal Area Network. Untuk jaringan jenis ini terhubung dalam jangkauan pendek saja.


Apakah 4 jenis jaringan tersebut berhubungan dengan jaringan nirkabel? Jawabannya iya. Misalnya WIFI seperti yang sempat saya sebut tadi. Kita bisa menemukan WIFI di tempat seperti kampus atau sekolah.




Tambahan Video Pengertian Jaringan Nirkabel


Di Youtube, saya sempat menemukan beberapa video yang berisi tentang penjelasan singkat soal jaringan nirkabel (Atau disini lebih tepatnya WIFI).

Anda bisa menontonnya jika ingin lebih paham. Dengan catatan pastikan paham bahasa Inggris ya (Videonya berbahasa Inggris).




Kalau kurang, coba searching lagi di Youtube. Masih banyak kok penjelasan lainnya.


Penutup...


Pembahasan tentang jaringan nirkabel ini semoga bisa membantu Anda untuk memahaminya. Artikel yang saya tulis ini berdasarkan pengetahuan pribadi + sumber dari Wikipedia dan situs-situs teknologi berbahasa Inggris.

Nah, tapi jika ada kesalahan dalam penjelasan, tolong beri tahu dengan cara kirim komentar dengan form yang tersedia dibawah.

Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat!

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..