(Berhasil!) 4 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid | Android

Sebagian besar pengguna HP Android masih menggunakan akses jaringan seluler. Baik untuk SMS, menelepon, maupun internet.

Dan kalau berbicara soal jaringan seluler ini, untuk mengecek pulsa dan kuota, biasanya kita harus mengirimkan kode tertentu (Misal "*123123#").

Normalnya, ketika kode tersebut terkirim, maka akan muncul sebuah notifikasi dari operator. Tapi kadang ada juga beberapa masalah, seperti pesan "masalah sambungan atau kode MMI tidak valid".


kode MMI tidak valid


Nggak sedikit orang yang mengalami ini. Penyebabnya bisa karena sistem (Salah pengaturan) atau memang dari operatornya yang lagi gangguan.

Terus cara mengatasinya gimana?

Nah, untuk mengatasinya disini saya ada beberapa tips. Bisa diterapkan di semua operator (Seperti Indosat, XL, Telkomsel, Three, Axis) termasuk juga untuk semua HP Android (Samsung, Xiaomi, ASUS, OPPO, VIVO, dan lain-lain).




Cara Mengatasi Masalah Sambungan Atau Kode MMI Tidak Valid


1. Restart HP Dulu


Restart HP


Beberapa waktu lalu, ketika saya sedang dapat error ini, saya coba restart HP.

Hasilnya sukses.. Ketika saya mengirimkan kembali dial cek kuota, pesan kode MMI tersebut tidak muncul.

Kok bisa min? Bisa dong. Biasanya ini berhubungan dengan sistem. Nah, restart tadi bertujuan untuk menormalkan kembali sistem.


2. Clear Cache Aplikasi Telepon


Hapus Cache Aplikasi Telepon


Seperti yang diketahui, untuk mengirimkan kode dial pengecek pulsa, kuota dan lainnya, kita perlu membuka aplikasi telepon.

Ada satu tips yang bisa Anda lakukan disini, yakni dengan melakukan Clear Cache / Data aplikasi telepon tersebut.

Caranya masuk ke Setelan > Aplikasi > Telepon > Hapus Data dan Hapus Cache (Tempatnya mungkin bisa berbeda tergantung tipe HP).

Tujuannya untuk menghilangkan error yang mungkin tersimpan pada aplikasi. Bisa dibilang lumayan efektif (Dicoba saja dulu).




3. Setting Jaringan Ke 3G


Mengatur Jaringan HP Ke 3G


Tidak sedikit orang yang masih belum tahu, kalau jaringan LTE itu sebenarnya tidak bisa digunakan untuk mengirim SMS atau menelepon.

Dan disini masalahnya. Kadang ada yang tidak sadar, mereka mengatur (Lock) jaringan HP ke 4G Only. Efeknya muncul kode MMI tidak valid.

Solusinya silakan ubah pengaturan jaringannya. Pergi ke Setelan > Jaringan Seluler > Ganti opsi Jenis Jaringan ke 3G atau 2G/3G/4G.

Letak pengaturan jaringan tersebut beda-beda tergantung HP. Jadi silakan sesuaikan saja dengan HP yang dipakai.

Oh ya, kalau HP Anda sudah mendukung VoLTE (Voice Over LTE), silakan aktifkan saja.


4. Reset HP


Mengatur Ulang HP Android


Tujuan reset HP disini untuk mengembalikan kesalahan konfigurasi, atau error yang mungkin sebelumnya tersimpan pada sistem.

Termasuk masalah sambungan kode MMI, tentu saja bisa teratasi. Dengan catatan, tidak 100% berhasil.

Data yang tersimpan pada HP akan hilang nantinya. Jadi gunakan saja cara ini sebagai alternatif, kalau 3 cara diatas belum berhasil (Dan baca juga pembahasan dibawah ini).


Bagaimana Kalau Belum Berhasil?


Kalau belum berhasil, ada kemungkinan jaringan provider yang Anda pakai sedang mengalami gangguan. Ini pernah saya alami dulu.

Solusinya? Kalau saya waktu itu tunggu beberapa waktu. Kadang 1 hari, kadang 2 hari. Kadang juga cepat, beberapa jam sudah normal.

Tapi sebelumnya, coba gunakan dulu kartu lain, untuk mengecek apakah memang dari jaringannya atau tidak.


Penutup...


Untuk saya yang sudah beberapa kali mengalami tidak valid pada kode MMI, ini tidaklah begitu merepotkan. Cukup gunakan cara-cara diatas. Terapkan satu-satu. Maka HP akan jadi normal kembali.

Oh ya, selain pembahasan kode MMI ini, kadang ada juga error jaringan lain yang tidak bisa didefinisikan. Jadi silakan tanya saja lebih detail tentang error yang dialami (Kirim lewat kolom komentar dibawah).

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..