(+Gambar) Cara Lock 4G LTE ASUS Zenfone | Semua Tipe

Cara Lock 4G LTE ASUS - Kalau berbicara soal jaringan, maka 4G LTE saat ini bisa dibilang sudah cukup optimal. Baik dari segi kecepatan, ping serta stabilitas saat ini sudah cukup meningkat di semua Provider.

Namun, tidak semua daerah sudah ter-cover jaringan 4G secara penuh. Beberapa masih ada yang mengalami susah sinyal, dan sinyal kadang suka berubah ke 3G HSPA.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada satu cara yang bisa dilakukan. Yakni membuat HP menjadi 4G Only, atau istilahnya di-lock kurang lebih.


Mengunci 4G ASUS


Nah, pada artikel ini saya ingin membahas bagaimana caranya setting jaringan 4G di HP ASUS. Untuk contoh disini saya pakai HP tipe Zenfone Max Pro M1 (Snapdragon 636). Tapi tentu saja bisa diterapkan untuk semua tipe.

Untuk metodenya ada dua, yakni menggunakan Aplikasi dan tanpa Aplikasi.

Gimana caranya? Silakan disimak :




Cara Lock 4G LTE ASUS Zenfone (Semua Tipe) Dengan Kode Rahasia



Metode ini sangat umum dipakai para pengguna Android. Dengan kode rahasia, kita bisa mengakses suatu menu dimana jaringan bisa diatur disana.

Tidak semua HP bisa mengakses kode rahasia ini. Dan untungnya, untuk ASUS Zenfone kode ini bisa dipakai tanpa masalah.

Caranya seperti ini :


Langkah 1 : Buka menu Telepon (Dial pad) > Ketik kode *#*#4636#*#*.


Kode Setting Sinyal ASUS


Langkah 2 : Setelah kode diketik, nanti otomatis akan muncul jendela baru. Klik Phone Information.

Phone Information


Langkah 3 : Tap pada kolom Jaringan > Lalu atur menjadi LTE Only.


Setting Kunci Jaringan 4G LTE


Tunggu beberapa saat sampai jaringan 4G muncul. Mudah bukan?


Cara Setting 4G Only HP ASUS Dengan Aplikasi


Aplikasi 4G ASUS


Di Google Playstore, ada beberapa tipe Aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengganti pengaturan ke 4G Only.

Cara kerja Aplikasi ini ialah dengan memanggil menu pengaturan jaringan dengan kode rahasia. Jadi sebenarnya kurang lebih mirip seperti sebelumnya.

Lalu kenapa saya tulis disini? Well, karena menggunakan Aplikasi bisa dibilang akan lebih efisien. Kita tidak perlu mengetik kodenya satu-satu. Dan tidak perlu khawatir juga kalau lupa.

Salah satu Aplikasi yang bisa Anda coba : 4G Only Network Mode. Contoh Aplikasinya bisa dilihat pada gambar diatas.


Syarat Supaya Cara Diatas Bisa Diterapkan


Well, walau bisa dibilang mudah dilakukan, namun ada beberapa syarat supaya cara diatas bisa diterapkan tanpa masalah. Nah, cukup perhatikan 3 hal berikut :


Pastikan Kartu Sudah 4G : Untuk kartu keluaran tahun 2016 kebawah, masih banyak juga yang belum mendukung 4G. Anda harus menukarnya dulu di Galeri Operator terdekat.

Pastikan ASUS Zenfone Sudah Mendukung 4G : Walau saya bilang support untuk semua tipe, ini sebenarnya perlu digaris bawahi. Untuk tipe yang pada dasarnya memang belum mendukung 4G, cara diatas tidak dapat diterapkan. Misalnya pada ASUS Zenfone 5 2015.

Pastikan Daerah Anda Sudah Tercakup Jaringan 4G : Memakai cara diatas, maka jaringan 4G akan otomatis terkunci. Nah, disini Anda perlu perhatikan, pastikan sinyal 4G masih bisa didapat sekalipun cuma sedikit. 


Itu saja? Yap, hanya itu saja.



Penutup...


Mengunci sinyal 4G di HP ASUS tidaklah sulit. Cara diatas bisa Anda terapkan dalam 3 langkah saja, yang bahkan nggak sampai 1 menit.

Dan sekali lagi, cara diatas juga bisa dipakai untuk semua tipe HP ASUS. Karena kebanyakan memang sudah support kode pembuka menu jaringan. Baik tipe Zenfone seri baru, maupun Zenfone seri lama.

Kalau ada yang bingung, atau ada yang ingin ditanyakan, silakan tulis saja pada kotak komentar dibawah. Nanti akan saya jawab.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..