(+Gambar) Cara Membuat Hotspot Dengan CMD Di Windows 7,8,10

Cara Membuat Hotspot Dengan CMD - Kalau Anda sering memakai WIFI, apa sih sumber hotspot yang biasa dipakai? Router, modem WIFI (MIFI), atau mungkin HP sebagai tethering?

Ya, karena fungsinya hanya sebagai pemancar, asalkan ada koneksi internet, ketiga perangkat tersebut tentu saja bisa dipakai.

Tapi bicara soal pemancar WIFI, ada beberapa pertanyaan yang saya temukan di salah satu forum komputer belakangan ini.. Yakni "Bisa gak sih membuat Hotspot WIFI menggunakan laptop atau PC?"?

Membuat Komputer Jadi Hotspot Dengan CMD Windows


Nah, jawabannya tentu saja bisa.

Saya dulu pernah coba hal ini. Kebetulan, saya punya modem USB 4G yang dulu sering sekali dipakai.

Cuma seperti yang Anda tahu, yang namanya modem USB koneksinya hanya bisa digunakan untuk 1 perangkat saja (Yang tersambung modem tersebut).

Jadi disitulah saya mencoba menjadikan PC saya sebagai hotspot WIFI, dengan sumber akses internet menggunakan modem tadi. Tujuannya supaya internetnya bisa dibagi ke HP.

Penasaran caranya? Yuk kita bahas disini..



Bahan Yang Dibutuhkan


Pertama, tentu kita butuh komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 7, 8 atau 10 ya (Karena ketiga versi Windows tersebut yang baru saya coba).

Oh ya, untuk Komputer, Anda harus beli dulu perangkat yang namanya WIFI Receiver (Berbentuk USB). Walau fungsinya sebagai receiver, perangkat ini akan kita pakai sebagai pemancar WIFInya.

WIFI Receiver atau biasa disebut USB WIFI ini bisa dibeli di toko komputer. Harganya kisaran 70 ribu sampai 120 ribu rupiah (Tergantung daerah). Untuk bentuknya seperti ini :


USB WIFI


Lalu gimana untuk laptop?

Untuk laptop, sebagian besar sudah ada komponen internal untuk menerima sinyal WIFI. Jadi asalkan sudah diinstall drivernya, maka Anda sudah bisa memakainya.




Cara Membuat Hotspot WIFI Dengan CMD Di Windows 7, 8, 10


Langkah 1 : Pertama, pada kolom search > ketik CMD > klik kanan > lalu pilih Run As Administrator.

Buka CMD Mode Admin


Langkah 2 : Kemudian ketik perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=LESKOMPI key=passwordminimal8karakter > Lalu klik Enter.

Membuat Hotspot Di Komputer

  • Untuk kata yang saya tandai dengan warna biru bisa diubah sesuai kebutuhan. Ingat, untuk password minimal 8 karakter dengan campuran huruf didalamnya.

Langkah 3 : Setelah itu masukkan perintah netsh wlan start hostednetwork lalu tekan Enter. Maka Windows akan memulai pengaktifan Hotspot secara otomatis.


Mengaktifkan Hotspot WIFI Dengan CMD

  • Note : Untuk menghentikan Hotspot, silakan ketik netsh wlan stop hostednetwork > lalu klik Enter


Cara Mengatur Hotspot Supaya Bisa Mengakses Internet


Pembahasan diatas hanya baru cara untuk pengaktifan WIFI dengan CMD saja, dan itu belum selesai.

Karena kalau kita sambung menggunakan perangkat tertentu seperti HP, maka hasilnya internet tidak akan tersambung.

Penyebabnya adalah karena WIFI yang diaktifkan tadi belum ada koneksi internetnya.

Jadi disini ada beberapa pengaturan yang perlu kita setting. Tapi yang pertama siapkan dulu modem yang bisa membuat komputer terhubung ke internet. Modem tersebut akan kita buat sebagai media akses WIFInya.


Caranya :

Langkah 1 : Pasang modem ke komputer atau laptop Anda. Kemudian sambungkan akses internetnya (Pastikan koneksi sudah terdeteksi pada taskbar).

Langkah 2 : Pada kolom search > ketik Control Panel > kemudian buka.


Control Panel


Langkah 3 : Selanjutnya masuk ke Network and Internet > Network and Sharing Center. Di halaman ini, pilih koneksi yang telah tersambung ke internet.


Koneksi Tersedia Pada Control Panel
Disini saya pilih koneksi modem (Ethernet)


Langkah 4 : Klik menu Properties.

Properties Internet Modem


Langkah 5 : Masuk ke tab Sharing > centang opsi Allow orther network users to connect through this computer's internet connection.

Sharing Koneksi Modem


Langkah 6 : Pada kolom Home networking connection > atur ke koneksi WIFI yang telah dibuat (Contoh koneksinya lihat pada gambar langkah 3 tadi).

Pengaturan Koneksi Aktif


Langkah 7 : Klik OK dan selesai.


Solusi Jika Muncul Pesan "An error occurred while Internet Connection Sharing was being enabled"


Kalau normal, langkah untuk mengaktifkan sinkronisasi antara koneksi modem dengan hotspot yang kita lakukan tadi harusnya akan otomatis menyala.

Tapi untuk beberapa sistem, kadang ada juga muncul pesan "An error occurred while Internet Connection Sharing was being enabled", yang membuat pengaktifan sinkronisasi jadi gagal.

Untuk mengatasinya, silakan lakukan langkah-langkah berikut :


Langkah 1 : Tekan tombol Windows + R > ketik MSCONFIG > lalu klik OK.

Membuka MSCONFIG


Langkah 2 : Pergi ke tab service, kemudian centang opsi-opsi berikut (Lihat gambar dibawah)


Setting Koneksi Di MSCONFIG


Langkah 3 : Kalau sudah klik Apply > Klik OK > Kemudian restart.


Setelah itu coba ulangi lagi langkah untuk sinkronisasi koneksi internet dengan hotspot tadi. Harusnya akan jadi normal.

Contoh Hotspot Dari CMD
Contoh Hotspot Yang Sudah Aktif


Tips Tambahan Khusus Untuk Windows 10


Membuat Hotspot Tanpa CMD Windows 10


Memakai CMD, kita harus memasukkan kode tertentu terlebih dahulu untuk mengaktifkan Hotspot.

Namun, jika Anda pengguna Windows 10 dengan versi minimal Anniversary Update, Anda bisa mengaktifkan Hotspotnya melalui menu setting.

Caranya pada kolom search > ketik settings > buka > masuk ke menu Network And Internet > Klik Mobile Hotspot > Kemudian ganti pengaturan ke On.

Anda juga bisa mengubah baik nama WIFI maupun Passwordnya dengan cara klik tombol Edit.




Penutup...


Nggak begitu sulit untuk membuat Hotspot WIFI menggunakan CMD di Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10. Dengan cara diatas, Anda bisa menikmati Hotspot yang telah dibuat tadi di perangkat lain, misalnya HP.

Oh ya, selain error masalah sinkronisasi jaringan tadi, mungkin saja ada juga error lain yang tidak dibahas disini. Jadi silakan tanyakan saja langsung menggunakan kolom komentar yang ada dibawah.

Semoga bermanfaat!

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..