Ketahui Yuk! Perbedaan Windows XP, Vista, 7, 8, 10 | Lengkap!

Sistem Operasi Windows saat ini bisa dibilang merupakan salah satu yang paling populer. Bersanding dengan Linux dan MacOS.

Di keseharian, kita bisa menemukan Komputer atau Laptop OS (Operating System) Windows dengan mudah. Di Warnet, di sekolah, dan lain sebagainya.

Windows sendiri umumnya yang paling sering dipakai saat ini ada 5 versi. Yakni Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Nah, bedanya apa sih?


Beda Windows


Bagi yang sudah paham, pasti tahu yah bedanya. Tapi bagaimana dengan yang masih awam? Pasti bingung bukan? Untuk itulah disini saya ingin menjelaskannya.

Kebetulan saya sudah pernah memakai semua dari versi Windows tersebut. Jadi kurang lebih saya tahu bedanya, dan apa saja kelebihan di setiap sistemnya.

Apa saja? Yuk kita bahas dibawah ini :




Perbedaan Windows XP, Vista, 7, 8, 10 Lengkap


1. Waktu Perilisannya


Perbedaan Windows 7 Dan Windows 10


Yang paling mudah, kita bisa mengetahui perbedaannya dari waktu perilisannya. Windows XP merupakan sistem paling lama dalam pembahasan ini, dan Windows 10 adalah yang terbaru.

Hasilnya tentu saja akan terlihat pada pembaruan sistem yang diberikan Microsoft. Yang artinya semakin baru = semakin bagus.

Untuk data rilisnya, silakan lihat tabel berikut :


Sistem Operasi Waktu Rilis
Windows XP 25 Oktober 2001
Windows Vista 22 Juli 2005
Windows 7 22 Juli 2009
Windows 8 26 Oktober 2012
Windows 10 29 Juli 2015


Dengan data diatas, pasti sekarang Anda sudah paham beda semua versi Windows pada pembahasan ini secara garis besarnya.

Lantas apakah cuma itu? Tidak tentunya. Kita lanjut lagi.




2. Tampilan


Tampilan Windows


Setiap versi Windows tersebut punya tampilan yang berbeda-beda (Walau beberapa ada yang mirip). Misalnya pada Windows XP dengan menu bar berwarna hijau dan Wallpaper pemandangan.

Windows vista dan 7 dengan Start Menu Windows Aero. Windows 8 dengan ciri khas tanpa Start Menu, dan Windows 10 dengan ciri khas kembalinya Start Menu yang hilang.

Semua tampilan yang ada menyesuaikan trend dan jaman saat Windows tersebut dirilis. Yang tentunya juga sudah disesuaikan dengan kemampuan sistem rata-rata Komputer pada saat itu.


3. Kompabilitas


Kompabilitas Software


Dalam masalah penginstallan Aplikasi, kompabilitas tidak boleh dipandang sebelah mata. 

Dan kalau berbicara soal kompabilitas ini, maka hasilnya akan berbeda-beda. Perbedaan mencolok ada pada Windows XP dan Windows 10, dimana keduanya memiliki aplikasi yang support dan yang tidak.

Lain halnya dengan Windows 7, yang hampir support semua aplikasi yang ada di Windows XP dan Windows 10.


4. Fitur


Perbedaan Fitur


Baik Windows XP, Vista, 7, 8 sampai 10, punya fitur yang berbeda-beda setiap versinya. Namun bisa diketahui, semakin baru versi maka semakin lengkap fiturnya.

Misalnya fitur Windows Aero yang sempat saya sebut diatas. Itu adalah fitur yang umumnya bisa ditemukan pada Windows Vista dan 7, namun tidak ditemukan di Windows XP.

Atau fitur Cortana yang bisa membuat pengguna memerintah sistem Windows 10 hanya dengan menggunakan suara.




5. Keamanan


Perbedaan Fitur Keamanan


Pada dasarnya, keamanan pada Windows akan disesuaikan ketika baru dirilis. Dan juga akan diperbarui juga seiring berjalannya waktu.

Jadi masalah keamanan ini bisa dibilang tergantung penggunanya juga. Jika mereka mengupdate sistemnya maka akan semakin aman.

Tapi jika tidak, mungkin bedanya tidak terlalu terasa.


6. Support Update


Update Windows


Microsoft akan terus memberikan support update pada sistemnya dari tahun ke tahun. Namun untuk beberapa sistem, ada juga yang sudah berhenti.

Misalnya support Windows XP yang berakhir pada tanggal 8/4/2014, Windows Vista pada 11/4/2017 dan kabarnya support Windows 7 juga akan dihentikan pada tanggal 14/1/2020 mendatang.

Jadi intinya, setiap versi Windows yang kita bahas kali ini ada yang masih mendapat update, ada juga yang tidak. Efeknya tentu bisa berpengaruh ke keamanan atau pada penggunaan lainnya.


Perbedaan Versi Windows Secara Spesifik


Dibawah ini saya akan menjelaskan perbedaan Windows secara spesifik, namun yang paling sering ditanyakan saja. Misalnya antara Windows 7 dan 8, atau Windows 8 dan 10.

Tujuannya supaya lebih mudah dipahami bagi yang belum mengerti dengan penjelasan diatas.


1. Perbedaan Windows XP Dan Vista


Windows XP dirilis pada tahun 2001, sedangkan Windows Vista yang merupakan penerusnya pada tahun 2005.

Dari segi tampilan Windows Vista bisa dibilang lebih modern, karena sudah punya fitur Windows Aero. Namun jika bicara soal stabilitas, Windows XP lebih banyak disukai pengguna.

Dari segi kompabilitas keduanya sama. Dan dari segi keamanan juga tidak begitu jauh, karena support keduanya sudah dihentikan beberapa tahun silam.


2. Perbedaan Windows 7 Dan Windows 8


Windows 7 dirilis pada tanggal 22 juli 2009, sedangkan Windows 8 pada tanggal 26 oktober 2012. 

Dari segi tampilan, Windows 7 masih mirip dengan pendahulunya (Windows Vista). Untuk Windows 8, punya desain flat dengan ciri khas tanpa Start Menu dibagian bawahnya.

Secara support atau kompabilitas aplikasi keduanya relatif sama. Namun Windows 8 bisa dibilang lebih multifungsi fiturnya yang lebih banyak, dan sudah dioptimalkan untuk Touchscreen juga.


3. Perbedaan Windows 8 Dan Windows 10


Windows 8 dirilis pada 26 oktober 2012, sedangkan Windows 10 pada 29 juli 2015.

Tampilan kedua versi Windows ini bisa dibilang mirip. Hanya saja Windows 10 bisa dibilang sudah melewati tahap penyempurnaan Windows 8. Jadi cocok untuk digunakan di banyak perangkat (Smartphone, Tablet, Laptop Touchscreen).

Dari segi kompabilitas keduanya sama. Namun kalau bicara soal Gaming maka Windows 10 lebih direkomendasikan, karena sudah support DirectX 12 versi terbaru.


4. Perbedaan Windows 7 Dan Windows 10


Jika Anda sudah membaca pembahasan diatas, maka Anda sekarang pastinya sudah tahu jangka waktu rilis antara Windows 7 dan 10 yang berjarak sekitar 6 tahun.

Dari segi tampilan, tentu keduanya sangat berbeda. Windows 10 punya desain modern, sedangkan Windows 7 memiliki ciri khas dengan tampilan Aeronya.

Dari segi stabilitas, Windows 7 dikenal lebih ringan dan support hardware-hardware lama. Sedangkan Windows 10 sebaliknya.

Dari segi kompabilitas, kalau berbicara soal Aplikasi atau Game terbaru, maka Windows 10 punya kompabilitas yang lebih bagus. Tapi tentu akan terbalik kalau kita membicarakan Aplikasi keluaran lama.


Penutup...


Artikel ini saya tujukan untuk Anda yang ingin tahu perbedaan antara versi Windows XP, Vista, 7, 8 dan 10. Semuanya sudah saya tulis sejelas dan semudah mungkin untuk dimengerti orang awam. 

Tapi kalau nggak paham, Anda tidak perlu khawatir. Cukup tanya saja bagian mana yang ingin diketahui (Pakai komentar dibawah), nanti biar saya jelaskan lebih lanjut.

Kurang lebihnya mohon maaf, dan semoga bermanfaat!


1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..