(Normal Lagi) Begini Cara Reset BIOS Pada Komputer

Cara Reset BIOS Komputer - BIOS adalah jendela sistem dimana kita bisa mengatur banyak sekali konfigurasi yang dibutuhkan Komputer. Misalnya kalau mau install ulang Windows, pasti masuknya ke BIOS terlebih dahulu.

Namun saking banyaknya setting yang bisa diatur, BIOS juga terkadang bisa jadi sumber penyebab masalah kerusakan pada Komputer (Error).

Untungnya, error jenis ini bisa dengan mudah diselesaikan, dengan cara mengatur ulang semua konfigurasi BIOS yang telah berubah.


Cara Clear CMOS


Untuk mengatur ulang / resetnya sendiri kita nggak perlu susah-susah. Yakni dengan melakukan jumper CMOS.

Apa itu CMOS? Singkatnya CMOS adalah benda yang berfungsi untuk menyimpan semua pengaturan BIOS. Semua Motherboard Komputer pasti ada CMOSnya, dari keluaran lama sampai yang terbaru.

Nah, jumper yang dimaksud disini adalah metode reset. Caranya setiap Motherboard berbeda-beda, dan di artikel ini saya ingin beri sedikit gambaran untuk sebagian besar Motherboard.




Cara Reset BIOS Komputer


Cara Mereset BIOS


1. Matikan terlebih dahulu Komputer. Cabut dari stop kontak, lalu tunggu beberapa menit (Supaya aliran listriknya hilang).

2. Buka casing Komputer, kemudian lepas power 24-pin Power Supply yang terhubung ke Motherboard. Setelah itu tunggu lagi selama beberapa saat.

3. Selanjutnya silakan cari pin yang ada catatan CLR CMOS. Biasanya terdapat 2-pin atau 3-pin. Kalau 2-pin, silakan hubungkan keduanya pakai obeng atau sejenisnya. Sedangkan 3-pin, silakan ubah posisi jumper bawaan dari posisi kiri > kanan (Atau sebaliknya).

4. Jika Motherboard Anda pakai jumper 3-pin, kembalikan lagi posisinya ke awal. Lalu pasang lagi power 24-pin yang dicabut tadi.

5. Sambungkan Komputer ke stop kontak, lalu nyalakan.


Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, maka posisi BIOS secara otomatis akan kembali ke default. Semua pengaturan yang telah Anda lakukan akan hilang, dan biasanya masalah seperti Windows tidak bisa Booting akan hilang.

Alternatif Cara Mereset BIOS Tanpa Clear CMOS


Tampilan UEFI
Tampilan BIOS

Apa tujuan Clear CMOS? Untuk mereset BIOS. Apa tujuan resetnya? Untuk mengembalikan semua pengaturan ke awal. Benar kan?

Kalau untuk sekedar mengembalikan pengaturan ke awal, sebenarnya kita tidak perlu Clear CMOS juga bisa. Caranya yakni reset langsung lewat BIOSnya.

Nyalakan Komputer > Masuk ke BIOS > Kemudian cari menu untuk mengatur revert to default settings, reset settings atau sejenisnya. Dengan begitu nanti semua pengaturan yang telah disetting akan hilang.

Tapi cara ini hanya bisa diterapkan di Komputer dengan BIOS yang masih normal. Sedangkan Clear CMOS, biasanya dilakukan kalau Komputer mengalami tidak bisa Booting. Lantas gimana kalau Komputernya masih error padahal sudah Clear CMOS?


Solusi Jika Error Tidak Hilang Padahal Sudah Clear CMOS


Jika BIOS sudah direset tapi masih belum normal, berarti jawabannya simpel saja. BIOS Motherboard yang dipakai tersebut memang sudah rusak.

Rusak disini maksudnya ialah corrupt. Bisa jadi karena terdapat konslet, terkena kerusakan fisik, efek umur Motherboard atau bisa jadi Anda melakukan proses update BIOS tapi gagal.

Solusinya sebenarnya hanya ada 2. Pertama, lakukan Flashing BIOS. 

Tujuannya untuk mengganti data BIOS lama ke BIOS baru. Ini bisa dilakukan oleh para teknisi Komputer dan (biasanya) memerlukan alat-alat khusus.

Kecuali kalau tipe Motherboard Anda punya fitur dual BIOS, Anda sebenarnya bisa me-restorenya dengan mudah.

Nah, kalau sudah di-flash juga gagal, mau nggak mau Anda harus ganti Motherboardnya. Karena kalau sudah rusak, biasanya nggak bisa diperbaiki lagi.


Tambahan Video Cara Mereset BIOS Komputer


Kalau dijelaskan hanya dalam bentuk kata pasti agak susah dipahami ya. 

Saya sendiri sebenarnya ingin pakai dalam bentuk gambar, namun Motherboard yang saya pakai modelnya keluaran baru. Jadi untuk tambahan, video ini bisa menjelaskan semua yang saya bahas tadi :



Silakan tonton seluruhnya. Poin yang saya sempat jelaskan ada di bagian pertama dan bagian kedua. Namun pada video tersebut juga terdapat tambahan, yakni dengan cara melepas baterai CMOS.


Penutup...


Mereset BIOS Komputer itu nggak sulit. Hanya saja menemukan posisi jumpernya itu yang kadang agak merepotkan. Apalagi kalau letaknya ada disekitar VGA eksternal, maka kita mau nggak mau harus melepas VGAnya terlebih dahulu.

Dengan mereset BIOS, diharapkan masalah komputer yang muncul akan hilang. Saya sendiri memang ada pengalaman, masalah Komputer yang no display dan tidak mau booting bisa diselesaikan dengan cara ini.

Jika Anda ada tambahan, silakan kirimkan lewat kolom komentar dibawah. Termasuk jika ingin bertanya letak posisi CMOS di Motherboard yang dipakai (Beritahu saja tipe + merknya, biar saya bantu carikan nanti).

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..