Tidak Bisa Download WhatsApp Dari Playstore? Ini Solusinya

Memasang WhatsApp memang sangat mudah. Kita hanya harus membuka Playstore, mencari aplikasinya kemudian install.

Normalnya sih begitu. Tapi ada juga masalah seperti tidak bisa download WhatsApp di Playstore, yang contoh errornya seperti :

  1. Tidak cukup ruang pada perangkat
  2. Tidak kompatibel dengan versi Android HP Anda
  3. Loading terus dan tidak merespon

Buat yang tiap hari memakai WhatsApp, tentu ini masalah yang cukup merepotkan.


WA Tidak Bisa Didownload Dari Playstore HP


Untuk penyebabnya sendiri ada beberapa. Tapi biasanya nggak ada hubungannya dengan WA, melainkan langsung dari Playstorenya.

Alasannya, karena saya sendiri sudah pernah menginstall WA di banyak perangkat dengan merk yang berbeda-beda. Bukan itu saja, bahkan menggunakan custom ROM (HP yang sudah diotak-atik), WhatsApp masih bisa berjalan dengan normal.

Langsung saja, gimana cara mengatasinya? Yuk kita bahas..




Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Di Download


1. Tidak Bisa Download WhatsApp Dari Playstore? Cek Koneksi


Periksa Koneksi Internet


Beda dengan ketika mencari Aplikasi, ketika kita sedang ingin mendownload sesuatu dari Playstore, koneksi internet yang dipakai haruslah stabil dan cepat.

Ini bertujuan agar proses download tidak mengalami stuck atau loading terus, yang notabene banyak dialami pengguna Android.

Untuk WhatsApp juga demikian. Size WhatsApp termasuk rata-rata kalau disandingkan dengan aplikasi lain.

Berapa kecepatan internet yang ideal? Tidak ada patokan sebenarnya. Tapi saran saya, standar minimalnya 1Mbps tapi stabil (Tidak terputus / Disconnect dan memiliki respon yang baik). 

Coba gunakan Provider jaringan yang sesuai dengan tempat Anda tinggal. Atau bisa juga coba pakai koneksi WIFI.


2. Cek Penyimpanan Perangkat Jika WA Tidak Bisa Didownload


Cek Memori Internal


Untuk pemasangan aplikasi, Playstore akan menyimpannya kedalam memori internal.

WhatsApp sendiri sizenya sekitar 20 - 30MB (Di Playstore). Memang relatif kecil, tapi sekedar catatan, jika memori internal penuh, maka bukan proses download yang muncul, melainkan pesan "Tidak cukup ruang pada perangkat".

Untuk mengatasi hal ini simpel saja. Silakan buka File Manager di HP Anda > Kemudian cari data-data yang kurang penting.

Misalnya, foto atau video. Anda juga bisa menghapus aplikasi yang jarang dipakai, terutama game. Ini sizenya bisa lumayan sekali.

Kalau sudah, coba download ulang WA. Dijamin, pesan tidak cukup ruang tadi akan menghilang.




3. Coba Clear Data Playstore


Clear Data Playstore


Error pada Playstore memang kadang tidak kita ketahui dengan pasti asalnya. Namun ada satu solusi yang jelas, yakni dengan mencoba clear data dari Playstore.

Tujuannya disini satu, yakni untuk mereset Playstore, dan error-error tersebut akan hilang. Bahkan, masalah penyimpanan perangkat seperti sebelumnya terkadang bisa teratasi dengan cara ini.

Caranya gimana? Mudah. Silakan pergi ke Setelan > Aplikasi > Play Store > Lalu tap Hapus Data.

Kalau sudah, silakan coba lagi download WhatsAppnya.

Oh ya, cara lainnya silakan coba klik Uninstall atau Uninstall Updates di Setelan > Aplikasi > Play Store. Cara ini bisa dibilang lebih ampuh ketimbang sebelumnya.


4. Atur Ulang Tanggal HP Anda


WA tidak bisa download


Kesalahan tanggal dan waktu HP memang bisa berpengaruh terhadap Aplikasi. Misalnya seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, WhatsApp tidak bisa menerima gambar.

Untuk Playstore sendiri juga begitu. Tanggal dan waktu HP yang bermasalah ini bisa menyebabkan masalah pada koneksi, yang membuat respon download menjadi melambat atau bahkan error.

Untuk cara mengatasinya, silakan pergi ke Setelan > Tanggal Dan Waktu > Kemudian tap Atur Otomatis sebanyak 2X.

Untuk beberapa HP, letak pengaturannya mungkin agak berbeda. Silakan cari dan sesuaikan sendiri.


5. Memperbaiki Kode Error Download


Tidak bisa install Whatsapp Playstore


Saat kita mendownload WA dari Playstore kemudian bermasalah, biasanya akan muncul pesan yang ditandai dengan kode error tertentu.

Kode disini ada beberapa. Misalnya, yang tertulis pada situs resmi WhatsApp : 413, 481, 491, 492, 505, 907, 910, 921, 927, 941, dan DF-DLA-15.

Jika Anda mendapatkan kode tersebut, silakan pergi ke Setelan > Akun > Google > Hapus Akun > Kemudian login ulang.

Untuk kode 101, 498, dan 919 silakan pakai cara nomor 2 atau nomor 3 tadi.

Terakhir untuk kode 490, silakan pergi ke Setelan > Aplikasi > Play Store > Penggunaan Data > Aktifkan Penggunaan Data pada latar belakang.


6. Belum Bisa? Download APK WhatsApp Dari Situs Resminya


Error WA Playstore


Jika Anda mengalami error lain yang tidak diketahui, atau mungkin masalah 'versi Android tidak sesuai' di Playstore, Anda bisa coba menggunakan metode alternatif, yakni mendownload APK WhatsApp dari situs resminya.

Cara ini sudah direkomendasikan langsung oleh banyak situs Gadget. Termasuk situs resmi WhatsApp sendiri juga.

Caranya bagaimana? Silakan pergi ke Halaman Download WhatsApp Android. Jika sudah tersimpan di HP, cukup install seperti biasa.

(Catatan : Kalau ada pesan gagal install, coba aktifkan opsi Unknown Resources di Setelan > Keamanan > Sumber tidak dikenal).


Penutup...


6 cara diatas adalah rekomendasi yang sudah terbukti untuk mengatasi WhatsApp yang error, tidak bisa didownload di Plasytore dan tidak bisa diinstall.

Sangat saya sarankan untuk mengikuti langkahnya satu-satu. Jika tidak, Anda bisa memakai metode sesuai dengan masalah di HP Anda.

Kalau belum berhasil, atau ada hal lain yang ingin Anda tanyakan, langsung saja kirimkan melalui kolom komentar yang ada dibawah.

Semoga bermanfaat!

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..