Apa Itu MIFI? Ini Penjelasan + Cara Menggunakan MIFI | Lengkap

Apa Itu MIFI Dan Bagaimana Cara Menggunakan MIFI

Apa itu MIFI? Di situs ini saya sempat menyebut perangkat tersebut beberapa kali. Namun terkadang saya kurang spesifik dalam menjelaskannya.

Alhasil pastinya lumayan banyak pengunjung situs ini yang bingung. Terutama bagi mereka yang baru dengar nama perangkat tersebut.

Sebenarnya sih beda dengan beberapa tahun belakang, saat ini MIFI bisa dibilang adalah salah satu perangkat yang sudah banyak dikenal.

Kalau Anda suka membuka Marketplace (Situs jual beli online), ada banyak Toko yang menjual MIFI.

Bahkan terkadang terdapat juga Flash Sale yang menjual MIFI dengan harga murah.

Nah, buat yang masih belum tahu tentang apa itu MIFI, fungsi, cara menggunakan MIFI, beda kecepatan dan sejenisnya, disini saya ingin menjelaskannya.

Kebetulan saya juga adalah pengguna yang hampir setiap hari menggunakan perangkat ini sejak lama. Jadi sudah cukup lumayan kenal.



Apa Itu MIFI?


MIFI adalah sebuah modem mobile. Fungsinya ialah untuk membuat Hotspot yang bersifat portabel menggunakan koneksi data seluler, sehingga bisa dibawa kemana-mana.

MIFI sendiri adalah sebuah singkatan. Kalau menurut Wikipedia, asalnya dari sebuah perusahaan yang sebelumnya diketahui bernama Novatel Wirelless. Walau di sebagian tempat, ada juga yang menyebut WIFI sebagai Mobile MIFI, My WIFI dan lain-lain.

Cara kerja MIFI ini kurang lebih sama seperti modem. Kita harus memasukkan terlebih dahulu kartu SIM, kemudian mengaktifkan modemnya.

Saat itulah Hotspot akan langsung menyala, dan bisa disambungkan untuk banyak perangkat sekaligus.

Kalau Anda tahu soal Tethering Hotspot di HP Android, kurang lebih mirip seperti itu.


Apa Kelebihan Modem MIFI?



Namanya perangkat, tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, khusus untuk kelebihan MIFI, dari pengalaman saya sebagai pengguna, beberapa diantaranya adalah seperti berikut :


  • Kecepatan Internet Lebih Cepat : Kecepatan modem MIFI bisa dibilang cukup cepat. Tidak heran karena modemnya memang sudah didesain untuk disambungkan hingga puluhan perangkat sekaligus.
  • Lebih Fleksibel Dalam Membuat Hotspot : Agak repot jika terus menggunakan Tethering. Tapi dengan MIFI, kita hanya perlu memasukkan kartu kemudian menyalakan modemnya. Maka otomatis Hotspot akan aktif. Ditambah penggunaan baterainya juga bisa dibilang lebih hemat.
  • Sinyal Lebih Kuat : Untuk beberapa jenis modem, ada yang sudah didesain untuk menangkap sinyal dalam performa yang maksimal.
  • Ping Lebih Stabil : Jumlah ping dari modem WIFI, dari pengalaman saya cukup baik. Rata-rata dibawah 50ms.
  • Dan lain-lain.
 
 
Sedikit catatan, kelebihan diatas juga tergantung dari perangkat MIFI yang digunakan, serta kualitas provider yang dipakai di tempat dimana Anda tinggal.


Bagaimana Cara Menggunakan MIFI?


MIFI Huawei

Cara menggunakan MIFI tidaklah sulit. Seperti yang saya bilang tadi, Anda tinggal memasukkan saja sebuah kartu SIM kedalamnya. Langkah-langkahnya :


Bahan Yang Dibutuhkan :


  • Kartu SIM dengan kuota internet yang sudah aktif.
  • Buku petunjuk (Optional, nanti saya jelaskan).


Caranya :


1. Pertama silakan lepas terlebih dahulu casing belakang modem. Disana nanti akan terdapat baterai.

2. Kemudian lepas baterainya. Nah, didalamnya terdapat slot untuk memasukkan kartu SIM.

3. Masukkan kartu SIM disana.

4. Jika sudah, pasang kembali baterai dan casing MIFI.

5. Kemudian nyalakan MIFI.

6. Tunggu beberapa saat sampai Hotspot dari MIFI sudah aktif.

7. Setelah itu Anda bisa langsung menyambungkan perangkat yang diinginkan dari MIFI tersebut.


Untuk menyambungkan WIFInya dibutuhkan password. Dan jika Anda baru beli modem MIFI dan baru sekali ini pakai, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu password bawaan dari modem tersebut.

Cara ceknya coba buka Buku Petunjuk. Disana biasanya akan terdapat informasinya. Kalau di modem saya sendiri letaknya ada di sticker bagian belakang casing.


Cara Isi Ulang MIFI


Untuk mengisi ulang MIFI sebenarnya sama seperti saat Anda ingin membeli paket internet seperti biasa. Karena pada dasarnya disini kita memakai kartu SIM.

Jadi caranya Anda bisa coba lepas kartu SIM-nya, kemudian masukkan ke HP yang Anda punya. Anda bisa membeli pulsa, atau membeli paket internet sesuai kebutuhan.

Jika sudah, Anda hanya perlu mengembalikan kartunya kedalam modem.


Fitur Pada MIFI


Halaman WIFI

Fungsi dasarnya memang untuk membuat Hotspot portabel. Tapi di MIFI terdapat juga fitur-fitur lain yang bisa Anda coba.

Pertama, setelah perangkat tersambung ke MIFI, coba buka browser kemudian masuk ke alamat 192.168.1.1. Ini adalah halaman Admin yang berfungsi untuk mengatur konfigurasi modem (Jika alamatnya tidak bisa diakses, coba cek buku panduan).

Di halaman ini terdapat banyak fitur yang bisa Anda coba. Diantaranya mengatur fungsi jaringan, mereset WIFI, restart modem, melihat Password WIFI, Mengirim SMS, Memblokir perangkat dan masih banyak lagi.


Beda WIFI Dan MIFI


Router WIFI

Setelah membaca pembahasan diatas, sekarang Anda sudah tahu pastinya tentang fungsi dan cara kerja MIFI.

Nah, disini ada sedikit pertanyaan yang banyak diajukan oleh orang-orang yang tertarik ingin membeli MIFI. Yaitu apa beda WIFI dengan MIFI?

Singkatnya begini.. 


  • WIFI yang dimaksud disini ialah Provider yang menyediakan koneksi internet via instalasi jaringan (Biasanya via kabel), dan kemudian disambungkan ke router.

  • Sedangkan MIFI adalah modem WIFI yang sumber koneksi internetnya berasal dari kartu SIM (Operator seluler).
  

Jadi bisa dibilang berbeda. 


Berapa Harga Modem MIFI?


Harga modem MIFI bisa dibilang bervariasi. Mulai dari 200 ribuan hingga lebih dari 1 juta.

Semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Mulai dari segi keamanan, deteksi sinyal, hingga paket yang ditawarkan oleh provider.

Tidak banyak panduan pasti untuk cara memilihnya. Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan serta budget yang dimiliki.


Penutup...


Penjelasan tentang "apa itu MIFI" disini semoga bisa membuat Anda paham tentang jenis modem ini.

Soalnya untuk sebagian kalangan, modem MIFI sekarang semakin dibutuhkan. Terutama bagi mereka yang sering bepergian dengan membawa lebih dari 1 perangkat gadget.

Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..