4 Ciri IC Power HP Android Yang Rusak + Biaya Gantinya

Ciri IC Power HP Rusak


Kerusakan HP Android itu pada dasarnya dibagi 2. Yang pertama sistem, yang kedua komponen.

Tapi kalau bicara soal perbaikan, tentu saja masalah komponen lebih sulit diperbaiki. Karena masalah sistem rata-rata bisa hilang hanya dengan metode Flashing.

Dan kalau bicara soal komponen, di HP Android terdapat beragam IC (Integrated Circuit) dengan fungsi yang berbeda-beda.

Misalnya IC Charger, IC Audio, IC Power dan lain-lain. Namun khusus disini, saya ingin membahas soal IC Power saja.


Apa Itu IC Power?


Seperti namanya, IC ini masih berhubungan dengan kerja daya ada HP. Fungsinya ialah untuk membagikan tegangan daya ke komponen lain (Layar HP, sinyal, IC lain, dan sebagainya didalam PCB).

IC Power ini kalau rusak biasanya erat kaitannya dengan HP yang tidak bisa menyala. Ditekan tombol power tidak ada respon, dan biasanya kalau di cas tidak muncul jendela charging pada umumnya.

Untuk analoginya, kita anggap saja kipas angin. Kalau kita nyalakan, maka baling-balingnya akan berputar. Tapi kalau rusak, maka tidak berputar. Kurang lebih seperti itu.


Kenapa IC Power Bisa Rusak?


Bisakah IC Power Rusak Diperbaiki

Mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya, kenapa IC Power HP saya bisa tiba-tiba rusak? Padahal sebelumnya normal saja?

Well.. Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa IC Power ini tiba-tiba tidak bisa berfungsi tanpa kita sadari. Diantaranya :


HP Terlalu Tua : Komponen HP tentu saja semakin lama akan semakin lemah. Daya kerjanya juga sudah pasti akan jadi menurun, dan bisa membuat IC didalamnya bisa rusak kapan saja. Biasanya ditemui di Android usia pemakaian 5 tahun keatas.

HP Di Cas Terlalu Lama : Sebagian besar HP bisa saja mengalami kerusakan kalau di cas terlalu lama. Misalnya semalaman. Ini sering dialami pengguna HP Android, dan beberapa pengunjung situs ini juga ada yang menanyakannya.

HP Sering Terlalu Panas : Memang ada sebagian chipset HP yang sering mengalami throttling dan overheating. Ini bisa saja berpengaruh ke komponen lain seiring lamanya pemakaian.

HP Kena Air : Jangan salah, HP kena air juga bisa membuat rusak IC didalam HP. Karena komponen HP itu rentan korosi jika tidak dibersihkan (Airnya). Kadang bisa langsung kena IC atau jalurnya.

Karena Speaker Aktif : Ada juga lho kerusakan IC Power yang disebabkan karena HP disambung ke Speaker aktif, dengan tegangan yang jauh berbeda.


Mungkin ada beberapa yang lain lagi. Tapi sebagian besar penyebabnya itu saja.


Ciri Ciri IC Power HP Android Rusak


Ada beberapa ciri IC Power HP Android yang rusak. Dan sebagian yang paling sering ditemui :


1. HP Mati Total


Persis seperti yang saya bilang sebelumnya. Jika IC Power rusak, maka salah satu kerusakannya ialah HP jadi tidak bisa dinyalakan dan tidak ada respon sama sekali.

Jika sistem HP rusak, biasanya HP masih ada tanda getar. Tapi kalau IC Power rusak, terkadang getaran ini tidak muncul.

Dan kalau di cas, tidak ada notifikasi pengisian sama sekali. Meskipun lampu led notifikasi menandakan prosesnya sedang berjalan.


2. Sinyal Hilang


Masalah sinyal juga bisa terjadi jika IC Power di HP mengalami kerusakan. Dan meskipun kartu SIM diganti, ini tidak akan berpengaruh sama sekali.

Masalah sinyal yang dimaksud disini, ialah sinyal muncul hilang, tidak stabil, serta tidak mengeluarkan sinyal sama sekali.

Selain sinyal hilang,  kadang SIM tidak terbaca sama sekali.


3. HP Tidak Bisa Mengecas


Selain IC Charger, IC Power rusak juga bisa membuat HP jadi tidak bisa di cas.

Beda dengan masalah mati total di nomor 1 tadi, disana baterai masih bisa terisi. Namun disini kebalikannya.

Baterai HP tidak akan penuh meskipun kita coba sambungkan charger. Dan notifikasi lampu led pengisian juga tidak aktif sama sekali.


4. Tegangan IC Power Tidak Bekerja Semestinya


Untuk yang ini HP di-tes menggunakan alat sejenis Power Supply. 

Power Supply yang dimaksud, ialah yang memiliki indikator, dengan fungsi untuk mengecek tegangan yang dihasilkan HP.

Cara ceknya disini kita sambungkan Power Supply tersebut ke konektor baterai. Setelah itu nyalakan HP dengan tombol power.

Disini periksa indikator tegangan. Cirinya jika tidak berubah sesuai (Atau stuck), kemungkinan besar IC Powernya rusak.


Apakah IC Power Bisa Diperbaiki?


Ya, tentu saja bisa. Teknisi HP bisa mengganti IC Power yang rusak tersebut dengan yang baru. Jadi disini Anda tinggal bawa saja HP ke Service Center.

Tapi sedikit catatan, terkadang ada juga hal yang membuat teknisi harus mengganti semua Motherboard HP. Jadi tidak hanya IC Powernya saja.

Contohnya kalau HP kena air. Untuk menghindari korosi.


Berapa Biaya Ganti IC Power HP?


Untuk biaya ganti IC Power HP Android bervariasi. Tergantung dari jenis dan tipe HPnya.

Harga komponennya rata-rata 10 ribu sampai 100 ribu keatas (Tergantung tipe). Jadi dengan biaya pasang mungkin 200 ribu atau lebih.

Khusus jika Motheboard harus diganti, biasanya bisa memakan biaya hampir dari harga HPnya sendiri. Dari 600 ribu hingga jutaan rupiah.



Penutup...


Kerusakan IC Power memang tidak sedikit dialami para pengguna Android. Ciri-ciri kerusakannya bermacam-macam, salah satunya ialah HP tidak bisa dinyalakan sama sekali.

Informasi ini saya buat untuk Anda yang sedang mencari tentang biaya penggantian IC Power, untuk mengerti fungsi IC Power serta untuk mengetahui ciri-ciri IC Power HP yang rusak.

Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..