6 Rekomendasi OS Android Untuk PC & Laptop | Ringan + Stabil

Saat ini, perkembangan sistem Android yang dikhususkan untuk PC dan Laptop semakin maju. Baik dari segi kompabilitas, spesifikasi maupun fitur yang ditawarkan.

Sebagai contoh program emulator. Di emulator ini Android akan dijalankan dalam bentuk aplikasi, dan berada didalam sistem operasi tertentu (Misalnya Windows).

Ya, program emulator tersebut memang populer. Tapi sudah tahu belum? Soal OS Android untuk PC atau Laptop yang bisa berjalan dengan cara benar-benar langsung diinstall?


Rekomendasi OS Android PC


Agaknya mungkin sudah pada tahu ya.. Tapi saya yakin, banyak yang belum pernah mencobanya.

Alasannya well, karena memasang OS Android ini artinya menginstall ulang sistem. Jadi bisa dibilang agak sedikit ribet kalau ketimbang memakai emulator.

Tapi.. Tentu ada kelebihan tersendiri jika Anda memakai OS dengan cara langsung diinstall. Diantaranya kinerja yang didapatkan akan lebih cepat, karena Processor hanya akan running 1 sistem operasi saja.


Rekomendasi OS Android Untuk PC & Laptop Yang Ringan Dan Stabil


Kalau Emulator Android mungkin kita sudah banyak tahu ya.. Windroye, Bluestack, Nox, yang terbaru seperti Tencent Gaming Buddy atau yang lainnya (Bisa cek artikel lama saya, Emulator Android Ringan).

Tapi untuk nama-nama spesifik dari OS-OS Android untuk PC ini sepertinya masih banyak yang belum familiar.

Untuk itu, disini saya ingin sedikit membahasnya, rekomendasi OS Android yang bisa dijalankan di PC atau Laptop.


1. Remix OS


Remix OS PC


Remix OS adalah sebuah sistem operasi Android yang dikembangkan untuk PC sejak tahun 2016, oleh developer bernama JIDE.

Remix OS ini didesain untuk pengguna yang ingin memakai Android di Komputer, namun dengan tetap mengutamakan kenyamanan. Tidak heran, antarmuka yang terdapat pada OS ini terlihat mirip dengan Windows 10.

Misalnya pada bagian Start Menu, File Management, dan lain sebagainya yang akan tetap membuat Anda merasa familiar.

Dari segi kompabilitas, untuk hardware-hardware komputer terbaru saat ini bisa dibilang tidak ada masalah. Untuk keyboard dan mouse misalnya, keduanya sudah berjalan otomatis tanpa harus melakukan setting apapun lagi.

Anda bisa mendapatkan Remix OS dari situs resminya, jide.com. Untuk cara installnya bisa melalui Boot seperti biasa. Nanti opsi Remix OS bisa dipilih.

By the way, saya kenal Remix OS dari grup komputer, dan disana sudah banyak yang mengetesnya untuk bermain game seperti Mobile Legends atau AOV. Jadi bisa dibilang sudah ringan dan stabil.


2. Android-X86


Android-X86 OS ANDROID PC


Android-X86 bisa dibilang adalah salah satu pemain lama dalam bidang sistem operasi Android khusus PC. Bersumber langsung dari OS Android yang di-porting ke sistem dengan arsitektur X86.

Maksud porting disini ialah diubah. Baik itu dalam kode dan lain hal sebagainya, yang kemudian disesuaikan agar bisa dijalankan di komputer.

OS ini menurut saya sangatlah cocok untuk dijalankan di komputer atau laptop dengan spek rendah. Karena selain ringan, sistemnya juga masih terus dikembangkan hingga kini.

Dari segi tampilan, bisa dibilang Android-X86 sangat mirip dengan Smartphone pada umumnya. Tapi tergantung versi mana juga yang Anda pilih.

Anda bisa mendapatkan OS ini langsung dari situs resminya, www.android-x86.org.


3. Phoenix OS


Phoenix OS Laptop

Phoenix OS merupakan sistem operasi Android yang bisa dijalankan di PC atau Laptop dengan rekomendasi sistem Processor dengan arsitektur X86.

Dari segi tampilan, bisa dibilang seperti MacOS dan Windows 10 yang digabung. Ya, elegan dan mudah digunakan, bahkan untuk pertama kali.

Awalnya saya tahu OS ini ketika lagi mencari referensi sistem operasi Android yang lancar untuk main PUBG Mobile.

Dan dari hasil tesnya di Youtube, saya bisa melihat kalau Phoenix OS memiliki performa yang sangat bagus dan stabil. Karena gamenya sendiri rata-rata bisa berjalan di 60 FPS.

Anda bisa mendapatkan Phoenix OS melalui situs www.phoenixos.com. Untuk cara installnya bisa melalui bootable atau install biasa melalui Windows.

Untuk contohnya pernah saya jelaskan di Cara Menginstall Phoenix OS Untuk PC / Laptop (Lengkap dengan gambar).


4. Openthos


Openthos Android OS

Openthos adalah sistem Android yang dikembangkan untuk PC dengan arsitektur X86. OS ini berjenis open-source yang artinya siapa saja bisa mengembangkannya.

Kalau berbicara tampilannya, Openthos ini mengingatkan saya dengan OS Linux Ubuntu. Desainnya bisa dibilang mirip, terutama pada bagian flat UI-nya.

Namun di Openthos kita masih bisa menemui sebuah taskbar yang mirip seperti pada Windows. Seperti yang kita tahu, untuk kemudahan penggunaan fungsi taskbar ini sangatlah penting.

Bicara soal performa, Openthos menurut saya cukup ringan. Sedangkan cara menginstallnya bisa dilakukan lewat bootable seperti biasa.


5. BlissOS


BlissOS Android

Bliss OS adalah sebuah pengembangan OS Android PC bersifat open-source yang didalamnya memiliki fitur kustomisasi beragam hal pada sistem.

Dari segi performa, ROM (Sistem) Bliss OS sudah dioptimalkan sedemikian rupa, dan tetap mengedepankan pengalaman pengguna tentunya.

Untuk tampilannya sendiri nuansa elegannya sangat bagus menurut saya. Terutama pada pemilihan warnanya.

Kalau tertarik, Anda bisa coba langsung kunjungi situsnya di blissroms.com.


6. Prime OS


Prime OS PC

Jika Anda sedang mencari sebuah sistem operasi Android yang bisa dijalankan di PC, Prime OS juga bisa jadi salah satu pertimbangan.

Di OS ini kita akan mendapatkan berbagai macam fitur. Diantaranya pengalaman menggunakan Android yang tidak jauh beda dengan Dekstop. Misalnya Shortcut seperti Alt + Tab, Alt + F4, fungsi taskbar persis di Windows, dan lain-lain.

Bukan itu saja, OS ini juga sudah dioptimalkan untuk gaming. Jadi performanya bisa dibilang sudah sangat oke. Bahkan untuk game-game populer seperti PUBG, controlnya sudah langsung ada secara otomatis.

Untuk menginstall Prime OS, tersedia dua opsi. Melalui Bootable atau melalui software installer. Anda bisa langsung mengeceknya di primeos.in


Penutup...


Semua OS Android untuk PC diatas saya tulis random urutannya. Jadi Anda bisa memilih yang mana saja yang ingin Anda coba.

Semuanya sudah berupa sistem. Jadi harus diinstall terlebih dahulu, dan di-boot saat komputer baru dinyalakan.

Jujur saja, informasi OS ini agak susah dicari. Tapi mungkin saja di masa mendatang akan rilis lagi sistem-sistem baru. Jadi mungkin artikel ini akan saya update suatu saat.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..