Ukuran Layar HP Android - Jenis Dan Resolusinya (Lengkap)

Penjelasan Layar HP Android

Sudah tahu pastinya ya.. Ada beragam jenis ukuran layar dan resolusi Android, yang seiring perkembangan jaman pasti selalu berganti popularitasnya.

Maksudnya? Misalnya pada tahun 2014, dimana HP dengan layar 4 - 5 inci sangat populer. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya popularitas ukuran layar tersebut berganti menjadi 5.5 - 6 inci yang paling banyak dipakai.

Jenis-jenis ukuran layar HP Android bisa dikatakan cukup menarik untuk diketahui. Terutama untuk yang mau beli HP.

Karena selain ukuran, terdapat juga hal lain seperti resolusi dan jenis panel LCD yang dipakai. Ini akan berpengaruh ke kenyamanan mata dalam penggunaan waktu yang lama.

Berapa sih jenis ukurannya? Dan berapa saja resolusinya? Kita bahas disini..


Jenis Ukuran Layar HP Android


Ukuran Layar HP


Ukuran layar HP Android, rata-rata yang bisa ditemui adalah sekitar 3 sampai 7 inchi.


  • Jenis ukuran layar paling sedikit sekitar 3 inchi. Misalnya pada Samsung Galaxy Pocket S5300 dengan ukuran layar 2.8". HP-HP ukuran ini kebanyakan dirilis pada tahun 2012 kebawah, dimana pada tahun-tahun tersebut Android sudah mulai populer.

  • Kemudian pada rentang berikutnya, ada ukuran 3 inchi sampai 4 inchi. Misalnya HP Lenovo A369i (4 Inchi) yang dirilis pada tahun 2013 silam.

  • Dilanjut dengan HP dengan ukuran layar yang lebih besar dari sebelumnya. 4 sampai 5 inchi. Misalnya pada ASUS Zenfone 5 A501CG (2015).

  • Lalu dilanjut lagi dengan ukuran layar yang banyak dikatakan orang-orang paling ideal. 5 sampai 6 inchi. Contohnya ASUS Zenfone Max Pro M1 (5.99").

  • Dan yang terakhir, HP dengan rentang 6 sampai 7 inchi, yang sering disebut sebagai Phablet (Contohnya Xiaomi Redmi Note 7). Ukuran ini bisa dikatakan sudah maksimal untuk sebuah ponsel. 


Alasan kenapa maksimal ukuran HP itu 7 inchi, karena diatas ukuran tersebut, akan lebih populer disebut sebagai tablet.


Jenis-jenis Ukuran Resolusi HP


Resolusi layar HP


Ada ukuran layar, ada juga resolusi. Ini bisa dibilang cukup penting untuk dipahami.

Pertama apa itu resolusi? Singkatnya resolusi adalah jumlah pixels yang terdapat pada layar. Semakin besar resolusi, semakin tajam juga gambar yang dihasilkan layar.

Resolusi ini ada cukup banyak ukurannya. 1280X720, 1920X1080 dan lain-lain. Selain itu terdapat juga penyebutan seperti "HD", "Full HD" dan lain-lain (Baca Juga : Cara Mengecek Resolusi + Ukuran Layar Android).



Ukuran Resolusi Penyebutan Contoh Perangkat
240X320 QVGA (Quarter VGA) Samsung Galaxy Y S5360
320X480 HVGA (Half VGA) Samsung Galaxy Ace S6802
480X854 FWVGA (Full Wide VGA) Lenovo A516
640X960 qHD (Quarter HD) Lenovo A850
720X1280 HD (High Definition) Huawei Ascend G7
1920X1080 Full HD OnePlus 3
1920X2160 Full HD+ ASUS Zenfone Max Pro M11
2560X1440 2K / QHD (Quad HD) Samsung Galaxy S7
3840X2160 4K / UHD (Ultra HD) Sony Xperia XZ Premium


Sebenarnya masih ada lagi beberapa jenis resolusi yang belum tertulis. Alasannya mengingat resolusi-resolusi tersebut hanya digunakan di beberapa jenis Smartphone saja (Kurang umum).

Anda bisa langsung melihat contohnya dengan cara searching perangkatnya.

Nah, walau ada banyak jenisnya, ukuran resolusi yang paling umum ditemukan hanya 4 saat ini. Yakni HD, Full HD (Termasuk Full HD+), 2K dan 4K. Kita bahas 4 resolusi ini dibawah :


1. HD


Merupakan singkatan dari High Definiton, merupakan resolusi layar yang banyak ditemukan di HP mainstream dibawah 1 jutaan.

Layar HD bisa menampilkan gambar yang jelas, dan merupakan standar resolusi yang paling banyak ditemukan saat ini.


2. Full HD


Merupakan pengembangan dari layar HD. Resolusi layar ini banyak ditemukan di HP rentang harga 1 juta sampai 3 juta.

Bahkan semakin lama, semakin banyak juga HP murah (Dibawah 1 juta) yang sudah mengusung ukuran resolusi layar ini.


3. 2K


Memiliki minimal ukuran resolusi layar sebesar 2560X1440. Kebanyakan ditemukan di HP-HP kelas premium atau flagship di harga 4 juta keatas.

HP dengan resolusi ini biasanya memiliki kualitas kamera yang mumpuni, dikarenakan layarnya mendukung untuk menampilkan foto dengan ketajaman yang tinggi.


4. 4K


Merupakan jenis resolusi tertinggi yang 'saat ini' paling sering ditemui di HP-HP kelas Flagship.

Soal ketajaman layar, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena jenis panel yang dipakai juga selalu berkualitas tinggi.


Tipe Panel Layar Android


AMOLED LCD TFT IPS


Layar HP Android juga memiliki tipe panel LCD yang digunakan. Selain resolusi, panel ini juga akan berpengaruh terhadap tampilan warna dan kecerahan layar.

Umumnya ada 4 tipe panel yang bisa kita temui saat ini, yaitu :


1. LCD


LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display. Layar ini sangat populer digunakan di HP-HP mainstream dikarenakan biaya produksinya yang murah.

Backlight yang menyinari seluruh layar, membuat panel LCD bisa dibilang sudah sangat jelas untuk dilihat. Namun LCD masih sedikit kurang bagus dalam sisi akurasi warna.


2. TFT LCD


TFT merupakan singkatan dari Thin Film Transistor. TFT adalah pengembangan lain dari tipe panel LCD biasa.

Dari segi kecerahan (Kontras), TFT sudah lebih baik dari tipe panel LCD biasa. Harga produksinya juga lebih murah. Namun masih tidak lebih jelas dari segi akurasi warna.


3. IPS LCD


Adalah singkatan dari In-Plane Switching. Merupakan pengembangan dari TFT LCD. IPS memiliki kontras warna yang bagus, serta akurasi warna yang bagus.

Jenis layar ini banyak digunakan di Smartphone kelas mainstream sampai mid (Menengah), dengan resolusi HD sampai full HD.


4. OLED


Singkatan dari Organic Light Emitting Diode. Tipe layar ini bisa dibilang yang paling 'hemat baterai' karena kondisinya 'selalu tidak menyala' kecuali ketika dilewati arus daya.

OLED punya dua tipe. Yakni AMOLED dan SUPER AMOLED. Keduanya merupakan pengembangan dari panel OLED, dan memiliki kualitas layar yang sangat bagus. Baik itu dari segi warna, akurasi maupun kontras.




Contoh Video Beda LCD Dengan AMOLED


Sebagai gambaran, mungkin Anda bisa mencoba melihat video ini. Videonya berbahasa Indonesia dari channel Andro VZ.




Disana akan terlihat perbedaan jenis warna yang dihasilkan.


Apa Itu PPI Density Pada Smartphone?


Pixel Density

Setelah berbicara soal ukuran layar, resolusi dan jenisnya, yang akan saya bahas disini adalah pixel density atau lebih tepatnya PPI.

PPI ini mengacu kepada seberapa banyak pixel dalam satuan inchi pada layar. Semakin tinggi dan semakin padat nilai PPI, semakin jernih pula kualitas gambar yang dihasilkan.

Ada 4 jenis standar PPI pada Smartphone yang biasa ditemui sekarang :


  • Resolusi layar HD = 290 - 300+ PPI (Contoh : Asus Zenfone 5 2015)
  • Resolusi layar Full HD = 300+ sampai 400 PPI+ (Contoh : Lenovo Vibe K5+)
  • Resolusi layar 2K = 500 PPI+ (Contoh : Samsung S7 Edge)
  • Resolusi Layar 4K = 700 PPI+ (Contoh : Sony Xperia XZ2 Premium)



Kepadatan PPI kembali lagi ke pabrik Smartphone masing-masing. Karena bisa saja ada pengaturan berbeda di layar beberapa tipe HP berbeda.




Penutup...


Penjelasan ukuran layar HP Android, resolusi serta jenis panelnya memang penting untuk diketahui. Untuk yang ingin beli Smartphone terutama, jadi kita bisa mendapatkan gambaran, HP apa yang kira-kira cocok dengan kebutuhan?

Penjelasan disini sudah saya coba buat selengkap mungkin. Dan sebisa mungkin juga saya buat agar mudah dipahami. Karena artikel ini saya tujukan untuk yang masih awam.. Jadi kurang lebihnya mohon maaf.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..