Arti Buff dan Nerf di Game

Arti Buff dan Nerf di Game

Nerf dan Buff. Dua istilah yang sering dipakai saat kita main game tertentu. Istilah ini umumnya muncul ketika game tersebut mendapatkan pembaruan versi.

Nerf dan buff sendiri masih terkait dengan status karakter, item, skill atau atribut lainnya.

Contoh game yang menerapkannya seperti Mobile Legends, Seven Knights, dan lain-lain (Kebanyakannya bergenre RPG atau masih ada unsur RPG).

Nah, lalu apa sih maksud dari kedua istilah ini? Kalau ingin tahu, yuk saya jelaskan lengkapnya di sini.

Apa itu Buff pada Game?

Contoh Skill Game

Buff adalah istilah yang mengacu pada peningkatan stats dari karakter, item, skill atau atribut lainnya pada sebuah game. Biasanya buff diberikan kepada objek game yang jarang dipakai pemain.

Misalnya ada game, dimana salah satu karakternya jarang sekali dipakai karena skill­-nya yang kurang berguna.

Nah, ketimbang developer menghapus karakternya (yang bisa menghapus keseimbangan game), maka dibuatlah peningkatan status atau buff.

Peningkatan status tersebut terkadang tidak hanya dilakukan satu atau dua kali. Melainkan sampai stats yang dibutuhkan karakter bisa menyesuaikan dengan gamenya.

Apa itu Nerf pada Game?

Kebalikan dari buff, nerf adalah istilah untuk menyebut penurunan stats pada karakter, item, skill atau atribut lainnya.

Nerf ini bisa muncul dalam beberapa kondisi. Misalnya pada sebuah game MOBA, developer merilis sebuah hero dengan skill yang overpower.

Hero tersebut dalam waktu singkat menjadi META (Most Effective Tactics Available) dan hampir dipakai di semua mode game.

Karena dianggap terlalu IMBA (imbalance), maka dilakukanlah nerf. Untuk menyeimbangkan hero tersebut dengan karakter-karakter lainnya.

Perbedaan Nerf dan Buff

Sekarang harusnya kita sudah paham mengenai apa itu istilah buff dan nerf. Nah, untuk lebih jelas kalau ingin lebih mengetahui perbedaan keduanya, bisa cek tabel berikut:

NerfBuff
Menurunkan stats objek, seperti karakter, item, skill dan atribut lainnyaMeningkatkan stats objek, baik itu pada karakter, item, skill dan atribut sejenisnya
Biasanya menghilangkan efek khusus pada item atau skill tertentuUmumnya bisa menambahkan efek khusus pada item atau skill tertentu
Mengurangi stats objek yang sedang META atau dianggap IMBA supaya gameplay seimbangMeningkatkan stats objek yang jarang dipakai supaya bisa menarik player untuk memakainya kembali

Alasan Nerf dan Buff Harus Ada di Sebuah  Game

Seperti yang sudah disebut, buff dan nerf ada untuk membuat dan mengatur kembali keseimbangan dengan game.

Tapi di sisi lain, tentunya kondisi yang baru ini akan membuat para pemain untuk menyesuaikan gameplay dari gamenya kembali. Lantas kenapa buff dan nerf harus ada?

Jawabannya ialah, ketika sebuah elemen pada game tidak seimbang, maka gameplay akan cenderung menjadi monoton.

Dan seperti yang kita tahu, game yang monoton kebanyakan hanya bertahan dalam jangka waktu singkat saja.

Nah, untuk membuat agar para pemain tidak cepat bosan, dilakukanlah perubahan-perubahan stats atau nerf dan buff tadi.

Bahkan untuk beberapa game yang sudah memiliki popularitas tinggi, buff dan nerf merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari gamenya. Hampir setiap pembaruan selalu ada.

Akhir Kata

Istilah nerf dan buff saya dapatkan ketika baru hobi main game RPG Seven Knight dulu (sekitar tahun 2015). Saat itu dua istilah ini secara umum masih belum populer. Sebelum akhirnya muncul game-game MOBA mobile yang populer.

Meskipun lebih umum ditemukan di game RPG, sebenarnya baik istilah buff atau nerf itu bisa berlaku pada semua game.

Misalnya game FPS seperti Valorant, ketika karakter ada perubahan skill, ini bisa disebut juga sebagai buff atau nerf.

Punya pertanyaan seputar kedua istilah ini? Atau ingin menanyakan istilah game lainnya yang belum diketahui? Kalau iya, langsung saja tulis di kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like