Mudah! Solusi Black Screen Game PC/Laptop (Layar Gelap)

Black Screen

Game Black Screen/Layar HitamGaming adalah hobi yang banyak disukai orang, karena sangat efektif untuk menghilangkan stres, penat, kebosanan, atau hanya sekedar mengulur waktu.

Main game juga tidak selamanya negatif seperti yang kebanyakan ditulis media-media sampai saat ini.

Banyak kok, manfaat yang bisa didapat dari main game. Contohnya, mendapat teman baru, meningkatkan respon pada otak, serta menghilangkan stres, penat, dan lainnya, seperti yang saya bilang tadi.

Salah Satu Masalah yang Kerap Terjadi, Saat Gaming di Komputer

Seperti yang kita tahu, bermain game itu bisa dilakukan di berbagai macam perangkat, seperti Android, iPhone, konsol, juga tidak terkecuali PC dan laptop.

Kebanyakan game di Android, biasanya sih jarang sekali ada masalah, karena gamegame tersebut didapat langsung dari Play Store. Pun pada game konsol, yang notabene tinggal langsung dimainkan saja.

Lain cerita kalau bicara game di PC atau laptop. Kadang ada saja masalah-masalah yang muncul, semacam error atau crash, yang malah bikin kepala tambah pusing.

Nah, salah satu error yang pernah saya temui, adalah error berupa black screen, blank screen, atau apa lah yang intinya layar komputer jadi menghitam.

Baca Juga: Cara Download PUBGM di Laptop/PC dengan Kontrol yang Gampang!

Cara Mengatasi Black Screen Game PC

Error black screen pada game di laptop atau PC yang berbasis Windows, terjadi ketika kita sedang membuka suatu game, lalu tidak muncul gambar apa-apa, tapi hanya keluar suara saja.

Dulu, saya pernah mengalami masalah ini, ketika sedang bermain Winning Eleven 9 di laptop lama saya.

Nah, nggak perlu berlarut pusing, saya punya cara dan tips agar game yang Anda mainkan bisa berjalan normal kembali.

Langsung saja yuk, kita bahas:

1. Pastikan Driver VGA Sudah Terinstal dengan Benar

Cek Driver VGA

Sebelumnya, saya bilang bahwa saya pernah mengalami blank screen saat bermain Winning Eleven 9 di laptop saya. Setelah saya cari masalahnya, ternyata sumber masalahnya itu ada di driver VGA yang belum terinstal.

Driver sendiri berfungsi sebagai pengemudi dari hardware. Dengan pengemudi, maka kendaraan akan berjalan dengan semestinya. Begitulah kira-kira.

Jika driver VGA tidak terinstal, dampaknya akan membuat game menjadi black screen, sehingga hanya suaranya saja yang bisa keluar.

Masalah black screen saya dulu teratasi setelah saya memperbarui dan mengistal driver VGA di laptop saya.

Baca Juga: Cara Menginstal Driver VGA AMD – Versi Terbaru.

2. Pastikan Spesifikasi PC/Laptop Memadai

Cara Cek Spek DXDIAG

Yang kedua, spesifikasi pada laptop atau PC, bukan hanya berpengaruh terhadap kelancaran bermain game saja, melainkan juga berpengaruh dengan kemungkinan error yang ada, karena bisa terjadi pada game yang dimainkan.

PC atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni dalam menjalankan suatu game, akan mengurangi resiko error, crash, serta black screen saat game dimainkan.

Nggak percaya? Kasus pengalaman saya ini mungkin bisa jadi buktinya:

  • Saya dulu pernah coba main game The Punisher di PC saya yang sudah tua. Akhirnya tidak keluar gambar apa-apa di sana, hanya suara.
  • Kedua, saya juga pernah main Just Cause 2 di laptop tua saya. Akhirnya pun sama, tidak keluar gambar apa-apa, bahkan suaranya pun tidak keluar.
  • Terakhir, saya pernah coba main FarCry 4 yang butuh minimal prosesornya Quad Core di PC saya yang dual core. Hasilnya? Layar black screen, meski suaranya keluar. Tapi ini bisa diatasi dengan dual core injector fix.

Intinya begitu, pastikan PC atau laptop memiliki spesifikasi yang memadai.

Baca Juga: Cara Mengatasi Game PC yang Nge-lag – Dijamin Lancar.

3. Pastikan File Sistem Sudah Terinstal

Install DirectX

Pada poin ketiga ini, saya merekomendasikan Anda untuk menginstal file sistem. Tujuannya demi mengurangi resiko error dan black screen yang mungkin saja terjadi.

File sistem pada Windows, contohnya meliputi Microsoft .NET, DirectX, dan Microsoft Visual Credist. Ini perlu diinstal untuk menghindari resiko error yang bisa terjadi.

Khusus untuk Microsoft Visual Credist, ada banyak versinya, mulai dari yang 2005 sampai yang terbaru. Nah, ini wajib Anda install semuanya.

4. Pastikan Game-nya Tidak Ada Bug (Rusak)

Mengecek Bug Game

Kerusakan black screen pada game juga bukan hanya dari faktor eksternal saja, tapi bisa juga dari faktor internal game itu sendiri.

Di beberapa kejadian, game yang corrupt akan mengalami layar blank, error dialog, sampai tidak bisa dibuka sama sekali.

Cara memastikannya sedikit sulit, tapi Anda bisa mencobanya dengan mengganti file game-nya dengan yang baru.

5. Pastikan Kompatibel Antara OS dan Game-nya

Mengecek Sistem Operasi

Beberapa game ada yang hanya mendukung sistem operasi baru saja, tapi tidak mendukung sistem operasi lama. Ada pula yang justru sebaliknya.

Bagaimana cara mengeceknya? Mudah, lihat system requirements game tersebut saja. Di sana akan terlihat sistem operasi apa saja yang didukung.

Game yang tidak kompatibel dengan OS-nya, tidak menutup kemungkinan akan terjadi black screen saat dimainkan.

Tapi poin 5 ini cukup jarang terjadi, kecuali hanya di gamegame yang sudah sangat lama, atau gamegame baru yang dimainkan di OS lama.

Akhir Kata

Begitulah cara untuk mengatasi game yang black screen, blank screen, atau layar hitam.

Kesimpulannya, silakan pastikan dulu kelima faktor diatas sudah terpenuhi. Dengan begitu, semoga saja error yang terjadi bisa normal kembali.

Kalau ada yang mau ditanyakan, kirim saja lewat komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like