4 Cara Mengatasi Template CapCut Tidak Muncul Dengan Mudah

CapCut Tidak Ada Template

Untuk mengedit video di HP, CapCut saat ini menjadi salah satu aplikasi yang populer.

Dengan fiturnya yang lengkap dan cara pemakaiannya yang mudah, membuat CapCut banyak disukai. Apalagi cukup banyak video-video viral di TikTok yang dibuat dari aplikasi CapCut.

Meskipun populer, bukan berarti CapCut selalu lancar. Ketika Anda sedang membukanya, bisa saja ada masalah tertentu yang muncul di aplikasi ini.

Salah satunya seperti template yang tidak muncul di aplikasi CapCut ketika kita ingin mengedit video. Ini yang akan saya bahas.

Cara Mengatasi Capcut yang Tidak Ada Template

Template yang tidak muncul di aplikasi CapCut sebenarnya merupakan masalah yang umum terjadi. Efek dari masalah ini, tentu akan membuat Anda tidak dapat menggunakan template yang seharusnya ada.

Berikut penyebab-penyebabnya:

  • Terjadi bug di sistem aplikasi CapCut
  • Penuhnya file sampah atau cache di aplikasi
  • Koneksi yang dipakai sedang kurang baik
  • Adanya kerusakan file aplikasi

Nah, untuk cara mengatasinya, berikut silakan ikuti langkah-langkah berikut satu-satu:

1. Buka Ulang Aplikasi CapCut

Buka Ulang Aplikasi CapCut

Ketika suatu fitur di aplikasi CapCut tidak berfungsi, termasuk juga template, ada kemungkinan sedang terjadi bug sistem di HP Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa coba tutup aplikasi CapCut. Kemudian coba jalankan kembali dan coba buka menu template lagi. Kalau hanya sebatas bug, seharusnya template CapCut akan langsung muncul.

2. Hapus Cache CapCut

Pilih Menu Hapus Cache CapCut

Semakin banyak Anda mengedit video di CapCut, akan membuat data cache menjadi semakin menumpuk.

Di aplikasi CapCut, hal ini dapat membuat masalah tertentu seperti fitur template yang menjadi tidak bisa muncul.

Solusinya Anda harus membersihkan data cache tersebut. Caranya mudah, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka pengaturan HP dulu.
  2. Selanjutnya pilih menu Aplikasi.
  3. Cari aplikasi CapCut.
  4. Kemudian ketuk menu Penyimpanan.
  5. Pilih Hapus Memori.
  6. Selesai.

3. Pastikan Internet Lancar

Cek Koneksi Internet untuk CapCut

Template di CapCut hanya bisa diakses kalau Anda tersambung ke internet. Oleh karena itu, internet Anda yang sedang bermasalah bisa membuat template CapCut menjadi tidak muncul.

Nah, di sini Anda bisa coba cek internet yang dipakai terlebih dulu, apakah sedang ada gangguan atau tidak. Untuk mengeceknya, Anda bisa membuka situs speedtest.

Atau cara kedua bisa juga dengan membuka aplikasi yang butuh penggunaan data cukup besar, seperti Instagram dan YouTube.

Catatan: Tidak munculnya template CapCut karena internet, biasanya akan memunculkan notifikasi Tidak Ada Koneksi Internet. Kalau tidak ada notifikasi, kemungkinan masalahnya bukan karena internet Anda.

4. Reinstall Aplikasi CapCut

Reinstall Aplikasi CapCut

Kalau sudah mencoba semua cara di atas, tapi masalah di CapCut masih berlanjut, sangat disarankan untuk memasang ulang aplikasinya.

Karena kemungkinan besar ada kerusakan file atau sistem yang error di aplikasi CapCut. Selain install ulang, Anda juga bisa perbarui versinya (kalau ada notifikasi Update).

Tapi kalau tidak ada versi terbaru dan Anda ingin memakai aplikasi CapCut dengan segera, Anda bisa melakukan install ulang. Dengan begitu, CapCut bisa Anda gunakan kembali seperti awal.

Baca Juga: Cara Mengubah Bahasa di Aplikasi CapCut

Akhir Kata

Demikian, itulah cara untuk mengatasi masalah CapCut yang tidak ada template. Solusinya cukup beragam, tergantung dari faktor penyebabnya.

Silakan Anda ikuti saja tips-tips yang sudah diberikan sebelumnya satu-satu. Kalau ada pertanyaan tertentu, silakan tulis saja di kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like