Mengenal dan Cara Melihat Draft Kiriman di Instagram

Cara Melihat Draft di Instagram

Buat yang biasa memakai Instagram, harusnya tahu atau setidaknya pernah dengar mengenai fitur Draft.

Fitur Draft ini cukup banyak digunakan. Dan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri untuk akun Instagram Anda.

Tapi bagi Anda yang mungkin belum tahu apa itu fitur Draft di Instagram, biasanya akan bingung dan kesulitan untuk bisa mengeceknya.

Nah, melalui artikel ini, saya akan menjelaskan apa itu fitur Draft di Instagram dan bagaimana cara untuk melihatnya.

Apa itu Draft Instagram?

Draft di Instagram adalah sebuah fitur yang bisa menyimpan bahan postingan Anda yang sudah dimodifikasi di IG, tapi tidak jadi di-upload.

Bahan postingan yang saya maksud di sini seperti foto, video, reel, story dan lain-lain sebagainya. Contoh, Anda ingin memposting foto dengan menambahkan efek filter.

Tapi sebelum foto tersebut Anda upload, Anda berubah pikiran dengan menekan tombol back. Nah, nantinya postingan tersebut akan masuk ke dalam draft.

Kelebihan fitur Draft IG ini ialah untuk memudahkan Anda menyimpan bahan postingan supaya tidak terhapus. Jadi kalau Anda ingin upload kembali, Anda tinggal membuka draft postingan tersebut saja.

Cara Melihat Draft di Instagram

Karena merupakan fitur bawaan, fitur draft ini bisa kita lihat dengan mudah. Fitur draft nantinya juga bisa kita kelola. Contoh postingan ingin dilanjut upload atau dihapus permanen.

Berikut pembahasan caranya.

1. Buka Fitur Post

Pilih Menu Post Instagram

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membuka aplikasi Instagram terlebih dulu. Kemudian Anda bisa membuka menu Post di Instagram atau ketuk icon tanda tambah (+).

Kalau sudah, Anda bisa pilih jenis postingan apa yang ingin Anda lihat draft-nya. Contoh di sini saya ingin melihat draft postingan foto atauvideo, maka saya memilih opsi Post.

Sedangkan kalau ingin melihat draft dari Story Instagram, maka Anda harus mengetuk opsi Story. Begitu juga untuk yang Reel.

Baca Juga: Cara Membuat Timer Kamera di Instagram

2. Pilih Tab Drafts

Pilih Tab Drafts Instagram

Selanjutnya Anda akan melihat beberapa foto terakhir dari galeri yang akan muncul di layar Instagram. Untuk di sini, Anda bisa langsung saja ketuk tab Drafts yang ada di bagian atas.

Kalau tidak muncul, menandakan akun Instagram Anda tidak memiliki draft foto atau video yang tidak jadi untuk diposting.

3. Ketuk Menu Manage

Pilih Menu Manage di IG

Kalau draft muncul dan sudah diketuk, nanti akan muncul beberapa foto atau video draft di layar Instagram Anda. Anda bisa pilih salah satu draft foto atau video untuk memodifikasinya kembali.

Tapi kalau ingin melihat semuanya, Anda harus mengetuk menu Manage.

4. Lihat Semua Draft

Cek Draft Instagram

Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman Drafts Instagram. Di halaman ini, Anda bisa mengelola drafts, seperti memodifikasinya kembali, mengupload postingan sampai menghapusnya.

Baca Juga: Mengenal dan Cara Menggunakan Fitur Close Friend Instagram

Bisakah Draft Instagram Dilihat Orang Lain?

Fitur Draft di Instagram bersifat privacy. Sehingga yang bisa melihat postingan tersebut hanya pemilik akun saja.

Sedangkan orang lain tidak akan bisa melihatnya. Kecuali, kalau bahan postingan yang ada di draft tersebut sebelumnya memang sudah Anda upload ke Instagram.

Akhir Kata

Nah, sekian penjelasan mengenai fitur Draft di Instagram dan cara untuk melihatnya.

Meskipun berguna, disarankan untuk hapus saja draft yang tidak penting menurut Anda, supaya resource dari aplikasi Instagram nantinya tidak terlalu besar.

Punya pertanyaan tentang fitur Draft di Instagram? Silakan kirim saja langsung ke kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like