Cara Ganti Foto Profil Yahoo

Cara Mengubah Foto Profil Yahoo

Saya ini termasuk pengguna lama email Yahoo. Terhitung sejak tahun 2009 saya punya email Yahoo aktif. Untuk kirim file, dan dulu juga cukup aktif di forum Yahoo Answer buat menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar komputer. 😀

Nah, secara fitur, Yahoo ini kurang lebih sama seperti yang email lainnya. Salah satunya, kita bisa mengatur foto profil sesuai keinginan.

Namun tiap beberapa tahun sekali, kadang-kadang Yahoo membuat perubahan tampilan, yang akhirnya membuat beberapa pengguna bingung “gimana sih cara mengubah foto profil Yahoo?”.

Apalagi bukan hanya tampilan saja yang berubah. Pembaruan juga biasanya disertai dengan hadirnya fitur-fitur baru.

Karena itu, di sini saya akan jelaskan panduannya.

Cara Mengubah Foto Profil di Yahoo

Foto profil di Yahoo, akan ditampilkan juga di beberapa platform Yahoo lainnya. Misalnya, di Yahoo Berita, Yahoo Answer, Yahoo Email, dan lain-lain.

Untuk mengubahnya, pastikan Anda punya akunnya terlebih dulu, ya. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan foto yang ingin Anda jadikan profil nantinya.

Sebagai gambaran di awal, kira-kira seperti inilah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengganti foto profil Yahoo:

  1. Silakan masuk dulu ke akun Yahoo Anda.
  2. Kemudian klik logo profil di bagian atas.
  3. Klik pengaturan.
  4. Setelah masuk ke halaman selanjutnya, klik icon foto profil.
  5. Pilih foto yang diinginkan.
  6. Selesai.

Supaya lebih jelas, akan saya bahas detailnya berikut ini:

Langkah 1. Pertama, silakan buka dulu halaman utama Yahoo. Di id.yahoo.com, kemudian klik Sign in untuk masuk ke dalam akun Anda.

Langkah 2. Kalau sudah, silakan Anda arahkan kursor, lalu ketuk bagian foto profil di atas. Maka akan muncul menu tambahan. Nah, silakan pilih opsi Pengaturan.

Langkah 3. Sekarang Anda sudah berpindah ke halaman pengaturan. Di sini, silakan klik kolom Profil untuk mengunggah foto yang akan dijadikan sebagai foto profil.

Langkah 4. Pilih foto profil yang Anda inginkan.

Langkah 5. Setelah foto berhasil diunggah, silakan atur ukurannya supaya sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda juga bisa melakukan rotasi foto dan lain sebagainya.

Kalau sudah, tinggal klik saja tombol Crop dan Simpan.

Dengan demikian, maka foto profil akun Yahoo Anda sudah berubah.

Untuk mengetesnya, coba buka halaman utama Yahoo. Maka di bagian atas nanti akan nampak fotonya.

Resolusi Gambar di Yahoo Supaya Tidak Perlu Crop

Pada pengaturan saat kita mengunggah foto di Yahoo, kita harus mengatur terlebih dulu resolusinya melalui fitur crop bukan? Sekarang gimana caranya supaya bisa full dari awal?

Nah, untuk fitur crop sendiri akan membuat foto yang tadinya berbentuk kotak (square) menjadi bulat.

Oleh karena itu, paling tidak kita hanya bisa memaksimalkan gambarnya saja, yakni dengan memastikan bahwa pada saat proses crop foto, objek yang kita inginkan bisa diambil.

Untuk masalah ini, maka pastikan resolusi foto yang kita upload, minimal 400x400px. Jangan terlalu rendah supaya hasil fotonya bisa jelas.

Solusi Ketika Foto Profil Tidak Terlihat Berubah

Untuk Anda yang sudah mengubah foto profil di Yahoo, tapi setelah dicek lagi ternyata masih tetap terlihat sama seperti gambar sebelumnya, maka hal ini biasanya disebabkan karena cache dari browser.

Solusinya, tentu saja kita mesti menghapus cache dari browser tersebut terlebih dahulu.

Karena browser itu ada banyak jenisnya, maka tiap browser tentu punya cara yang berbeda untuk menghapus cache-nya. Jadi, di sini saya akan membagikan langkah-langkahnya secara umum saja, ya.

Berikut langkah-langkah untuk menghapusnya:

  1. Silakan buka Pengaturan browser.
  2. Cari halaman Advanced.
  3. Kemudian klik Clear Data.
  4. Silakan hapus cache dari browser di sana.

Kalau sudah, tutup browser-nya, kemudian buka lagi. Silakan pergi ke halaman utama Yahoo untuk mengecek foto profilnya, apakah sudah berubah atau belum.

Untuk melakukan clear cache ini, Anda juga bisa searching lagi sesuai dengan browser yang Anda pakai.

Akhir Kata

Begitulah pembahasan mengenai cara mengubah foto profil Yahoo. Intinya gampang kok, walau secara tampilan suka berubah-ubah dari dulu.

Kalau masih bingung, coba tanyakan saja lewat komentar di bawah, ya. 😀

Semoga bermanfaat.

Upload Foto ke Internet? Gimana sih, Caranya?

2 comments
  1. halo, mau tanya. saya udah ubah profpict di yahoo saya beberapa kali, namun di penerima email masih profpict yang dulu, padahal sudah beberapa kali ganti foto. solusinya gmn ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Mengecek Versi BIOS
Baca Yuk!

Cara Cek Versi BIOS

Tidak banyak orang yang berpikir untuk mengecek versi BIOS. Padahal, dalam beberapa kondisi, mengecek versi BIOS ini bisa…
Cara Setting Memu Supaya Tidak Lag
Baca Yuk!

Cara Setting Memu

Memu ini adalah salah satu rekomendasi emulator Android yang menurut saya wajib dicoba. Gimana nggak? Memu punya banyak…