Cara Install dan Menggunakan Epic Games di PC / Laptop

Cara Memakai Epic Games

Epic Games adalah salah satu platform yang menyediakan banyak game di dalamnya. Kalau Anda sudah mengenal aplikasi Steam, platform ini kurang lebihnya sama.

Hanya saja, setiap platform game biasanya memiliki game eksklusifnya masing-masing. Contohnya game yang ada di Epic Games, tidak ada di Steam.

Begitu juga sebaliknya, game yang ada di Steam bisa saja tidak ada di Epic Games.

Untuk orang-orang yang biasa main game, selain memiliki Steam, disarankan juga harus menginstall Epic Games. Tujuannya supaya kita bisa memainkan game-game yang eksklusif tersebut.

Nah, untuk Anda yang tertarik, ingin mencoba Epic Games tapi masih belum tahu caranya, berikut akan saya bahas. Mulai dari proses install launcher sampai mendonwload game yang ingin dimainkan.

Cara Menggunakan Epic Games

Untuk yang terbiasa menggunakan Steam, harusnya nanti tidak akan bingung ketika ingin menggunakan Epic Games.

Yang perlu dicatat, Epic Games ini adalah platform yang hanya bisa diakses menggunakan koneksi internet.

Untuk langkah-langkah penggunaannya, Anda bisa langsung ikuti panduan berikut ini:

1. Install Launcher

Pasang Epic Games Launcher

Pertama silakan Anda download file Launcher Epic Games terlebih dulu. Launcher ini bisa Anda dapatkan langsung melalui situs resmi Epic Games.

Setelah launcher tersebut Anda simpan, silakan langsung saja install. Cara memasangnya sendiri seperti biasa, yaitu dengan menekan klik kanan file launcher, kemudian menekan tombol Install.

Selanjutnya silakan lakukan proses instalasi seperti aplikasi pada umumnya. Sedikit tambahan, ukuran file launcher Epic Games sendiri sebesar 150 MB.

Dan ukuran instalasi ini bisa berubah-ubah tergantung dari update Epic Games. Kemudian selesai Epic Games dipasang, Anda juga harus men-download resource data. Ukurannya sendiri sekitar 600 MB.

2. Buat Akun Epic Games

Sign in ke Akun Epic Games

Kemudian kalau semua proses download Epic Games berhasil, Anda bisa langsung membuat akun.

Untuk membuat akun Epic Games, Anda bisa memakai beberapa opsi. Mulai dari Facebook, XBOX Live, Apple dan lain-lain. Kalau Anda pernah membuat akun Steam sebelumnya, akun tersebut bahkan juga bisa dipakai nantinya.

Khusus di sini saya akan pakai via Google. Karena kebetulan untuk saya pribadi lebih simpel dengan gmail. Kalau Anda ingin memakai akun Google juga, Anda bisa klik opsi Sign In With Google.

Selanjutnya situs Epic Games akan langsung terbuka di browser. Anda bisa langsung saja login akun Google di situs Epic Games tersebut.

Sedangkan untuk metode login lainnya, Anda bisa sesuaikan sendiri. Cukup ikuti langkah-langkah yang diberikan saja.

3. Cari Game yang Diinginkan

Cari Game Lewat Epic Games

Setelah berhasil login ke akun Epic Games, Anda bisa mencari game apa yang ingin dimainkan. Sebagai contoh di sini saya akan memasang game gratis di Epic Games, yaitu Fall Guys.

Untuk mencari game, Anda bisa klik tab Browse dan ketikkan nama game di kolom pencarian. Kalau sudah, tekan Enter untuk mulai pencarian game.

Nantinya game yang Anda cari akan muncul. Anda bisa klik terlebih dulu untuk mendapatkan review game dan melanjutkan proses pemasangannya.

4. Install Game yang Diinginkan

Install Game yang Diinginkan

Kalau sudah menemukan game yang ingin Anda install, silakan tekan tombol Get untuk memulai proses pemasangan.

Kalau sudah, silakan tunggu beberapa saat. Nanti Anda akan melihat prosesnya di bagian kanan bawah. Di sini pastikan koneksi internet yang digunakan stabil supaya hasil download tidak rusak / corrupt.

5. Cek Library Game

Cek Library Game

Terakhir, Anda tinggal periksa Library untuk melihat game yang sudah ditambahkan sebelumnya.

Sebagai contoh gambar di atas, Anda bisa melihat game Fall Guys yang saya tambah. Karena sedang proses download, game tersebut berstatus installing.

Semua game yang Anda tambah nantinya, akan masuk ke menu Library ini. Selain itu, kalau Anda belum melakukan konfirmasi pemasangan, konfirmasi tersebut bisa Anda lakukan melalui menu ini.

Akhir Kata

Demikian panduan untuk menggunakan Epic Games. Penjelasan saya di sini hanya untuk penggunaan dasarnya saja.

Tentunya masih banyak juga fitur-fitur lain yang nantinya bisa Anda coba. Anda cukup langsung tes saja fitur-fitur tersebut sesuai keinginan.

Kalau ada yang masih kurang Anda pahami, silakan tanya saja lewat kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Pengertian Suhu dan Mastah
Baca Yuk!

Arti Suhu & Mastah

Suhu dan mastah. Anda mungkin pernah mendengar kedua istilah ini bukan? Dua kata ini mungkin pernah kita dengar…