Cara Mengunci Akun Twitter agar Tidak Bisa Dilihat Orang

Cara Kunci Akun Twitter

Twitter adalah salah satu sosial media yang memiliki banyak fitur. Mulai dari bisa menghapus follower hingga mengunci akun Twitter.

Fitur kunci akun Twitter ini sekarang cukup umum dipakai. Terutama bagi mereka yang tidak ingin profilnya dilihat orang lain.

Lalu bagaimana sih cara mengunci akun Twitter? Berikut akan saya jelaskan langkah-langkahnya.

Perbedaan Akun Twitter Dikunci dan Tidak Dikunci

Beda Akun Twitter Dikunci dan Tidak

Sebelumnya kita bahas sedikit dulu perbedaan dari akun Twitter yang dikunci serta yang tidak terkunci.

Biasanya, akun Twitter yang dikunci akan memiliki icon gembok di samping nama akun. Selain itu, Anda juga tidak bisa melihat isi tweet dari akun yang terkunci, kecuali sudah mengikutinya.

Sedangkan kalau akun tidak dikunci, tentunya tidak ada icon gembok. Juga Anda bisa melihat semua isi tweet yang ada dari akun Twitter itu tanpa harus mengikutinya terlebih dulu.

Cara Mengunci Akun Twitter

Fitur kunci akun Twitter bisa Anda aktifkan dan matikan sesuai keinginan. Karena tidak ada peraturan khusus untuk memakainya. Berikut cara mengunci akun Twitter:

1. Pertama, silakan buka aplikasi Twitter.

2. Kemudian ketuk foto profil.

Menu Foto Profil Twitter

3. Setelah itu scroll ke bawah, lalu ketuk Pengaturan dan Privasi.

Menu Pengaturan dan Privasi Twitter

4. Pilih pengaturan Privasi dan Keamanan.

Opsi Privasi dan Keamanan Twitter

5. Ketuk Audiens dan Penandaan.

Opsi Audiens dan Penandaan

6. Aktifkan toggle di menu Lindungi Tweet Anda.

Mengaktifkan Kunci Akun Twitter

7. Terakhir, silakan masuk ke profil akun Twitter yang dimiliki dan pastikan akun sudah muncul icon gembok di samping nama.

Contoh Akun Twitter Terkunci

8. Selesai.

Kalau Anda ingin menonaktifkannya kembali fitur tersebut, silakan ulangi langkah-langkah di atas. Setelah itu geser toggle di menu Lindungi Tweet Anda ke kiri untuk mematikannya.

Baca Juga: Cara Melihat Trending Twitter

Fungsi Mengunci Akun Twitter

Mengunci akun Twitter sebenarnya memiliki banyak fungsi. Terutama kalau Anda tidak ingin akun dilihat orang lain (selain followers). Berikut fungsi-fungsi mengunci akun Twitter:

1. Membuat Akun Jadi Private

Mengunci akun Twitter berarti mengubah aksesnya dari public menjadi private. Sehingga hanya orang yang memiliki akses atau mengikuti akun Twitter saja yang tahu aktivitas Anda.

Sedangkan kalau akun Twitter Anda tidak terkunci atau aksesnya masih public, semua pengguna Twitter bisa melihat aktivitas Anda. Bahkan yang tidak Anda kenal sekalipun.

2. Membatasi Followers

Selanjutnya, dengan mengaktifkan fitur kunci akun Twitter, secara otomatis Anda bisa membatasi pengguna Twitter lain yang ingin menjadi follower.

Alasannya karena orang yang ingin menjadi follower, harus Anda konfirmasi terlebih dulu. Sehingga Anda bisa menyeleksi siapa orang yang bisa mengikuti akun Twitter Anda.

Fitur follow ini juga memiliki menu tolak. Jadi kalau ada orang yang ingin mengikuti akun Anda, Anda juga bisa menolaknya kalau mau.

3. Membuat Akun Lebih Aman

Akun yang memiliki akses terbatas, secara otomatis juga aktivitasnya tidak akan banyak dilihat orang. Kecuali dari followers akunnya saja.

Karena itu, secara langsung maupun tidak langsung hal ini bisa membuat akun Anda menjadi lebih aman.

Baca Juga: Mengenal Shadowban Twitter

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai cara mengunci akun Twitter yang bisa Anda ikuti. Sekali lagi, mengunci akun Twitter berarti mengubah akses akun Twitter Anda.

Yang mulanya dari akses publik, menjadi akses private. Sehingga membuat aktivitas Anda di Twitter (seperti tweet, komentar dan sejenisnya) jadi tidak bisa dilihat, kecuali oleh followers saja.

Jangan ragu untuk bertanya kalau memang ada yang masih bingung. Tulis saja melalui kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like