Cara Mengecek Kerusakan HP Xiaomi

Cara Cek Kerusakan Xiaomi

Membeli HP bekas, memang bisa membawa keuntungan tersendiri. Contohnya seperti:

  • Lebih murah (pastinya).
  • Dengan dana yang sama, bisa mendapat spesifikasi yang lebih tinggi.
  • Bisa dapat bonus yang mungkin nggak didapatkan kalau beli baru.

Namun buat Anda yang ingin membeli HP bekas, tentunya harus lebih teliti. Karena kita nggak tahu, apakah HP tersebut masih normal atau tidak.

Tentunya ini berlaku untuk semua HP, ya.

Namun khusus untuk pengguna HP Xiaomi, Anda nggak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengecek kerusakan HP Xiaomi. Contohnya seperti yang ingin saya bahas di sini.

Cara Mengecek Kerusakan HP Xiaomi

Mengecek Xiaomi rusak atau tidak, sebenarnya mudah, kok, asal Anda tahu caranya. Ditambah lagi, ada semacam aplikasi tertentu, yang juga bisa kita pakai menggunakan kode rahasia (tanpa root).

Cara-cara ini, tentunya bisa diterapkan di semua HP Xiaomi. Mulai dari Redmi 3, Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 5A, Redmi Note 5, Redmi Note 7, dan masih banyak lagi.

Berikut ulasannya:

1. Cek Bagian Body HP

Cek Body Xiaomi Normal Atau Tidak

Saat ingin membeli HP Xiaomi, yang pertama kali wajib Anda cek terlebih dahulu adalah bagian body HP tersebut.

Kenapa? Karena bukan tidak mungkin, kerusakan sedikit saja pada body, bisa menyebar ke bagian lain, lho. Contohnya, fungsi layar, atau bahkan kamera.

Berikut ini bagian fisik HP yang perlu Anda cek:

  • LCD: LCD HP harus dalam keadaan bersih. Jangan ada retak, apalagi pecah. Pastikan fungsi touchscreen-nya juga harus masih normal, ya.
  • Body: Body HP sebisa mungkin tidak terdapat retak atau pecah. Namun jika hanya lecet pemakaian, itu masih wajar.
  • Tombol: Tombol HP saat ditekan juga sebaiknya masih normal. Maksud normal di sini adalah tidak keras, atau copot (kadang ada yang begini).
  • Kamera: Kamera adalah fitur penting dalam HP. Pastikan lensa kamera tidak terdapat lecet, apalagi ada retak.

Kemudian sebagai saran, lebih baik jangan Ambil HP yang segelnya sudah dibuka. Termasuk juga pada HP Xiaomi. Pastikan segel pada casing masih utuh dan tidak rusak.

Hal tersebut bertujuan, supaya kalau misalnya tiba-tiba ada kerusakan, HP tersebut bisa langsung diperbaiki ke service center resmi.

Baca Juga: Begini Cara Mengubah Keyboard Bawaan + Tema dari HP Xiaomi (Lengkap).

2. Cek HP Xiaomi Menggunakan Mode Engineering (Kode Rahasia)

Kode Rahasia Xiaomi

Setelah cek body luar, selanjutnya kita lanjut cek memakai mode engineering. Metode engineering ini diakses melalui kode rahasia, seperti yang sempat saya sebut sebelumnya.

Pada mode engineering, Anda bisa mengecek berbagai kondisi komponen pada HP, apakah masih normal atau tidak.

Bagian apa saja yang dicek di sini? Lengkap, lho. Mulai dari LCD sampai sensor-sensor yang ada pada HP.

Lebih dari itu, kode ini juga tentunya sudah support di semua HP Xiaomi.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuka mode engineering:

  1. Buka menu Dial Pad di HP Xiaomi Anda.
  2. Setelah itu, silakan masukkan kode *#*#64663#*#*.
  3. Anda tidak perlu menekan tombol panggil, nanti akan HP akan mendeteksi secara otomatis kode rahasia tersebut.
  4. Setelah itu, akan muncul mode Engineering yang bisa dipakai untuk mengecek komponen Xiaomi.
Kode cek tes xiaomi

Setelah menu engineering muncul, Anda akan mendapati banyak sekali pilihan komponen-komponen apa saja yang bisa diperiksa.

Anda nggak perlu bingung harus mulai dari mana. Lagi pula, sebenarnya hanya cek bagian yang penting-pentingnya saja pun tidak masalah.

Berikut panduannya:

Cara cek Xiaomi rusak
  • Keypad: Berfungsi untuk mengecek fungsi tombol pada HP Xiaomi. Tombol ini termasuk Power, Volume Up, Volume Down, Menu, Home, dan Back.
  • Backlight: Berfungsi untuk mengecek apakah layar bisa meredup atau tidak. Ini penting, karena Backlight tersebut erat kaitannya dengan kecerahan pada layar (masih normal atau tidak).
  • LCD: Adalah tester untuk mengecek warna pada layar. Cara kerjanya yaitu dengan menampilkan warna merah, hijau dan biru. Pastikan semuanya normal.

Tambahan: Cara Cek Touchscreen Xiaomi.

  • Touchpal: Touchpal ini berfungsi untuk mengecek apakah layar sentuh punya error atau tidak.

    Melalui Touchpal, Anda akan diperintahkan untuk menggeser jari Anda dari salah satu sisi layar ke sisi yang lainnya, secara keseluruhan.

    Touchpal ini tes yang wajib Anda lakukan. Karena jika gagal saat tes, itu berarti touchscreen-nya ada yang rusak.
  • LED Indicator: Berfungsi untuk mengecek indikator (lampu notifikasi) pada bagian body HP Xiaomi. Buat beberapa orang, fitur ini cukup penting. Jadi, pastikan menyala, kecuali jika Anda memang tidak membutuhkannya.
  • Battery: Nah, ini sangat penting. Di pengecekan baterai ini, Anda akan diminta untuk menyambungkan kabel USB ke HP Xiaomi tersebut, untuk dicek apakah masih normal atau tidak.
  • Bluetooth: Di pengecekan Bluetooth, HP akan secara otomatis mendeteksi apakah ada error terkait Bluetooth atau tidak. Jadi, cukup klik saja.
  • GPS: Sama seperti Bluetooth, pengecekan GPS akan dilakukan secara otomatis. Jika Anda tidak melihat ada masalah pada hasil tes, tutup menunya.
  • Speaker: Pada testing Speaker di HP Xiaomi, Anda akan diberi sekitar 3 atau 4 jenis suara yang berbeda-beda, yakni suara percakapan, ringtone, dan musik.

    Pastikan seluruh suara yang keluar dari speaker normal dan tidak pecah-pecah, karena efeknya bisa berpengaruh ke jelas tidaknya suara pada saat telepon nantinya.
  • Proxymity Sensor: Berfungsi untuk mendeteksi pergerakan pada HP Xiaomi yang bisa membuat HP jadi mati secara otomatis. Misal, saat mengangkat telepon, layar jadi mati.
  • Gyro Sensor: Berfungsi untuk mendeteksi pergerakan sekaligus perubahan layar pada HP Xiaomi.

    Misalnya, HP dimiringkan ke kanan, otomatis layar akan berubah jadi mode landscape. Sebaliknya, saat HP diarahkan ke atas, maka layar akan berubah jadi mode portrait.
  • MiuiMainCamera dan FrontCamera: Berfungsi untuk mengecek kamera pada HP Xiaomi (depan belakang), masih normal atau tidak.

    Pastikan saat pengetesan, gambar pada kamera tidak ada yang aneh atau error. Ini penting, soalnya banyak sekali orang yang mengalami kamera mereka error dan tidak bisa dibuka.
  • Headset: Terakhir Headset. Lakukan tes headset di sini, untuk mengecek apakah port-nya masih normal atau tidak.

3. Cek Jaringan HP Xiaomi Anda

Menu Home Xiaomi

Nah, terakhir cek jaringan. Sebenarnya, pengecekan jaringan menggunakan cara cek di atas juga sudah ada, namun kenapa tidak saya bahas di sana?

Alasannya, karena mengecek menggunakan cara manual, menurut saya lebih efektif. Dengan mengeceknya secara manual, kita bisa mengetes secara lebih pasti, apakah ada masalah terkait jaringan atau tidak.

Untuk HP Xiaomi, ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Kartu SIM: Pastikan kedua slot kartu SIM masih terbaca. Terutama SIM 1, karena sinyal utama ada pada SIM 1.
  • WiFi: Coba sambungkan HP ke WiFi (bisa pakai Hotspot dari HP lain). Tujuannya untuk mengecek, apakah ada error pada WiFi atau tidak (tidak bisa tersambung misalnya).
  • Sinyal: Pastikan sinyal masih muncul. Tidak lemah, muncul hilang, apalagi sama sekali tidak ada sinyal. Ini penting, karena jika ada yang rusak, masalah sinyal sulit diperbaiki lagi.
  • IMEI: Terakhir, IMEI. Pastikan IMEI-nya masih terbaca dengan baik. Untuk HP Xiaomi, silakan baca Cara Cek IMEI Xiaomi. Di sana sudah saya bahas sangat lengkap.

Jika sudah, lakukan juga tes internet. Pastikan proses browsing lancar dan tidak ada kendala. Tes juga telepon dan SMS, supaya HP benar-benar bisa dipastikan normal.

Akhir Kata

Sepertinya, 3 cara di atas sajalah yang bisa saya bagikan, untuk mengecek kerusakan HP Xiaomi.

Ketiga cara tersebut, bisa saya bilang akurat, karena proses pengecekannya dilakukan secara keseluruhan, mulai dari body, sinyal, dan komponen.

Nah, untuk Anda yang sudah lumayan pro atau paham seputar elektronik, Anda bisa menggunakan multitester untuk mengecek voltase pada HP, atau lebih tepatnya pada baterai dan konektornya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like