Jadwal FYP TikTok

Jadwal dan Jam FYP TikTok

Memperhatikan waktu yang tepat untuk upload konten di TikTok merupakan salah satu cara supaya konten Anda bisa masuk FYP.

Kalau konten Anda sudah masuk FYP, maka peluang untuk mendapatkan banyak like dan followers di TikTok juga semakin besar.

Bicara mengenai FYP, Anda sudah tahu artinya? Kalau belum, yuk cek pengertian FYP dan jadwal upload konten TikTok yang tepat agar masuk FYP di artikel ini.

Apa itu FYP TikTok?

FYP adalah singkatan dari For Your Page. Yaitu istilah untuk menyebut konten yang ditampilkan di beranda utama para pengguna akun TikTok.

Jenis tayangan yang mendapat FYP ialah konten viral dan trending di TikTok. Untuk konten yang dipilih, umumnya TikTok akan memilihnya secara random berdasarkan views serta like.

Karena masuk ke halaman utama, konten yang masuk FYP biasanya akan mendapatkan puluhan ribu views dalam waktu singkat, dan bisa meningkatkan like dan followers.

Jam dan Jadwal TikTok Agar Masuk FYP

Agar video TikTok bisa masuk ke FYP, kita harus upload konten di jam 12.00 – 13.00 siang, jam 16.00 sore, dan jam 19.00 – 22.00 malam. Jam-jam ini merupakan waktu dimana orang-orang sering membuka aplikasi TikTok.

Berikut rekomendasi jadwal serta jam FYP TikTok berdasarkan hari:

  • Senin: Jam 12.00 – 13.00 siang, jam 19.00 – 21.00 malam
  • Selasa: Jam 12.00 – 13.00 siang, jam 19.00 – 21.00 malam
  • Rabu: Jam 12.00 – 13.00 siang, 15.00 – 16.00 sore dan 19.00 – 21.00 malam
  • Kamis: Jam 12.00 – 13.00 siang, 15.00 – 16.00 sore dan 19.00 – 22.00 malam
  • Jum’at: Jam 11.00 – 13.00 siang, 15.00 – 16.00 sore dan 19.00 – 22.00 malam
  • Sabtu: Jam 9.00 pagi dan 12.00 siang
  • Minggu: Jam 7.00 – 9.00 pagi – 19.00 – 22.00 malam

Senin

Senin merupakan awal hari dalam seMinggu untuk memulai aktivitas, seperti kerja, sekolah dan kuliah. Maka dari itu, disarankan untuk tidak posting konten di pagi hari.

Sedangkan waktu yang disarankan, sekitar jam 12.00 – 13.00 siang. Biasanya pada waktu tersebut sering dipakai untuk istirahat makan siang.

Untuk malam kurang disarankan, karena biasanya dipakai untuk istirahat. Tapi Anda bisa juga upload di waktu 19.00 sampai 21.00 malam kalau ingin.

Selasa

Hari Selasa kurang lebih tidak jauh dengan hari Senin. Produktivitas masih berlangsung. Sehingga jam 12.00 – 13.00 siang adalah yang paling tepat.

Selasa sore kurang disarankan. Karena di jadwal ini orang cenderung tidak banyak yang mencari hiburan.

Untuk malam Anda bisa upload di jam 19.00 sampai 21.00 malam. Di hari Selasa malam kebanyakan orang sering online di HP.

Rabu

Umumnya Rabu menjadi hari yang memberikan cukup banyak waktu luang. Maka dari itulah banyak orang yang mulai memanfaatkannya untuk menghibur diri, salah satunya dengan membuka TikTok.

Meskipun luang, tapi Rabu masih menjadi hari kerja. Sehingga Anda perlu menyesuaikan waktu yang tepat untuk upload konten.

Di hari Rabu, Anda bisa posting konten pada jam 12.00 siang pada saat mendekati jam istirahat. Selain itu, jam 15.000 sore dan 19.00 malam juga jadi waktu yang tepat, karena merupakan waktu istirahat.

Kamis

Karena sudah mendekati hari libur, maka banyak orang yang sedikit santai pekerjaannya di hari Kamis.

Anda bisa posting konten TikTok di jam 12.00 – 13.00 siang saat istirahat kerja. Kalau Anda tidak sempat, maka bisa pilih jam 15.00 – 16.00 sore ketika sudah mendekati jam pulang kerja.

Jam 19.00 – 22.00 malam juga jadi waktu yang tepat. Di hari Kamis banyak orang yang online di jam ini.

Jumat

Menjadi hari terakhir untuk beraktivitas, membuat orang-orang memiliki banyak waktu luang.

Jam terbaik untuk upload konten TikTok di hari Jumat ialah jam 11.00 siang, dan jam 13.00 (hindari jam 12.00 siang, karena tidak banyak yang online).

Kemudian jadwal lainnya, bisa juga pilih jam 15.00 – jam 16.00 sore saat pulang kerja, dan jam 19.00 – 22.00 saat jam istirahat.

Sabtu

Memasuki hari weekend pertama biasanya dipakai untuk beristirahat lebih lama. Maka dari itu, Anda sudah bisa mulai upload konten di jam 9.00 pagi.

Selain itu, Anda juga bisa posting konten TikTok di jam 12.00 siang. Alasannya karena pada jam tersebut banyak orang yang mulai beraktivitas di sosial media.

Kurang disarankan untuk upload konten di Sabtu malam. Karena di waktu tersebut sering dimanfaatkan sebagian orang untuk keluar rumah.

Minggu

Hari Minggu ialah hari libur. Karena itu, di hari ini sebagian besar orang menghabiskan waktunya untuk bermain sosial media.

Untuk waktunya, Anda bisa upload konten mulai dari jam 7.00 pagi sampai 20.00 malam. Anda bisa memanfaatkannya dengan upload beberapa konten di hari Minggu untuk meningkatkan peluang masuk FYP.

Nah, lewat jam 20.00 malam kurang direkomendasikan, karena biasanya dipakai istirahat untuk menghemat energi memulai aktivitas kembali di hari Senin.

Cara Mencari Jadwal FYP Sendiri

Cari Jadwal FYP TikTok Sendiri

Selain memperhatikan hal di atas, Anda juga perlu mengamati identitas viewers dari konten di akun TikTok. Contohnya seperti mengetahui usia dan lokasi.

Hal ini penting untuk dilakukan, karena tidak semua usia dan lokasi pengguna TikTok bisa menonton konten yang Anda buat.

1. Ketahui Usia Penonton

Pastikan Anda mengetahui usia penonton yang ditargetkan untuk melihat konten. Misalnya Anda membuat konten yang membahas hal terkait digital.

Maka sasaran usia target yang pas adalah viewers di umur 16 tahun ke atas. Pada umur ini, Anda sesuaikan kesibukannya dan cari waktu luang mereka.

Setelah tahu waktu luang mereka, pakai jam tersebut untuk upload konten di TikTok.

2. Ketahui Lokasi Penonton

Di Indonesia waktunya terbagi menjadi 3, yaitu WIB, WIT dan WITA. Karena setiap bagiannya berbeda waktu, maka Anda bisa sesuaikan dengan lokasi viewers terbanyak.

Misalnya viewers terbanyak Anda ada di daerah Bali (WITA), sedangkan lokasi Anda di Jawa Barat (WIB). Maka disarankan untuk upload konten sesuai waktu di daerah Bali.

Selain TikTok, Sudah Menggunakan Telegram Juga?

Hal-Hal yang Mempengaruhi FYP

Hal yang Pengaruhi FYP TikTok

Ada beberapa hal lain yang menjadi indikator sebuah konten bisa masuk FYP di TikTok. Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan:

#1. Trend

Pertama, Anda bisa membuat konten yang sedang trend. Contohnya TikTok sering mengadakan challenge untuk membuat jenis konten tertentu.

Nah, coba ikuti challenge tersebut. Dengan ini biasanya kemungkinan masuk FYP akan jadi cukup tinggi.

#2. Caption

Setelah menentukan tema konten, jangan lupa untuk memberikan caption yang relevan (sesuai dengan isi video).

Tapi disarankan juga jangan memberikan caption terlalu panjang. Karena bisa menghalangi video di konten TikTok Anda.

#3. Keunikan Konten

Meskipun Anda terinspirasi oleh konten seseorang dan mengambil tema yang sama, tetap pastikan konten memiliki sisi keunikan.

Nah keunikannya ini bisa Anda explore dari fitur yang tersedia di aplikasi TikTok sebelum publish konten. Misalnya seperti menambahkan filter, teks tertentu dan sebagainya.

#4. Hashtag

Anda wajib memakai hashtag yang relevan sesuai isi konten. Kalau Anda buat konten challenge, maka ikuti hashtag sesuai panduan challenge-nya.

Jangan lupa juga untuk memasukkan hashtag #fyp untuk meningkatkan peluang konten Anda terpilih masuk ke FYP TikTok.

#5. Ketahui Hari Santai Penonton

Nah, terakhir ketahui hari santai dari penonton Anda. Seperti yang sudah dibahas tadi, tentunya Sabtu dan Minggu adalah jadwal yang tepat untuk membuat banyak konten.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan hari libur nasional.

Akhir Kata

Dengan adanya jadwal FYP di TikTok, akan membuat konten yang dibuat jadi lebih tinggi peluangnya untuk masuk ke beranda utama.

Dan selain jadwal, jangan lupa juga ikuti tips-tips seperti yang sudah dijelaskan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like