Daftar Kode Reset Samsung

Kode Reset Samsung

Beberapa dari Anda, mungkin pernah mendengar istilah kode rahasia pada smartphone Android. Kode semacam ini, saat ini sudah tersedia di berbagai merk HP.

Nah, Samsung merupakan salah satu vendor yang sudah mendukung fitur ini pada HP-HP keluarannya.

Kode Rahasia di HP Samsung

Berkaitan dengan kode rahasia di HP Samsung, sejatinya saat ini sudah banyak sekali informasi yang tersebar di internet, tentang kode-kode ini.

Variasi kode tersebut sangat beragam, dan punya fungsinya masing-masing. Di antaranya meliputi:

  • Kode reset HP Samsung.
  • Kode untuk melihat nomor IMEI.
  • Kode untuk mengecek kondisi dari komponen-komponen HP.
  • Kode untuk mengetahui informasi spesifikasi HP.
  • Kode rahasia untuk jaringan.
  • Dan masih banyak lagi.

Nah, pada pembahasan kali ini, kita tidak akan membahas seluruh kode tersebut sekaligus, melainkan hanya pada salah satu kode saja, tepatnya kode untuk melakukan reset HP.

Baca juga: Cara Membersihkan Memori Internal HP Sampai Lega Lagi

Kode Reset HP Samsung

Meskipun kode rahasia HP Samsung sudah tersebar banyak di internet, sayangnya masih sedikit orang yang mau membahas/membagikan informasi mengenai kode reset ini secara khusus.

Padahal, kode ini jelas punya peranan yang penting, lho. Sebab, dengan menggunakan kode tersebut, tentu bisa mempersingkat waktu dalam proses reset, dibandingkan dengan menggunakan metode lain.

Iya. Perannya memang sebagai shortcut alias jalan pintas. Kita hanya perlu memasukkan kodenya, menekan tombol dial, maka proses reset pun akan langsung dimulai.

Apakah Kode Reset Hanya Berlaku di HP Samsung Berbasis Sistem Operasi Android?

Jawabannya, tidak.

Kode rahasia untuk reset ini sebenarnya dibagi menjadi beberapa bagian, yakni kode reset HP Samsung non Android dan kode reset Samsung berbasis Android, yang mana keduanya punya kode serta cara reset yang berbeda.

Mengingat penggunaan HP non Android yang kini sudah semakin jarang, maka pembahasan kali ini akan lebih kita arahkan untuk membahas lebih detail mengenai kode rahasia reset pabrik untuk HP Samsung berbasis Android.

Berapa Kodenya?

Samsung menyediakan 2 variasi kode di ponsel-ponsel Androidnya, di mana kedua kode tersebut masih berkaitan dengan keperluan reset HP. Berikut kodenya:

Peruntukan KodeKode Rahasia yang Harus Dimasukkan
Hard reset*2767*3855#
Factory reset*#*#7780#*#*

Pertanyaannya sekarang, apa sih perbedaan mendasar antara hard reset dengan factory reset?

Hard reset: Berfungsi untuk memformat firmware, menghapus seluruh data di internal memori, menghapus seluruh pengaturan yang tersimpan di HP Samsung. Intinya me-reset HP secara keseluruhan dan lebih mendalam.

Factory reset: Menghapus data dan pengaturan yang tersimpan di HP Samsung. Contohnya, kontak, setting aplikasi, menghapus akun yang ter-login, dan sebagainya.

Nah, seperti itulah kurang lebih perbedaan antara kedua macam reset ini. Semoga cukup dipahami, ya.

Oh ya, ngomong-ngomong, kalau kode tersebut ternyata nggak work, maka Anda bisa juga mencoba kode berikut ini:

* 2767 * 2878#

Cara Menggunakan Kode Reset Samsung

Menggunakan kode reset HP di atas sangat mudah, lho. Anda hanya perlu langsung men-dial kodenya saja, sama seperti ketika ingin menelfon nomor tertentu.

Namun sebelum itu, penting buat Anda mencadangkan (backup) data-data penting di HP Anda terlebih dahulu.

Kenapa? Alasannya karena setelah HP di-reset, maka seluruh data yang ada di HP tersebut akan hilang terhapus.

Oleh karena itu, Anda bisa memindahkan data-data penting, baik itu berupa foto, video, file dokumen, dan sebagainya ke media penyimpanan lain, seperti memori eksternal atau flashdisk.

Selain itu, Anda juga bisa mencadangkan riwayat chat WhatsApp ke Google Drive. Demikian pula dengan data kontak yang ada.

Intinya, silakan Anda amankan terlebih dahulu semua data yang Anda anggap penting dari HP Anda tersebut.

Setelah semua data dicadangkan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan baterai masih cukup, setidaknya ada 40%. Lebih banyak tentu lebih baik.
  • Buka aplikasi Dial Phone/Phone dari menu utama.
  • Masukkan salah satu kode reset di atas, sesuai dengan keperluan Anda.
  • Setelah selesai mengetik kode tersebut, biasanya HP akan langsung merespon. Namun kalau tidak ada respon, silakan tekan tombol dial/panggil.
Cara reset samsung
  • Terakhir, tunggu proses reset-nya sampai selesai. Biasanya HP akan otomatis me-restart.

Ingat! Sekali lagi gunakan dengan hati-hati. Pastikan data yang tersimpan di HP sudah ter-backup, khususnya data-data yang penting. Karena jika sampai terhapus, maka akan sulit untuk dikembalikan lagi, sekalipun menggunakan aplikasi-aplikasi recovery.

Baca Juga: Cara Mengatasi Keyboard HP Android yang Hilang

Bagaimana Kalau Tidak Berhasil?

Di beberapa tipe HP Android Samsung, mungkin kode reset di atas tidak bisa bekerja. Nah, solusinya, Anda bisa menggunakan metode-metode lain.

Pada dasarnya, cara reset semua HP Android itu mirip, bahkan secara umum sama. Yang membedakan hanyalah versi dari Android yang digunakan, serta pada model tampilan dari HP yang digunakan.

Baca juga: Cara Mengatasi Gyroscope Android Tidak Berfungsi

Penutup

Demikian, sedikit informasi tentang cara reset HP Samsung, beserta kode reset-nya. Kode di atas bersumber dari situs dan forum luar negeri yang sudah terpercaya, dan saya sendiri pun pernah mencobanya.

Sekali lagi, kode di atas hanya berlaku untuk HP Samsung berbasis Android saja, ya. Untuk tipe non Android, maka kodenya beda lagi.

Anda bisa coba gunakan kode:  #* 7728# untuk tipe non Android. Jangan lupa untuk cabut kartu memori supaya tidak ikut terhapus datanya.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like