Mengenal Pinterest

Penjelasan Tentang Pinterest

Banyak sosial media yang terus berkembang di Indonesia, salah satunya adalah Pinterest. Pinterest ini cukup diminati berbagai kalangan.

Oh ya, buat yang belum tahu Pinterest adalah sebuah tempat untuk berbagi inspirasi dalam bentuk gambar dan video. Banyak lho konten di Pinterest yang memiliki daya tarik cukup tinggi.

Meski sudah cukup populer, masih ada sebagian orang yang belum tahu apa itu Pinterest. Nah, berikut kita akan bahas lebih dekat tentang Pinterest.

Apa itu Pinterest?

Pinterest adalah sosial media yang berbasis virtual pinboard. Artinya, di sosial media ini Anda bisa membuat album atau koleksi foto dari hasil unggah sendiri maupun milik pengguna lain.

Pinterest ini merupakan sosial media yang platform-nya fleksibel. Yaitu bisa diakses lewat situs, dan bisa dipasang juga di perangkat mobile.

Kegunaan Pinterest

Kegunaan Sosmed Pinterest

Karena dipakai berbagai kalangan, membuat Pinterest memiliki tujuan penggunaan tersendiri. Di antaranya:

#1. Tempat Menemukan Inspirasi

Ada banyak konten yang di-upload lewat Pinterest. Contohnya seperti konten gambar desain produk, tutorial kerajinan tangan, editing dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal ini membuat Pinterest menjadi salah satu platform yang cocok untuk mencari inspirasi. Kita tinggal searching saja informasi bidang yang diinginkan.

#2. Promosi Platform

Kalau kita punya situs, akun sosial media (seperti IG) atau channel Youtube yang ingin dipromosikan, kita bisa melakukannya lewat Pinterest.

Di Pinterest konten yang diupload bisa kita sisipkan link. Nantinya orang yang melihat konten kita, akan bisa membuka link tersebut.

#3. Promosi Produk dan Jasa

Selain akun platform, kalau Anda punya produk atau jasa tertentu, promosi bisa juga dilakukan lewat Pinterest.

Tidak sedikit kok orang-orang yang sudah memakai cara ini. Terutama untuk mereka yang memiliki jasa / produk di bidang desain grafis.

#4. Mencari Konten Paling Update

Pengguna Pinterest termasuk paling update soal tren. Karena itu, di Pinterest kita bisa mencari berbagai konten paling update di berbagai bidang.

Seperti fashion, gaya hidup, teknologi dan masih banyak lagi.

Cara Mendaftar di Pinterest

Mendaftar di Pinterest itu mudah, dan kurang lebih sama seperti mendaftar di sosial media biasa. Syaratnya Anda hanya harus memiliki satu email aktif saja.

Berikut langkah-langkahnya:

#1. Pilih Menu Daftar Pinterest

Tombol Daftar Akun Pinterest

Pertama silakan buka browser kemudian buka situs Pinterest. Kalau sudah masuk di halaman Pinterest, cek menu bagian atas kemudian silakan klik tombol Daftar.

#2. Isi Data Akun

Atur Data Akun Pinterest

Setelah menekan tombol daftar, akan muncul jendela pop up. Di jendela ini, silakan isi alamat email yang masih aktif, password yang diinginkan serta umur.

Kalau sudah selesai mengisinya, silakan klik tombol Lanjutkan.

#3. Selesaikan Proses Pendaftaran

Terakhir Anda hanya perlu menyelesaikan proses akhir pendaftaran. Pertama pilih bahasa yang Anda pakai dan negara tempat tinggal. Di sini pastinya saya atur ke Indonesia. Lanjut klik tombol Berikutnya.

Atur Bahasa dan Negara di Pinterest

Di sini silakan pilih minimal 5 topik Pinterest yang Anda sukai.

Pilih Konten Pinterest

#4. Akun Pinterest Siap Dipakai

Berhasil Buat Akun Pinterest

Kalau semua proses pendaftaran sudah Anda selesaikan, Anda tinggal tunggu saja sampai Pinterest selesai menyiapkan konten yang dipilih.

Nanti Anda akan diarahkan ke halaman beranda, yang tandanya akun sudah berhasil dibuat.

Kenalan Juga Yuk Dengan TikTok, Cek Apa itu TikTok dan Fiturnya

Fitur Pinterest

Fitur Pinterest

Pinterest memiliki banyak fitur. Beberapa yang paling populer di antaranya:

#1. Pinterest Lens

Pinterest Lens adalah fitur yang memungkinkan pengguna bisa mencari suatu topik konten dengan gambar.

Sebagai contoh, Anda punya gambar komputer. Kemudian Anda meng-upload gambar tersebut ke Pinterest.

Setelah di-upload, Anda membuka Pinterest Lens. Maka nanti secara otomatis akan muncul ide konten terkait dengan komputer di Pinterest.

#2.  Kolaborasi Papan Pinterest

Fitur kolaborasi ini bisa dipakai dengan teman atau keluarga Anda yang juga memakai Pinterest.

Dengan fitur ini, kita bisa menambahkan pin atau konten di kolom yang sama, serta mengatur beberapa pengaturan yang disediakan Pinterest.

#3. Memiliki Fitur Chatting

Meskipun lebih cenderung ke konten bergaya media (terutama gambar), Pinterest juga memiliki fitur dimana para pengguna bisa berkomunikasi satu sama lain.

Salah satu contoh penggunaan fitur ini ialah untuk melakukan kolaborasi konten, melakukan komentar, atau sekedar mengirimkan suatu pesan langsung ke orang yang dituju.

#4. Memiliki Banyak Pengaturan Board

Board di Pinterest adalah fitur yang salah satunya berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan ide-ide.

Nah, di board ini kita bisa melakukan banyak pengaturan. Contohnya seperti mengatur ulang koleksi konten, melakukan filter berdasarkan abjad, last saved dan lain-lain.

Akhir Kata

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Pinterest sekarang ini sedang berkembang, dimana di Indonesia penggunanya terus bertambah.

Untuk kalangan tertentu, Pinterest bahkan sudah jadi sosial media yang wajib. Terutama untuk sharing atau mencari ide konten.

Ada pertanyaan seputar Pinterest? Silakan kirimkan lewat komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like