Penjelasan Apa itu Username

Penjelasan Username

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua orang pasti pernah memakai aplikasi yang terhubung ke internet. Contoh aplikasinya seperti Gmail, Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain.

Untuk bisa memakai aplikasi atau platform tersebut, umumnya kita harus membuat username yang unik atau belum pernah dipakai oleh pengguna lain.

Nah, pernahkah Anda bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud username? Atau mungkin pertanyaan kenapa username di setiap aplikasi tidak boleh sama? Untuk tahu jawabannya, saya akan bahas secara detail di sini.

Apa itu Username?

Contoh Username di Instagram

Username (nama pengguna), adalah nama unik yang dibuat oleh pengguna suatu platform, berfungsi sebagai identifikasi akun selain password untuk login. Selain itu, username juga punya peran untuk mempermudah pencarian data pengguna.

Karena itulah username bersifat primary key atau unik, yang hanya boleh dimiliki oleh 1 user saja.

Sedangkan kalau username yang ingin dipakai sudah digunakan orang lain, umumnya kita harus mengkombinasikannya dengan karakter lain, seperti huruf lain atau angka.

Alasan Penggunaan Username

Ada beberapa alasan pemakaian username, baik itu dari sisi pengguna maupun aplikasi atau platform-nya.

Berikut di antaranya:

#1. Lebih Simpel

Untuk mendaftarkan akun di suatu platform tertentu, Anda harus mengisi beberapa data, seperti password, email, username dan terkadang nomor HP.

Data ini nantinya bisa dipakai untuk akses login. Meski demikian, untuk sebagian platform hanya dua data saja yang dibutuhkan, yaitu username dan password.

Bukan tanpa alasan, ini karena username dinilai lebih simpel. Mudah dieja tidak seperti nomor HP, dan tidak memiliki alamat tertentu di bagian belakang namanya seperti email.

Anda juga bebas membuat username apapun asalkan masih sesuai ketentuan aplikasi, dan tidak terlalu panjang.

#2. Tidak Ada yang Sama Dalam Satu Platform

Username hanya bisa dipakai oleh 1 pengguna saja karena perannya sebagai kata kunci unik.

Sedangkan untuk pengguna lainnya nanti harus mengkombinasikan username dengan angka atau simbol tertentu.

Contoh Anda ingin membuat username @AdminLesKompi tapi sudah terpakai. Nah, Anda harus mengkombinasikan username-nya dengan angka atau simbol, seperti @AdminLesKompi_01 dan sebagainya.

#3. Lebih Mudah Diingat

Masih terkait dengan poin pertama, karena lebih simpel, username cenderung lebih mudah diingat.

Apalagi jika username yang dipakai berdasarkan nama pribadi atau hal-hal yang sudah kita kenal baik.

Kemudian bukan dari Anda saja, teman Anda juga tentu akan lebih mudah mencari akun Anda, ketika hanya harus mengetikkan username.

Untuk sebagian platform sendiri username ada yang bersifat tidak permanen. Contohnya seperti yang pernah saya bahas, mengganti username Spotify. Sehingga Anda bisa mengubahnya kalau ingin buat yang lebih simpel.

#4. Lebih Menarik

Pembuatan username sangat bervariasi, kita bisa memasukkan angka atau simbol tertentu sesuai keinginan. Hal ini membuat username cenderung lebih menarik.

Bukan itu saja, di beberapa aplikasi username juga biasanya akan muncul sebagai data profil. Contoh mudahnya bisa cek di Instagram dan TikTok.

Nah, ada sebagian orang yang memanfaatkan fitur ini sebagai salah satu cara branding, membuat username mereka dikenal oleh banyak orang.

Akhir Kata

Kesimpulannya username adalah data yang dipakai untuk mengidentifikasi akun pengguna dari suatu platform (sebagai media login). Username juga dipakai untuk mempermudah pencarian data pengguna.

Username punya banyak kelebihan, di antaranya mudah diingat dan cenderung lebih simpel. Sehingga tidak heran banyak platform sekarang yang mulai memakai username sebagai data login ketimbang email.

Kalau Anda punya pertanyaan yang masih terkait dengan username, jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan tersebut melalui kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like