Cara Pasang Antilag PES 2018 (dt00_x64.cpk)

Cara Memasang Antilag PES

Di artikel sebelumnya, saya telah menulis tentang cara mengatasi PES 2018 yang mengalami lag.

Nah, pada salah satu poin di artikel tersebut, saya sempat memberikan saran untuk menggunakan antilag, yaitu file dt00_x64.cpk hybrid config.

Apa Itu Antilag dt00_x64.cpk?

Sebelum membahas cara memasangnya, ada baiknya untuk mengenali lebih dulu tentang file antilag dt00_x64.cpk ini.

File ini berfungsi untuk mengurangi setting grafis pada PES 2018, dengan tujuan agar performa dan FPS yang diperoleh saat game dimainkan bisa meningkat.

Apakah file ini berbayar? Tenang saja, saat dirilis oleh author-nya, file ini bersifat free kok, alias gratis. Jadi, kita tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk menikmati peningkatan performa pada PES dengan file ini.

Dari hasil tes saya sendiri, menggunakan antilag ini bahkan bisa meningkatkan FPS sampai lebih dari 10 FPS, lho. Menarik bukan?

Di Mana Kita Bisa Mendapatkan File Antilag Ini?

Di artikel sebelumnya, sebenarnya saya sudah sempat membagikan link download untuk mendapatkan file ini. Selain itu, di sana pun sudah saya jelaskan tentang cara pasangnya.

Akan tetapi, beberapa pembaca ada yang mengadukan komplain ke saya, bahwa ternyata ada error pada link yang saya bagikan itu.

Setelah saya cek-cek kembali (berhubung sudah agak lama juga nggak di-update), saya lihat ternyata link-nya memang sudah mati.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, saya ingin me-remake saja sekalian, melalui artikel singkat ini yang bertemakan “cara pasang dt00_x64.cpk”. Barangkali ada di antara kita yang membutuhkannya.

Nah, langsung saja, berikut ini caranya:

Bagaimana Cara Memasang File dt00_x64.cpk PES 2018?

Cara memasang file ini sebetulnya tidak begitu sulit. Jadi, akan saya jelaskan secara singkat saja, ya. Mudah-mudahan tetap mudah dipahami.

Berikut tutorialnya:

  • Langkah 1. Pertama-tama, silakan download terlebih dahulu file yang dibutuhkannya.

File original dari author dapat Anda peroleh di sini (Update Februari 2019).

  • Langkah 2. Jika Anda sudah mendapatkan file-nya, sekarang silakan extract file tersebut menggunakan software WinRAR.
Antilag
  • Langkah 3. Selanjutnya, pergi ke direktori di mana PES 2018 Anda terinstal, lalu masuk ke folder Data. Untuk lokasi default, seharusnya ada di C: Program Files (x86)SteamsteamappscommonPRO EVOLUTION SOCCER 2018Data.
  • Langkah 4. Silakan copy dt00_x64.cpk original yang ada di folder tersebut ke mana saja. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga, barangkali nanti ada error.
Backup dt00 cpk
  • Langkah 5. Nah, sekarang kembali ke lokasi file hasil ekstract tadi. Di sini, silakan copy dan replace dt00_x64.cpk tersebut ke folder Data PES 18, sama seperti sebelumnya.
Replace
  • Langkah 6. Selesai deh. Sekarang game PES tinggal dimainkan saja, dan nikmati peningkatan performanya.

Kalau Sudah, Sekarang Apa?

Jangan lupa untuk mengatur kembali Render Setting, ya. Hal ini ditujukan supaya FPS yang didapat bisa lebih maksimal lagi. Rekomendasi saya, kalau masih ada lag terjadi, baiknya atur saja semua ke Low.

Selain itu, sebisa mungkin minimalisir mod-mod yang terinstal. Mod-mod seperti ini sering kali malah membuat kinerja tambah berat, sehingga mengakibatkan terjadinya stuck, atau bahkan menjadi crash saat dimainkan.

Kecuali untuk patchpatch semacam PTE atau SmokePatch. Saya rasa ini nggak masalah.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat ini mengenai cara pasang antilag (file dt00_x64.cpk) di PES 2018.

Apa masih ada yang bingung atau kurang jelas mungkin? Jika iya, silakan tanyakan saja lewat kotak komentar di bawah artikel ini. Saya usahakan bantu, selama saya bisa menjawabnya.

Semoga bermanfaat.

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Genre pada Game
Baca Yuk!

Genre Game

Secara garis besar, game yang kita mainkan itu memiliki genre atau kategori yang berbeda-beda, berdasarkan gameplay-nya. Kalau dulu…