Cara Mengatasi Kuota Internet Android Cepat Habis

Cara Mengatasi Kuota Internet HP Cepat Habis

Kuota cepat habis adalah masalah utama yang banyak sekali dikeluhkan para pengguna internet (termasuk saya). Apalagi kalau penggunaan serta kapasitas kuota yang dimiliki tidak seimbang. Pastinya bakal semakin cepat habis.

Sebagai seorang blogger + hobi nge-game + banyak download, terus terang kuota saya memang cepat sekali habis. Bahkan di waktu tertentu, saya bisa menghabiskan sekian GB kuota hanya dalam 1 atau 2 hari saja.

Tapi semakin hari, karena duit semakin menipis, akhirnya saya putuskan untuk mengakali penggunaan HP saya, agar kuota yang dipakai pun bisa lebih ditekan lagi.

Penggunaan Kuota Internet

Penggunaan data di HP Android, sebenarnya tidak jauh beda dengan ketika Anda menggunakan internet di komputer atau laptop. Sebab, data-data yang di-download saat browsing rata-rata masih sama dengan versi desktop.

Tapi ini tidak mengikat.

Karena bisa saja, browsing di HP justru malah bisa menghabiskan kuota jauh lebih banyak dibanding saat Anda browsing di komputer atau laptop.

Tentu saja hal ini kurang mengenakkan, mengingat mayoritas orang merasa jauh lebih nyaman browsing di HP Android ketimbang di PC atau laptop, apalagi kalau dilihat dari sisi mobilitasnya.

Baca juga: Cara Mengecek Kecepatan Internet Android

Tips Menghemat Kuota Internet

Untuk menghemat kuota di Android, jujur saja, hal ini sebenarnya tidak begitu sulit. Bahkan menurut saya, tata cara setting-nya pun jauh lebih simpel dibanding di komputer atau laptop.

Hanya saja, memang tidak begitu banyak yang paham caranya.

Nah, untuk itu, di sini saya akan membagikan tips-tips agar kuota HP Android Anda bisa lebih hemat saat browsing, yang semoga saja dengan ini setidaknya bisa menurunkan konsumsi kuota yang biasa Anda habiskan sampai 70 persen dari biasanya.

Langsung saja, berikut ini caranya:

1. Pilih Browser yang Cocok dan Hemat Kuota

Banyak sekali jenis aplikasi browser yang ada di Google Playstore. Ada Firefox, Chrome, UC Browser, dan lain sebagainya.

Terkait masalah ini, Anda sebenarnya bisa memilihnya sesuai selera Anda.

Saat memilih browser, yang terpenting pastikan saja bahwa browser tersebut memiliki fitur adblock di dalamnya. Adblock ini, berfungsi untuk mencekal iklan agar tidak tampil, karena memang iklan punya andil besar dalam menghabiskan kuota internet saat browsing.

Untuk masalah adblock, saran saya pribadi, pilihlah browser dengan blokir yang tidak berlebihan.

Alasannya begini.

Saat ini, fitur adblock sudah dipakai oleh banyak orang. Sehingga, karenanya banyak iklan di website jadi terblokir. Hal ini tentu menyebabkan pendapatan para pemilik website menurun.

Untuk mengatasi ini, para pemilik website biasanya akan membuat sebuah fitur tertentu yang membuat Anda tidak bisa mengakses situs tersebut (anti-adblock), atau mereka akan membatasi konten yang bisa Anda lihat di dalamnya.

Yang jadi masalah bukan itu.

Kalau sebuah situs memakai anti adblock atau membatasi konten yang terlihat, Anda masih bisa mengaksesnya secara penuh dengan mematikan fungsi adblock pada browser.

Tapi yang jadi masalah adalah, terkadang adblock juga memblokir navigasi situs tersebut. Hal ini menyebabkan Anda akan sering mengalami eror saat browsing, dan navigasi hilang seperti ini sering sekali tidak diketahui.

Nah, seperti yang saya bilang tadi, saya menyarankan agar Anda memakai browser yang memiliki fitur adblock standar dan tidak berlebihan (seperti Google Chrome). Tujuannya agar aktivitas browsing Anda tidak terganggu, dan tentunya tetap hemat kuota.

Ini kembali pada Anda.

Baca juga: Cara Melihat IP Android Secara Akurat

2. Non-aktifkan Gambar Saat Browsing

Ketika browsing, Anda setidaknya akan menemukan 2 unsur di sana, yaitu teks dan gambar. Untuk teks memang tidak masalah, karena dalam 10.000 karakter pun kapasitasnya tetap kecil. Namun yang jadi masalah adalah gambar atau foto.

Gambar atau foto yang Anda temui saat browsing, rata-rata memiliki ukuran 50 sampai 100 Kb untuk 1 gambarnya.

Ukuran ini memang relatif kecil, tapi perlu diingat, ukuran 50 sampai 100 Kb itu merupakan gambar yang sudah di-compress oleh pemilik websitenya.

Nah, kalau tidak di-compress? Maka ukuran gambarnya bisa 100 sampai 500 Kb, yang mana jika di total, mungkin 1 kali akses situs tersebut bisa menghabiskan 1 sampai 3 MB kuota.

Itu baru untuk 1 situs saja, lho. Sedangkan ketika kita browsing, mungkin bisa sampai puluhan atau bahkan ratusan situs dalam sehari.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa men-disable pemuatan gambar, agar gambar secara otomatis tidak ikut ter-load saat Anda membuka sebuah situs.

Untuk fitur ini, sayangnya tidak semua browser sudah support. Jadi, Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu. Cara ceknya:

  • Buka browser Anda terlebih dahulu.
  • Silakan pergi ke Settings.
  • Cari opsi untuk disable gambar di sana.

Berikut tampilan di salah satu browser yang support fitur disable gambar:

Load browsing

Maka, tampilan web setelahnya akan menjadi seperti ini:

images blog

Bisa dilihat, bahwa blog saya di atas, gambarnya tidak termuat sama sekali.

Untuk fitur disable gambar ini, silakan sesuaikan dengan pemakaian dan situasi. Karena jujur saja, browsing dalam keadaan gambar ter-disable memang sangat tidak nyaman.

3. Aktifkan Data Saver Pada Browser

Hampir semua browser terkenal di Android memiliki fitur data saver, yaitu fitur yang memungkinkan browser bisa lebih menghemat penggunaan data yang di-download saat browsing.

Data saver ini akan bekerja dengan cara memblokir bagian-bagian tertentu saat Anda sedang browsing, entah itu gambar, script, pop-up, sampai iklan.

Anda bisa mengaktifkan data saver ini pada pengaturan browser Anda. Kalau di Google Chrome, caranya begini:

  • Buka Google Chrome-nya terlebih dahulu.
  • Masuk Setelan.
  • Klik Penghematan Data.
  • Silakan aktifkan Mode Hemat Data di sini.
Hemat kuota google chrome

Untuk browser lain pun seharusnya nggak akan jauh berbeda. Silakan cek sendiri di setelan masing-masing.

4. Aktifkan Limit Data Pada Android

Sebagian orang -termasuk saya- kadang sering lupa waktu saat sedang browsing. Kebiasaan ini tentu akan mengakibatkan kuota jadi lebih cepat habis.

Agar kuota Anda bisa tetap hemat, maka Anda harus menghilangkan kebiasaan ini.

Solusinya, di sistem operasi Android itu terdapat fitur limit data seluler yang bisa diatur sesuka Anda. Limit data ini, berfungsi untuk mengontrol aktivitas browsing Anda agar tidak berlebihan.

Selain limit data, terdapat juga mode penghemat data. Mode penghemat data ini berfungsi untuk mengurangi frekuensi penerimaan dan pengiriman data pada latar belakang Android, agar lebih sedikit.

Caranya begini:

  • Buka Pengaturan di HP Android Anda.
  • Masuk ke Penggunaan Data.
  • Klik Penghemat Data.
  • Silakan diaktifkan.
hemat kuota

Sedangkan untuk memberi limit data, caranya:

  • Masih di Pengaturan Android.
  • Masuk ke Penggunaan Data.
  • Klik Data Seluler.
data
  • Silakan ubah jumlah limitnya sesuai kebutuhan Anda.

Selesai. Dengan ini, kuota Anda akan lebih hemat, serta dengan diaturnya limit data, diharapkan akan membantu Anda yang barangkali punya kebiasaan browsing tak kenal waktu.

5. Pakai Aplikasi “Lite” untuk Sosial Media atau Aplikasi Chatting

Khusus untuk aplikasi chat dan media sosial, beberapa di antaranya ada yang memiliki versi “lite“.

Bedanya, aplikasi versi lite ini memiliki fitur yang lebih sedikit dibanding versi biasa. Selain itu, aplikasi versi lite juga lebih bersahabat dengan user yang memiliki jaringan jelek atau spek HP yang kurang memadai.

Versi lite ini memang belum tersedia di semua aplikasi. Tapi jika memang ada -contohnya Facebook atau Line– maka Anda bisa men-download dan mulai menggunakannya.

6. Uninstall Aplikasi-Aplikasi yang Tidak Perlu

Mungkin Anda memiliki beberapa aplikasi yang butuh akses internet, padahal aplikasi tersebut nyatanya jarang atau bahkan tidak pernah digunakan.

Tahukah Anda? Bahwa aplikasi ini tentu bisa menghabiskan kuota Anda tanpa disadari.

Sebab, aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai tersebut, mungkin saja sedang berjalan di latar belakang (background services), dan menggunakan koneksi internet secara ‘diam-diam’.

Bukan hanya menghabiskan kuota, tapi juga bisa membuat koneksi internet yang digunakan jadi lebih lambat dan tidak stabil.

Oleh karena itu, silakan uninstall aplikasi-aplikasi yang kira-kira jarang diperlukan, terutama pada aplikasi-aplikasi yang jelas butuh koneksi internet untuk mengaksesnya.

Anda juga bisa menghapus aplikasi chatting atau aplikasi media sosial jika sudah jarang digunakan.

Atau untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa menuju ke Setelan > Penggunaan Data > Lalu cek mana aplikasi yang paling menghabiskan kuota data Anda.

7. Matikan Mode Data Seluler Saat HP Tidak Dipakai

Cara ini cukup efektif untuk mengurangi jumlah pemakaian data pada Android.

Saat HP sedang tidak dipakai, sama seperti yang saya bilang sebelumnya, sebenarnya aplikasi-aplikasi yang terinstal masih berjalan di latar belakang, dan aplikasi-aplikasi tersebut mungkin saja akan memakan data internet Anda.

Selain lewat cara uninstall tersebut, Anda juga bisa lebih menghematnya dengan mematikan data seluler saat HP Anda sedang tidak dipakai. Karena dengan ini, notifikasi-notifikasi internet aplikasi yang berjalan tidak akan bekerja.

Kelemahannya, mungkin Anda akan melewatkan chat penting dari teman atau rekan kerja Anda.

8. Pakai Kuota 4G LTE

Saya sering sekali memberikan saran untuk menggunakan kuota 4G LTE di artikel-artikel sebelumnya. Alasannya, karena kuota 4G LTE kebanyakan memiliki kuota berkali-kali lebih banyak dibanding kuota 3G.

Selain kuota yang lebih banyak, koneksi 4G LTE juga jauh lebih cepat dan stabil dibanding kuota 3G.

Anda bisa memilih provider terbaik yang sudah meng-cover 4G di daerah Anda tinggal. Tentunya dengan kuantitas yang menyesuaikan.

9. Mengurangi Aktivitas yang Menghabiskan Kuota

Aktivitas-aktivitas seperti download, streaming, atau membaca sebuah komik di internet, akan membuat kuota Anda jadi cepat habis. Kalau Anda ingin kuota jadi lebih hemat, maka kurangilah aktivitas seperti ini.

Solusinya, Anda bisa melakukan download pada video yang ingin ditonton, atau melakukan save file pada halaman-halaman situs tertentu, jika memang ingin ditonton/dibaca berulang-ulang.

Opsi lainnya, Anda juga bisa memakai di poin selanjutnya:

10. Maksimalkan dengan WiFi

Jika tempat tinggal, sekolah, atau tempat kerja Anda memiliki koneksi WiFi, maka Anda harus memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Sebab, koneksinya yang cepat dan bisa dikatakan unlimited. WiFi juga sudah dipercaya memiliki koneksi yang tepat untuk Anda, selaku pengguna internet.

Nah, silakan puaskan diri Anda dalam melakukan aktivitas yang memerlukan banyak kuota -seperti yang saya katakan di poin 9- melalui jaringan WiFi.

Baca Juga: Daftar Kode Nomor Operator di Indonesia

Penutup

Sekian, semoga dengan 10 tips di atas, bisa membantu Anda yang memiliki masalah kuota cepat habis, terutama pada aktivitas browsing.

Beberapa langkah di atas mungkin akan berbeda sesuai dengan versi Android yang Anda gunakan. Kalau yang saya contohkan di sini menggunakan Android Nougat 7.1.

Beberapa poin di atas juga mungkin tidak akan bekerja di HP Anda. Tapi jika HP Anda termasuk keluaran baru, rata-rata bisa.

Semoga artikel ini bermanfaat, serta bisa membantu Anda yang kuota HP-nya cepat habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like