Cara Menstabilkan Ping Koneksi Game Online Android

Cara menstabilkan ping game online Android? Wah, pembahasan ini memang cukup banyak dicari oleh para pengguna Android, terutama mereka yang hobi main game online, semacam PUBG, Mobile Legends, AOV, Free Fire, dan lain-lain.

Ini bukan tanpa alasan, sebab ping yang kurang stabil bisa mengganggu gameplay dalam permainan. Hasilnya? Otomatis bakal jadi sering kalah, gara-gara lag, patah-patah, atau istilah kerennya ‘teleportasi’. Hahaha.

Bukan cuma itu, ping yang nggak stabil juga akan berdampak pada masalah internet lainnya. Misal, loading jadi lambat. Ini berlaku pada kualitas browsing, akses media sosial, dan gangguan pengiriman pesan di aplikasi chatting.

Mari Kita Pahami Istilah “Ping” Terlebih Dahulu

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, alangkah lebih jika kita memahami terlebih dahulu, tentang apa itu ping?

Di situs ini, sebenarnya saya sudah pernah menuliskan pembahasannya beberapa waktu lalu. Jadi, biar lebih cepat, ini screenshots dari halaman tersebut:

Apa Itu Ping

Agak rumit, ya? Supaya mudah dipahami, akan coba saya sederhanakan.

Jadi, intinya ping ini adalah respon antara internet dengan game, di mana untuk mengecek lancar atau tidaknya bisa dilihat dari berapa nilainya.

Misalnya, nilai 1 sampai 100 itu lancar, sedangkan jika di atas itu termasuk nge-lag.

Contoh kasusnya, Anda bisa lihat pada game yang memiliki fitur cek pingnya, seperti Mobile Legends, PUBG, dan lain-lain.

Nah, terus gimana sih cara menstabilkan ping di Android? Pembahasannya ada di poin selanjutnya.

Baca Juga: Cara Melihat IP Android

Cara Menstabilkan Ping Game Online Android (Mobile Legends, AOV, PUBGM, Free Fire, dll)

Di sini, kita akan coba memahami cara untuk menstabilkan ping pada game online Android. Berikut pembahasannya:

1. Ganti Tipe Koneksi Internet Anda

cara supaya game online ping stabil

Tahukah Anda, di saat kita mengakses koneksi internet itu ada yang namanya traffic?

Traffic ini maksudnya adalah keramaian. Dan yang ingin saya katakan di sini adalah, semakin ramai traffic tersebut, maka semakin tidak stabil pula koneksi internet dan ping sewaktu kita bermain game online.

Ramai atau tidaknya, hal ini tergantung dari daerah di mana Anda menggunakannya. Sebagai contoh, misalnya di tempat saya, rata-rata traffic ramai itu sekitar jam 6 sore sampai jam 11 malam.

Jika saya bermain game di jam-jam tersebut, sering kali pingnya bisa tinggi sekali, dan menjadi tidak stabil. Selain itu, kadang-kadang bahkan sampai disconnect segala lagi.

Nah, untuk mengatasinya, saya biasanya mengganti tipe koneksi internet HP. Misalnya, dari 3G ke 4G, atau justru sebaliknya. Percaya nggak percaya, hal ini nyatanya berpengaruh, lho.

Cara gantinya mudah, kok:

  1. Pertama, buka Setelan di HP Anda.
  2. Masuk ke menu Kartu SIM.
  3. Pilih Pengaturan Jaringan.
  4. Silakan Anda ganti setelannya di sana.

Ingat, setelah Anda merasa jaringan sudah lebih normal, lebih baik stay di 4G saja. Alasannya, karena 4G rata-rata memiliki nilai ping yang lebih kecil dan lebih stabil dibandingkan 3G.

Baca juga: Cara Mengecek Kecepatan Internet Android – 100% Akurat!

2. Coba Ganti Provider

Ping naik turun waktu main game

Setiap provider punya kualitas sinyal yang berbeda-beda di setiap tempat.

Nah, pada poin ini, saya menyarankan Anda untuk mencoba ganti provider yang digunakan. Seenggaknya khusus untuk bermain game online.

“Beda pingnya nanti gimana? Jauh nggak?”

Kalau ditanya jauh atau tidak, ini tergantung. Tapi pengalaman saya, pengaruhnya lumayan signifikan dan bikin gaming tambah lancar.

“Terus, gimana caranya pilih provider yang bagus?”

Ini juga tergantung. Karena seperti yang saya bilang tadi, tiap tempat punya kualitas sinyal yang tak sama.

Untuk itu, akan jadi lebih baik jika Anda mencobanya saja satu-satu sampai menemukan mana provider yang paling cocok di daerah Anda.

Jika ingin lebih simpel, Anda juga bisa tanyakan langsung kepada kenalan Anda yang juga tinggal di daerah serupa, kira-kira provider apa yang paling stabil untuk game online di sana.

3. Pakai Aplikasi untuk Ping Server

Melancarkan koneksi game Android

Suatu ketika, saya pernah mendapati pertanyaan tentang “bagaimana sih cara menstabilkan ping untuk game Mobile Legend?”

Nah, kemudian metode inilah yang coba saya sarankan.

Apa yang saya maksud dengan “ping server” di sini, ialah aplikasi yang mengirimkan data ke suatu server tertentu secara berulang-ulang.

Apa tujuannya? Aktivitas ini dipercaya dapat menstabilkan ping pada game online sewaktu dimainkan.

Untuk poin ini, ada beberapa aplikasi yang bisa Anda coba.

Misalnya PingTools Pro, Ping, atau apa pun itu yang sekiranya Anda sukai, asalkan proses kirim datanya bisa berulang-ulang, serta bisa dipindahkan ke background services (kalau di-close nggak keluar).

Namun ingat, ini bukan untuk mempercepat koneksi game online Android, melainkan hanya sebatas media agar ping lebih stabil saja.

4. Main di Server Indonesia (Kalau Ada)

koneksi internet lemot
Semakin jauh dari tempat kita tinggal = semakin tinggi pingnya.

Kalau Anda seperti saya yang notabene pernah memainkan gamegame luar, pasti nggak asing kalau gamegame tersebut memiliki server luar pula.

Nah, server luar ini tentunya bisa berpengaruh terhadap angka ping, lho. Apalagi jika letaknya jauh dari Indonesia.

Mengapa bisa demikian?

Alasannya, karena semakin jauh servernya, maka proses penghataran datanya pun akan jadi semakin lama. Jadi, nggak heran kalau Anda mungkin akan beberapa kali mengalami patah-patah saat memainkan game-nya.

Untuk itu, di sini saya sarankan agar Anda memainkannya di server Indonesia saja. Tujuannya tadi, agar memperlancar dan membuat ping pada game online lebih stabil.

Tapi ini sifatnya optional saja, karena tidak semua game ada.

5. Pakai VPN

VPN Game Android

Bagi sebagian orang, memakai VPN dipercaya bisa jadi salah satu metode supaya ping game online Android lebih stabil.

Apakah ini memang berpengaruh?

Kalau menurut saya pribadi, jawabannya bisa iya dan bisa pula tidak (tergantung situasi). Tapi kalau mau coba, saya pikir nggak ada salahnya. Karena bisa saja ping Anda jadi semakin lancar nantinya.

Untuk menggunakan VPN, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia di Playstore. Dan untuk cara memakainya pun mudah. Cukup dengan 1 klik saja biasanya.

Tapi kalau Anda malah merasa justru menjadi semakin lag, maka Anda bisa disconnect kapan saja.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kuota Internet HP yang Cepat Habis

6. Coba Pakai Koneksi WiFi

Memperstabil WIFI Game Android

Koneksi WiFi, rata-rata memiliki ping yang lebih kecil dan lebih stabil. Bagi Anda seorang gamer yang sering bermain game online di HP, maka Anda bisa coba jenis koneksi ini.

Untuk mendapatkan WiFi, ada dua cara umum. Pertama langsung pasang sendiri, kedua pergi ke tempat yang sudah menyediakan WiFi.

Silakan sesuaikan saja. Nggak wajib.

Penutup

Cara menstabilkan ping/koneksi game online Android, intinya sih susah-susah gampang. Terutama kalau sinyal di tempat tinggal kita memang kurang bagus penangkapannya.

Nah, tapi dengan cara-cara di atas, diharapkan masalah tersebut bisa Anda minimalisir, setidaknya 70 sampai 85% lebih lancar.

Untuk beberapa tips yang dapat dengan mudah Anda terapkan, saya harap Anda berkenan untuk menerapkannya.

Sedangkan untuk tips lainnya yang dirasa agak sulit dilakukan -seperti memasang WiFi sendiri- ini sifatnya optional saja. Kalau Anda merasa memang butuh, silakan Anda terapkan.

Kalau ada tambahan, atau ada pertanyaan lain soal ping/koneksi internet, khususnya di game tertentu, jangan ragu untuk mengirim komentar di kolom yang sudah tersedia.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Ganti ID Line
Baca Yuk!

Cara Ganti ID Line

Mengganti ID Line biasanya dilakukan ketika kita merasa kurang sesuai dengan ID yang sekarang. Karena seperti yang Anda…