Apa Itu Pre Order? Ketahui Yuk Penjelasannya! (Online Shop)

Arti Pre Order

Pre Order – Kalau Anda suka belanja online, mungkin pernah mendengar istilah ini bukan? Yup, di banyak marketplace, nggak sedikit seller yang menerapkan sistem penjualan seperti ini.

Pre-order, juga biasa disingkat sebagai PO. Tapi jangan sampai salah arti, ya. Soalnya ada lagi istilah lain, seperti Purchase Order dan PayOut. Hehe.

Baca deh lengkapnya di artikel Arti PO.

Terus apa sih maksud pre-order sendiri? Kenapa istilah ini bisa ada dan banyak ditemukan di situs atau marketplace jual beli online?

Yuk, ketahui penjelasannya di sini.

Apa Itu Pre-Order?

Sebenarnya sederhana saja, kok. Maksud dari sistem pre-order itu adalah melakukan pemesanan di awal sebelum barang ready stock.

Misalnya Anda mau beli produk A nih, tapi produk tersebut belum tersedia di seller. Maka dengan sistem ini, Anda pesan dan bayar duluan, supaya nanti kalau barang ready bisa langsung dikirim. Seperti itulah kira-kira maksudnya.

Kapan biasanya sistem pre-order ini diterapkan? Paling sering sih untuk:

  • Produk-produk impor.
  • Produk yang harus dibuat terlebih dahulu, apalagi yang sifatnya custom.
  • Produk yang punya popularitas tinggi, banyak yang mencari, sedangkan stoknya terbatas.
  • Dan sebagainya.

Definisi ini sejalan dengan arti katanya sendiri dari bahasa Inggris, yang berarti “memesan terlebih dahulu”.

Kalau Ikut Pre-Order, Apa Nggak Perlu Khawatir Stok Barang Habis?

Tentunya iya. Apalagi kalau kita sudah bayar duluan, otomatis kita akan jadi konsumen prioritas.

Selain itu, pada umumnya barang yang sudah di-PO akan selalu dipastikan bisa dikirim. Jadi, Anda nggak perlu khawatir lagi bakal kehabisan stok, ya. Pasti mendapat giliran kok, namun tetap sesuai antrian tentunya.

Saat ini, sudah banyak toko online yang menerapkan sistem pre-order. Kalau dari pengalaman saya sih, biasanya meliputi gadget, fashion, atau barang-barang impor seperti yang saya katakan tadi.

Sedangkan untuk estimasi pengirimannya, kembali lagi kepada kebijakan tokonya. Ada yang langsung dikirim begitu barang tersedia, ada juga yang baru dikirim bersama orderan-orderan dari konsumen lainnya.

Anda bisa tanyakan lebih detail terkait masalah ini kepada pihak penjual langsung.

Oh ya, ada sedikit catatan terkait sistem ini. Pre-order terhadap suatu produk juga bisa dibatalkan kalau misalnya penjualnya tak kunjung mendapat stok barang, lho.

Kalau kondisinya memang seperti ini, maka mau nggak mau, pembayaran yang telah ditransferkan oleh pihak pembeli akan dikembalikan lagi nantinya (refund).

Langkah-Langkah Mengikuti Pre-Order Barang

Mengikuti pre-order pada saat belanja online, sebenarnya nggak jauh beda seperti halnya belanja online biasa.

Langkah-langkahnya kurang lebih seperti seperti ini:

#1. Cari Barang yang Diinginkan

Pertama, silakan Anda cari dulu produk apa yang diinginkan. Bisa searching di marketplace online favorit Anda, untuk mendapatkan produk tersebut.

#2. Cek Sistem Order Produk Tersebut

Nggak semua produk atau toko mengharuskan kita pesan dengan cara pre-order.

Oleh karena itu, setelah mendapatkan produk yang dimaksud, silakan tanya pada penjual, bagaimana sistem pemesanan untuk produk tersebut? Apakah pesan biasa, atau harus melalui pre-order?

Kalau ternyata produk ready dan bisa dipesan secara langsung, kenapa juga harus mendaftar antrian pre-order segala bukan?

#3. Pesan Produknya

Setelah dipastikan bahwa produk tersebut harus dipesan secara pre-order, maka Anda bisa langsung memesannya.

Kalau Anda menggunakan marketplace, proses pemesanannya bisa dilakukan seperti biasa, kok. Tinggal atur saja kuantitas barang dan data pengirimannya.

#4. Bayar Orderannya

Langkah selanjutnya, silakan bayar seperti biasa.

Jangan lupa pastikan tempat Anda berbelanja aman, ya. Bisa gunakan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sejenisnya sebagai rekening bersama. Selama mengikuti prosedur, baik konsumen maupun penjual sama-sama aman.

Terkait jumlah pembayaran, biasanya harus dilunasi di awal, bukan hanya DP dulu saja. Tapi nggak semuanya seperti ini juga, sih.

#5. Tunggu Produknya Datang

Terakhir, tinggal tunggu barangnya dikirim saja, deh. Estimasi kapan dikirimnya, bisa ditanyakan ke seller langsung. Intinya sih sampai barang ready saja.  

Seperti yang saya bilang tadi, tata caranya nggak beda jauh dengan belanja online biasa bukan? Bedanya, di sini barang nggak langsung dikirim saat itu juga, melainkan harus ditunggu beberapa waktu sampai stoknya ready.

Pernah saya mengikut pre-order, ketika membeli produk gadget dari salah satu brand teknologi. Waktu itu peminatnya banyak sekali, sedangkan stoknya dibatasi karena masih dalam masa produksi.

Untungnya saya sukses tuh mengikuti pre-order tersebut. Meski harus menunggu 1 pekan, produk bisa saya terima tanpa masalah.

Kelebihan Mengikuti Pre-Order

  • Nggak perlu khawatir stok habis. Penjual akan mendata siapa saja yang melakukan PO, lalu mengirimkan produknya setelah stok tersedia berdasarkan antrian.
  • Setelah bayar tinggal tunggu. Nggak usah pikir apa-apa lagi pokoknya, deh. Cukup tunggu saja barangnya datang setelah kita mengikuti PO.
  • Lebih praktis. Terkadang mengikuti pre-order itu akan terasa jauh lebih praktis. Dengan sistem ini, kita nggak perlu repot-repot lagi menunggu stok barang tersedia.
  • Dan lain-lain.

Baca Juga: 11 Toko Online Buat Belanja Gratis Ongkir! Lumayan Bikin Hemat Dompet, lho.

Akhir Kata

Bahasan arti pre-order ini, utamanya saya tujukan buat Anda yang hobi belanja di online shop.

Mungkin Anda sering menemui istilah ini, tapi belum tahu apa artinya. Dengan dibuatnya artikel ini, diharapkan Anda nggak bingung lagi, atau bahkan bisa membantu Anda saat ingin mengikuti PO nanti.

Kalau belum tahu, sebenarnya sistem pre-order ini sudah lama ada, lho. Istilah ini bahkan sudah banyak dipakai sebelum internet dan media sosial populer seperti sekarang-sekarang.

Menurut Anda sih bagaimana? Ingin coba mengikuti PO? Kalau ada barang yang bagus dan suka kehabisan stok, lebih baik coba dulu, deh. Hehe.

Kalau ada yang kurang, silakan tanyakan saja lagi lewat komentar di bawah, ya. Barangkali bisa saya tambahkan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Informasi Jam Kerja JNE Lengkap
Baca Yuk!

Jam Kerja JNE

Kalau Anda sering mengirim atau menerima paket, maka informasi seputar jam kerja JNE bisa jadi sangat berguna. Misalnya…