Apa Itu Pre Order? Ketahui Yuk Penjelasannya! (Online Shop)

Arti Pre Order

Pre Order – kalau Anda suka beli-beli barang secara online mungkin pernah ya mendengar istilah ini? Ya.. Di Marketplace-marketplace online besar, nggak sedikit seller yang menerapkan sistem ini.

Pre-Order biasanya sering disingkat juga sebagai PO. Tapi hati-hati jangan salah, soalnya ada juga istilah lain seperti Purchase Order atau Payout hehe (Baca deh lengkapnya di artikel Arti PO).

Terus apa sih arti Pre Order? Kenapa istilah ini bisa ada dan banyak ditemukan di situs atau marketplace jual beli online? Yuk ketahui penjelasannya disini..

Apa itu Pre Order?

Sebenarnya nggak usah ribet, Pre Order itu artinya bayar diawal sebelum barang ready stock. Misalnya Anda mau beli barang, tapi barang tersebut belum tersedia di seller.. Nah, kemudian Anda pesan dan bayar duluan supaya nanti kalau barang ready bisa langsung dikirim. Inilah maksudnya.
Sistem Pre Order ini biasanya dipakai untuk barang-barang import. Atau sering juga barang-barang yang punya popularitas tinggi, banyak yang nyari sehingga stoknya habis terus.
Sesuai dengan bahasa Inggris, kata “Pre-Order” sudah satu paket, yang artinya “Memesan barang terlebih dahulu“.

Kalau Mengikuti Pre-Order Nggak Perlu Khawatir Stok Barang Habis?

Tentunya iya.. Apalagi kalau sudah bayar duluan, otomatis kita akan jadi pelanggan prioritas. Barang yang sudah di-PO akan selalu dipastikan bisa dikirim. Jadi nggak perlu khawatir yang namanya tiba-tiba stok habis.
Saat ini sudah banyak toko online yang memiliki sistem Pre-Order. Kalau dari pengalaman saya sih biasanya Gadget, Fashion atau barang-barang import seperti yang saya bilang tadi.
Untuk estimasi pengirimannya tergantung dari kebijakan toko. Ada yang dikirim duluan ketika barang tersedia, ada juga yang dikirim diwaktu yang sama bersama dengan barang-barang pelanggan lain. 
(Tanyakan saja detailnya langsung ke pihak toko).
Ada sedikit catatan.. Pre-Order barang bisa juga dibatalkan kalau misalnya sellernya nggak kunjung mendapat stok barang. Kalau begini pembayaran yang telah dilakukan pembeli akan dikembalikan nantinya (Refund).

Langkah-Langkah Mengikuti Pre Order Barang


Mengikuti Pre Order kalau belanja secara online sebenarnya kurang lebih nggak beda jauh seperti waktu beli barang dengan cara biasa.
Kurang lebih langkah-langkahnya seperti ini :
1. Cari Barang Yang Diinginkan : Searching dulu di Marketplace online favorit Anda barang yang diinginkan
2. Tanyakan Toko Apakah Bisa PO? : Nggak semua toko menerima Pre Order. Jadi lebih baik tanyakan lagi, bisa atau nggaknya. Sebelumnya, lebih baik tanyakan juga ada barang ready atau nggak.. Kalau ada, lebih baik beli barang secara langsung kan?
3. Pesan Barangnya : Kalau tokonya menerima sistem Pre Order, Anda bisa memesan barangnya. Di online shop sama saja seperti biasa, tinggal atur kuantitas barang dan alamatnya.
4. Bayar Barangnya : Langkah selanjutnya bayar seperti biasa. Jangan lupa pastikan Marketplace tempat Anda berbelanja aman. Rekomendasi misalnya seperti Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

Kalau di Online Shop kebanyakan bayarnya biasanya langsung seharga barangnya. Nggak pakai DP atau sejenisnya (Tapi nggak semua).

5. Tunggu Barangnya Datang : Terakhir tinggal tunggu barangnya datang. Estimasi kapan dikirim bisa ditanyakan ke seller langsung. Intinya sampai barang ready saja.
Seperti yang saya bilang tadi, tata caranya nggak beda jauh sama belanja online seperti biasa. Bedanya ya.. Barang nggak langsung dikirim saat itu juga, melainkan harus ditunggu dulu sampai stoknya ready.
Saya sendiri juga pernah mengikuti Pre Order waktu membeli salah satu Gadget merk terkenal. Waktu itu banyak sekali peminatnya, sedangkan stoknya masih dibatasi karena masih dalam masa produksi.
Untungnya saya sukses ikut Pre Order, dan barang diterima tanpa masalah seminggu kemudian.

Kelebihan Mengikuti Pre Order

  • Nggak Perlu Khawatir Stok Habis : Seller akan mencatat nama pembeli yang telah melakukan PO, dan akan menjadi prioritas ketika stok sudah tersedia.
  • Bayar tinggal tunggu : Nggak usah pikir apa-apa lagi. Cukup tunggu saja barang datang setelah mengikuti PO.
  • Lebih praktis : Terkadang mengikuti Pre Order akan terasa lebih praktis. Contoh sederhananya kita nggak perlu repot-repot nunggu stok barang tersedia.
  • Dan lain-lain

Penutup… 

Arti Pre Order ini saya tujukan untuk Anda yang hobi belanja di Online Shop.. Sering menemui istilah ini tapi belum tahu apa artinya. Tujuannya supaya nanti nggak perlu bingung lagi, atau bahkan mungkin bisa membantu jika ingin mengikuti PO.

Kalau belum tahu, sebenarnya Pre Order ini di Online Shop udah ada lama sekali loh. Istilahnya bahkan sudah banyak dipakai sebelum internet dan media sosial populer seperti sekarang-sekarang.

Menurut Anda gimana? Ingin coba mengikuti PO? Kalau ada barang yang bagus dan suka kehabisan stok, lebih baik coba dulu deh hehe.

Kalau ada yang kurang, silakan tanyakan saja lagi lewat komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *