Aplikasi Pendingin CPU Android

Pendingin CPU Android Otomatis Baru

Aplikasi pendingin CPU, buat sebagian orang memang cukup diperlukan. Karena nanti kita tidak perlu khawatir lagi dengan yang namanya overheat.

Kenapa harus CPU? Alasannya, CPU memang salah satu komponen Android yang paling rentan panas. Terutama ketika dipakai untuk aktivitas-aktivitas yang butuh resource besar.

Misalnya main game, browsing sambil buka banyak aplikasi, dan lain-lain. Suhu komponen akan menjadi lebih meningkat ketimbang biasanya.

Penggunaan aplikasi pendingin ini ditujukan untuk mengurangi temperatur CPU, supaya suhunya bisa lebih dinetralkan.

Gimana Sih Cara Kerja Aplikasi Pendingin CPU?

Cara kerjanya simpel sekali, yakni dengan mengoptimalkan beban aplikasi, baik itu yang kita buka sendiri maupun yang berjalan di background services.

Misalnya saya buka browser dan Instagram. Nah, setelah HP digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka akan semakin terasa panas. Di sinilah aplikasi pendingin tersebut mengambil perannya.

Apakah aplikasi pendingin ini penting? Jawabannya, itu relatif. Kalau Anda ingin mengurangi suhu panas di HP, nggak ada salahnya untuk mencobanya kan?

Terlebih lagi, jika selain panas saja yang dialami, HP Anda mengalami masalah lain juga, seperti restart sendiri misalnya.

Rekomendasi Aplikasi Pendingin CPU Android Otomatis Terbaik

Di Google Playstore, saat ini sudah banyak developer Android yang mengembangkan aplikasi-aplikasi semacam ini, guna menurunkan suhu komponen.

Mana yang kira-kira paling cocok dipakai? Kalau masih awam, pasti bingung bagaimana cara memilihnya.

Tapi Anda nggak perlu khawatir akan hal itu. Di sini, Leskompi.com ingin membahas beberapa rekomendasinya, yang dijamin akan membuat kerja CPU HP jadi lebih dingin dan optimal.

1. CPU Cooler

CPU Cooler Android

Buat Anda yang setelan bahasa di HP-nya pakai bahasa Indonesia, mungkin nama aplikasi ini otomatis diterjemahkan menjadi “Pendingin CPU”. Sedangkan nama aslinya ialah CPU Cooler.

Ya, sebagaimana namanya, aplikasi ini memang didesain untuk mengoptimalkan kinerja serta suhu dari komponen CPU Android.

Kita bisa melakukan scanning, hal apa saja yang kira-kira mengakibatkan suhu CPU menjadi lebih meningkat ketimbang biasanya.

Terdapat juga fitur lain, semisal adanya temperatur suhu, serta fitur boost yang berguna untuk melegakan RAM pada HP.

Baca juga: Keren Nih! Aplikasi Pengukur Suhu Ruangan yang Patut Dicoba.

2. Finally Clean: Booster, CPU Cooler

Finally Clean CPU Cooler

Nyaman dipakai. Itulah 2 kata yang paling pantas disandangkan untuk aplikasi ini. Finally Clean adalah aplikasi yang difokuskan untuk memastikan HP dalam kinerja maksimal, tapi dalam suhu yang tetap dingin.

Fitur-fitur dari aplikasi ini di antaranya ialah RAM boost yang bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas bebas RAM, Game Boost untuk membuat game jadi lebih lancar, hingga Battery Life untuk menghemat konsumsi daya baterai.

Untuk pengoptimalan suhu CPU, aplikasi ini memiliki fitur Device Cooler, di mana cara kerjanya adalah dengan mengurangi proses-proses yang tidak diperlukan pada sistem secara otomatis.

Baca juga: Baca Juga: Aplikasi Edit Stiker Menarik dan Kekinian, Sudah Coba Belum?

3. Cooler Master

Cooler Master Mendinginkan CPU

Mencari aplikasi yang mampu untuk melakukan monitoring suhu CPU? Aplikasi Cooler Master ini rasanya patut dipertimbangkan untuk diinstal di HP Anda.

Di aplikasi Cooler Master, selain bisa melihat seberapa tinggi suhu pada CPU HP, tersedia juga grafis yang menunjukkan perkembangan suhu dari waktu ke waktu.

Untuk menurunkan suhu CPU dengan aplikasi ini juga mudah, lho. Setelah aplikasinya diinstal, kita hanya perlu menekan tombol Deteksi Aplikasi Panas.

Setelah proses scanning selesai, maka Anda akan mendapati daftar aplikasi yang perlu dioptimalkan. Cukup klik Dinginkan untuk pengoptimalannya.

4. Greenify

Greenify HP

Greenify sebenarnya adalah aplikasi yang lebih ditujukan untuk menghemat penggunaan RAM serta baterai. Lantas, kenapa aplikasi ini bisa masuk ke dalam daftar rekomendasi kali ini?

Alasannya karena Greenify juga punya cara kerja yang mirip dengan aplikasi-aplikasi yang saya sebut sebelumnya. Tepatnya dengan menghentikan proses HP yang dirasa tidak perlu.

Dengan begitu, aplikasi ini pun bisa meminimalisir beban kerja CPU, dan membuatnya menjadi tetap dingin.

Cara pakainya juga mudah kok. Cukup instal saja aplikasi Greenify di HP Anda, kemudian buka. Maka Anda tinggal melakukan sedikit pengaturan, dan biarkan Greenify berjalan sendiri.

5. Alpha Cooler

Alpha Cooler Android

Menurut saya, aplikasi ini terbilang cukup keren.

Bagaimana tidak? Fitur monitoring real-time yang diberikan, ternyata dihitung setiap detik! Artinya, temperatur HP akan selalu berubah-ubah mengikuti deteksi setiap saat.

Dari segi tampilan, Alpha Cooler termasuk mudah untuk digunakan. Interface-nya sebagian besar berwarna hijau, dengan sedikit tombol menu.

Sedangkan untuk pengoptimalannya juga tak kalah mudah. Cukup ketuk tombol Cari Aplikasi Panas, lalu tunggu proses scanning-nya.

6. Battery Doctor

Aplikasi Battery Doctor

Sedang mencari aplikasi penghemat baterai sekaligus pendingin CPU? Maka Battery Doctor layak jadi pilihannya. Silakan dicoba dulu deh.

Aplikasi ini bisa dikatakan sudah terkenal sejak dulu. Jumlah unduhan di Playstore bahkan telah mencapai lebih dari 100 juta kali. Banyak juga, ya?

Battery Doctor memiliki prinsip kerja yang mirip dengan aplikasi pendingin CPU Android, yaitu dengan mencari hal-hal apa saja yang sekiranya mengakibatkan suhu HP meningkat, kemudian mengoptimalkannya.

Cara pakainya, cukup instal aplikasinya, lalu tekan tombol Optimalkan Sekarang. Anda juga bisa pakai fitur Pendingin Baterai kalau dirasa perlu.

7. CCleaner

CCleaner Android

CCleaner merupakan aplikasi optimalisasi Android yang cukup lengkap fiturnya. Mulai dari perannya sebagai cleaner, penghemat baterai, penghapus cache, dan lain-lain.

CCleaner juga bisa kita manfaatkan sebagai pendingin CPU HP, lho. Sebab, di versi barunya, telah tersedia fitur App Hibernation yang berfungsi untuk menutup aplikasi berjalan di latar belakang secara otomatis.

Tampilan dari aplikasi ini sendiri sangat sederhana dan nyaman dipandang. Bahkan saya pikir, yang masih awam soal aplikasi ini pun bisa dengan mudah memahaminya hanya dalam sekali pakai saja.

Cara Mendinginkan CPU Android Secara Manual

Eits! Tidak hanya rekomendasi aplikasi, di sini saya juga ingin merekomendasikan beberapa cara manual yang bisa Anda terapkan untuk meminimalisir suhu CPU HP.

Tips-tips ini bisa diterapkan untuk semua merk HP, dan segala kebutuhan pemakaian. Contoh sederhana, main game berat (PUBG, Mobile Legends, dan lain-lain) yang sedikit banyak pastinya berpengaruh terhadap CPU.

  • Istirahatkan HP Setelah Lama Dipakai: Jangan terlalu dipaksakan dalam penggunaan jangka panjang. Coba beri jeda waktu sedikit, supaya temperatur HP bisa turun.
  • Periksa Aplikasi Berjalan di Background: Cek di menu setelan, atau gunakan aplikasi-aplikasi tertentu.
  • Kurangi Waktu Bermain Game: Terlalu lama bermain game akan membuat HP menjadi panas. Disarankan kurangi durasi waktunya, atau istirahatkan HP seperti yang disebutkan barusan.
  • Pakai Charger Original: Charger yang kurang pas spesifikasinya akan membuat HP jadi lebih cepat panas. Utamanya pada bagian CPU.

Sebenarnya, saya juga pernah membahas cara mengatasi HP panas. Coba cek lengkapnya di artikel tersebut untuk lebih lengkapnya.

Penutup

Aplikasi pendingin CPU mungkin banyak dicari orang-orang. Apalagi bagi mereka yang chipset bawaan HP-nya memang sudah gampang panas. Saya sendiri bahkan punya yang semacam itu, lho.

Semua aplikasi di sini sudah saya tes dan berjalan baik tanpa masalah. Begitu pun dengan fungsinya. Makanya saya berani untuk merekomendasikannya di sini.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Aplikasi Edit Stiker HP Android
Baca Yuk!

Aplikasi Edit Stiker

Masih banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat stiker. Dulu memang terbilang sulit, karena kita perlu sedikit keahlian…