Aplikasi Penghemat Baterai Xiaomi Ampuh + Tips Supaya Awet!

Penghemat Baterai Xiaomi

Aplikasi Penghemat Baterai dibutuhkan oleh banyak pengguna Android. Terutama bagi mereka yang sering memakai HP dalam jangka waktu 12 jam atau lebih.

Ngaruh gak sih Aplikasi untuk menghemat baterai ini? Jawabannya ya! Tentu saja cukup ngaruh. Jadi lama tidaknya kapasitas baterai bertahan itu tergantung dari banyaknya aplikasi berjalan dan setting pada HP.

Nah, Aplikasi ini bisa berfungsi untuk mengoptimalisasi hal-hal tersebut.

Di Google Playstore ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat baterai jadi hemat. Dan khusus untuk HP Xiaomi, disini saya ingin memberikan beberapa rekomendasinya.

Kebetulan saya juga sudah cukup lama memakai HP Xiaomi, jadi bisa dibilang sudah berpengalaman juga.

1. Greenify

Greenify Android

Greenify sebenarnya masuk ke kategori Aplikasi penghemat RAM Android. Cara kerjanya adalah dengan menghibernasikan Aplikasi-Aplikasi tertentu pada Android yang sedang berjalan.

Namun hal inilah yang membuatnya bisa disebut sebagai Aplikasi menghemat baterai. Dengan optimalisasi Aplikasi yang berjalan, jumlah daya penggunaan baterai akan otomatis berkurang.

Aplikasi ini sudah support berbagai versi Android. Mulai dari versi lama, sampai versi terbaru. Termasuk juga pada MIUI HP Xiaomi.

Oh ya, kalau HP Xiaomi Anda sudah dalam keadaan root, Anda bisa membiarkan Greenify melakukan optimalisasi secara otomatis menggunakan fitur Smart Hibernation.

2. Power Battery

Power Battery Xiaomi

Aplikasi Power Battery didesain agar ampuh untuk mengatasi masalah baterai yang boros pada HP Android, termasuk Xiaomi.

Di Aplikasi ini Anda akan diberikan banyak statistik penggunaan baterai, mulai dari layar sampai Aplikasi-Aplikasi tertentu.

Dan selanjutnya, untuk melakukan optimalisasi baterai, Anda hanya tinggal perlu menekan tombol Optimal.. Otomatis baterai akan menjadi lebih hemat.

Selain itu terdapat juga fitur lainnya, yakni untuk mengecek kumpulan file sampah pada HP, supaya bisa dibersihkan internal jadi lega lagi.

3. GO Battery Saver

Go Battery Saver Hemat Baterai

Kalau mencari Aplikasi yang praktis untuk menghemat baterai HP Xiaomi, lebih baik pertimbangkan juga GO Battery Saver.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menjalankan proses optimalisasi baterai dalam bentuk Widget. Ya, Widget yang terdapat pada menu utama (Homescreen) layar.

Cara memakainya sendiri mudah. Anda hanya perlu menginstall Aplikasinya kemudian mengatur Widget Go Battery Saver.

Setelah Widget muncul, disana akan terlihat statistik baterai serta hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan untuk menghemat baterai. Nggak mau repot? Tap saja tombol Optimize.

4. Battery Saver – Power Saver

Cara Menghemat Baterai Xiaomi Dengan Battery Saver

Tidak dipungkiri, kalau Anda sedang mencari Aplikasi penghemat baterai ringan untuk HP Xiaomi, pertimbangkan juga untuk memakai Aplikasi Battery Saver – Power Saver.

Aplikasi ini didesain untuk menjaga daya tahan baterai, sekaligus menurunkan suhu panas pada HP. Caranya yakni dengan mengoptimalkan sistem dan memberhentikan Aplikasi-Aplikasi tertentu yang sedang berjalan.

Fitur lainnya Anda juga bisa melakukan monitoring Aplikasi apa yang paling banyak menguras baterai, serta mengetahui berapa temperatur HP.

5. Avast Battery Saver

Aplikasi Avast Battery Saver

Sudah pernah dengar Avast? Mungkin bagi sebagian orang Avast bukanlah sesuatu yang asing lagi. Nama ini memang terkenal sebagai salah satu program Antivirus terbaik.

Dan saat ini bukan hanya Antivirus saja.. Avast juga telah mengembangkan Aplikasi yang memungkinkan HP pengguna Android bernama Avast Battery Saver.

Di Aplikasi ini Anda bisa mengetahui serta mengatur hal-hal apa saja yang paling menguras baterai HP. Misalnya Data, WIFI, Brightness dan lain-lain.

Atau kalau bingung, cukup atur saja menggunakan fitur Presets. Antara Home, Work, Night, atau Super-saving mode. Cocok sekali bukan untuk HP Xiaomi?

6. Avira Optimizer

Aplikasi Avira Optimizer

Kalau butuh Aplikasi penghemat baterai Xiaomi untuk penggunaan harian, bisa coba pertimbangkan Aplikasi Avira Optimizer.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik, yakni pembersihan RAM dan memori internal dari Junk Files.

Kemudian semua itu didukung dengan pengaturan terbaik untuk HP, langsung berdasarkan seberapa besar kapasitas baterainya. Cukup tekan saja tombol Optimalkan, maka proses optimalisasi akan langsung berjalan secara otomatis.

7. Battery Doctor

Aplikasi Battery Doctor

Jangan khawatir kalau HP Xiaomi Anda tiba-tiba baterainya jadi boros tanpa diketahui asal sebabnya. Cukup gunakan Aplikasi Battery Doctor, masalah tersebut bisa teratasi.

Cara kerja Aplikasi ini memungkinkan untuk memberi tahu Anda, hal-hal apa saja yang kira-kira perlu dilakukan untuk membuat baterai jadi lebih hemat.

Lalu tersedia juga fitur lain, salah satunya adalah untuk menghentikan Aplikasi tidak terpakai, dan estimasi waktu daya pada baterai.

8. Kaspersky Battery Life

Kaspersky Battery Optimizer

Kaspersky juga merupakan salah satu developer Antivirus yang saat ini sedang mengembangkan Aplikasi penghemat baterai.

Nama Aplikasi tersebut adalah Kaspersky Battery Life.

Aplikasi ini memiliki fitur menarik, diantaranya Anda bisa mengetahui kapasitas Real dari baterai, menghentikan Aplikasi yang sedang berjalan tanpa ribet, serta membuat pengecualian untuk Aplikasi-Aplikasi tertentu.

Bukan itu saja, tersedia juga fitur untuk melihat estimasi kapan baterai terisi penuh ketika di cas. Pokoknya langsung saja deh! Coba di HP Xiaomi Anda!.

9. AccuBattery

AccuBattery Android

Fungsi Aplikasi ini adalah untuk Monitoring baterai. Dari penggunaan kapasitas daya, dan pengecekan kesehatan baterai.

Tentu saja AccuBattery juga bisa dipakai untuk menghematkan baterai HP Xiaomi. Caranya bisa memakai fitur BatteryUsage.

Pada fitur tersebut Anda bisa mengetahui bagian sistem apa saja yang paling menguras baterai. Sehingga Anda bisa langsung mengoptimalisasinya.

Fungsi lain dari Aplikasi ini juga adalah untuk mengkalibrasi baterai. (Baca juga : Cara kalibrasi baterai HP Xiaomi).

Tips Supaya Baterai Xiaomi Jadi Hemat

1. Kurangi Brightness Pada HP

Brightness atau kecerahan layar itu sangat berpengaruh terhadap penggunaan baterai. Bahkan hingga sekitar 40%.

Mengurangi Brightness, bisa sangat membantu untuk menghemat baterai Xiaomi yang cepat habis. Anda bisa mengaturnya ke 60% (Maksimal) atau lebih rendah lagi.

Caranya bisa lewat Menu Xiaomi atau Setelan.

2. Gunakan Akses Data Seperlunya

Bagi pengguna Android akses internet pastinya adalah hal yang wajib. Namun sayangnya hal ini cukup membuat baterai jadi boros.

Solusinya cukup gunakan akses internet seperlunya.. Baik itu WIFI maupun Data Seluler. Matikan jika tidak perlu.

3. Hentikan Aplikasi Tidak Perlu

Menggunakan Aplikasi penghemat baterai Xiaomi memang bisa menghentikan suatu Aplikasi secara otomatis, namun dengan catatan tidak semua.

Diantaranya misalnya Aplikasis sitem. Aplikasi jenis ini akan terus berjalan, biasanya tanpa terdeteksi pada laman optimalisasi Aplikasi penghemat baterai.

Coba ikuti langkah ini :

  1. Buka Setelan Xiaomi
  2. Geser kebawah, Tap Aplikasi Sistem
  3. Coba cari Aplikasi sistem yang kira-kira tidak Anda perlukan

Tapi ingat, hati-hati ya.. Jangan sampai salah memberhentikannya, barangkali HP nanti muncul error.

4. Matikan GPS

Kalau Anda tidak begitu sering berpergian keluar, fitur GPS bisa coba dimatikan. Bukan tanpa alasan, karena fitur ini memang lumayan menguras baterai.

Untuk di HP Xiaomi bisa buka Setelan, lalu coba gunakan kolom Search dan cari “Lokasi” atau “GPS“.

Kemudian nonaktifkan disana.

5. Update MIUI Ke Versi Terbaru

Ada beberapa pengguna yang menanyakan cara menghemat baterai xiaomi 4X. Coba buka halaman Update Xiaomi :

  1. Buka Setelan
  2. Buka menu Pembaruan
  3. Kalau tersedia Update, maka Anda bisa langsung mengaktifkannya disana

Di update-update sistem ini biasanya terdapat peningkatan performa menjadi lebih cepat, serta penggunaan daya yang menjadi lebih hemat.

Dan ingat, pastikan updatenya langsung tersedia dari halaman setelan tersebut (Resmi). Khususnya untuk tipe Redmi 4X.

Penutup…

Nggak sedikit kok Aplikasi hemat baterai yang bisa dipakai di HP Xiaomi. Tapi pastinya masih ada juga yang belaum tahu, karena itulah disini saya membuat rekomendasinya.

Dan supaya maksimal, jangan lupa juga untuk melakukan sedikit optimalisasi baterai secara manual, diantaranya dengan 4 metode yang sempat saya bahas tadi.

Semua Aplikasi serta cara menghemat baterai tersebut bisa diterapkan di semua tipe HP Xiaomi. Redmi 3, 3S, 4A, 4X, 5A, 5, Note 5A, Note 5, Note 7 dan lain-lain.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *