Aplikasi Penghemat Baterai Xiaomi

Aplikasi Penghemat Baterai Xiaomi

Aplikasi penghemat baterai dibutuhkan oleh banyak pengguna Android. Misal, buat yang pemakaian HP hariannya padat, kapasitas baterainya kecil, atau mungkin kualitas baterainya sudah menurun.

Ngaruh nggak sih, aplikasi untuk menghemat baterai ini? Jawabannya, iya! Tentu saja berpengaruh.

Jadi, boros tidaknya penggunaan baterai itu, salah satunya dipengaruhi oleh banyaknya aplikasi berjalan dan pengaturan HP kita.

Nah, aplikasi ini bisa berfungsi untuk mengoptimalisasi hal-hal tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membersihkan File Sampah Xiaomi? Cek di Sini.

Aplikasi Penghemat Baterai Xiaomi

Di Google Play Store, ada banyak aplikasi yang bisa kita pilih, untuk menghemat konsumsi baterai HP.

Khusus untuk pengguna HP Xiaomi, di sini saya ingin memberikan beberapa rekomendasinya. Kebetulan saya juga sudah cukup lama memakai HP Xiaomi. Jadi, bisa dibilang sudah berpengalaman juga.

Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Greenify

Greenify Android
AplikasiGreenify
DeveloperOasis Feng
Size2.5 MB
Download10.000.000+

Greenify sebenarnya masuk ke kategori aplikasi penghemat RAM Android. Cara kerjanya ialah dengan menghibernasikan aplikasi-aplikasi tertentu pada Android yang sedang berjalan.

Namun, justru karena hal ini jugalah, Greenify bisa disebut sebagai aplikasi penghemat baterai.

Dengan optimalisasi aplikasi yang berjalan, jumlah daya penggunaan baterai pun otomatis akan berkurang bukan?

Aplikasi ini sudah support berbagai versi Android. Mulai dari versi lama, sampai versi terbaru, termasuk juga pada sistem MIUI HP Xiaomi.

Oh ya, kalau HP Xiaomi Anda sudah dalam keadaan root, Anda bisa membiarkan Greenify melakukan optimalisasi secara otomatis menggunakan fitur Smart Hibernation.

2. Power Battery

Power Battery Xiaomi

Aplikasi Power Battery telah didesain sedemikian rupa, agar ampuh untuk mengatasi masalah baterai yang boros pada HP Android, termasuk Xiaomi.

Di aplikasi ini, Anda akan diberikan banyak statistik penggunaan baterai. Mulai dari layar sampai aplikasi-aplikasi tertentu.

Selanjutnya, untuk melakukan optimalisasi baterai, Anda hanya perlu menekan tombol Optimal saja. Secara otomatis, baterai akan menjadi lebih hemat.

Selain itu, terdapat juga fitur lainnya, yakni untuk mengecek kumpulan file sampah pada HP, supaya bisa dibersihkan dan memori internal menjadi lega lagi.

3. GO Battery Saver

Go Battery Saver Hemat Baterai

Kalau mencari aplikasi yang praktis untuk menghemat baterai HP Xiaomi, lebih baik pertimbangkan juga GO Battery Saver.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna dapat menjalankan proses optimalisasi baterai dalam bentuk widget. Yup, widget yang terdapat pada menu utama layar (homescreen).

Cara menggunakannya pun mudah. Anda hanya perlu menginstal aplikasinya, kemudian mengatur widget Go Battery Saver.

Setelah widget muncul, di sana akan nampak statistik baterai, serta hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan untuk menghemat baterai.

Nggak mau repot? Klik saja tombol Optimize.

4. Battery Saver – Power Saver

Cara Menghemat Baterai Xiaomi Dengan Battery Saver
AplikasiBattery Saver – Power Saver
DeveloperAyz Digital II
Size4.8 MB
Download100.000+

Kalau Anda sedang mencari aplikasi penghemat baterai ringan untuk HP Xiaomi, maka Anda layak untuk mempertimbangkan juga aplikasi Battery Saver – Power Saver.

Aplikasi ini didesain untuk menjaga daya tahan baterai, sekaligus menurunkan suhu panas pada HP.

Caranya, yakni dengan mengoptimalkan sistem dan menghentikan proses aplikasi-aplikasi tertentu yang sedang berjalan.

Fitur lainnya, di sini Anda juga bisa melakukan monitoring aplikasi apa yang paling banyak menguras baterai, serta mengetahui berapa temperatur suhu pada HP.

5. Avast Battery Saver

Aplikasi Avast Battery Saver

Sudah pernah dengar Avast? Buat kebanyakan orang, Avast mungkin bukanlah nama yang asing lagi. Nama ini memang terkenal sebagai salah satu program antivirus terbaik.

Nah, saat ini, bukan hanya antivirus saja yang diusungnya. Avast juga telah mengembangkan sebuah aplikasi penghemat baterai Android, lho. Namanya Avast Battery Saver.

Di aplikasi ini, Anda bisa mengetahui serta mengatur hal-hal apa saja yang paling menguras baterai HP. Misalnya data, WiFi, brightness, dan lain-lain.

Kalau bingung, cukup atur saja menggunakan fitur Presets, antara Home, Work, Night, atau Super-saving mode. Cocok sekali buat HP Xiaomi bukan?

6. Avira Optimizer

Aplikasi Avira Optimizer
AplikasiAvira Optimizer
DeveloperAVIRA
Size9.3 MB
Download1.000.000+

Kalau Anda butuh aplikasi penghemat baterai untuk penggunaan harian, bisa coba pertimbangkan Avira Optimizer.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik, seperti pembersihan RAM dan memori internal dari junk files.

Kemudian, semua itu didukung dengan pengaturan terbaik untuk HP, langsung berdasarkan seberapa besar kapasitas baterainya.

Cukup tekan saja tombol Optimalkan, maka proses optimalisasi akan langsung berfungsi.

7. Battery Doctor

Aplikasi Battery Doctor

Jangan khawatir kalau baterai HP Xiaomi Anda tiba-tiba jadi boros tanpa diketahui asal sebabnya. Cukup gunakan aplikasi Battery Doctor, maka masalah tersebut bisa teratasi.

Aplikasi ini akan memberikan informasi kepada Anda, mengenai hal-hal apa saja yang sekiranya perlu dilakukan, untuk membuat baterai menjadi lebih hemat.

Selain itu, di aplikasi ini juga tersedia fitur lainnya, seperti menghentikan aplikasi yang tidak terpakai dan estimasi waktu penggunaan daya pada baterai.

8. Kaspersky Battery Life

Kaspersky Battery Optimizer
AplikasiKaspersky Battery Life: Penghemat Baterai
DeveloperKaspersky Lab Switzerland
Size14 MB
Download5.000.000+

Kaspersky juga merupakan salah satu developer antivirus yang saat ini sedang mengembangkan aplikasi penghemat baterai.

Nama aplikasi tersebut adalah Kaspersky Battery Life.

Aplikasi ini memiliki fitur menarik. Di antaranya, Anda bisa mengetahui kapasitas real dari baterai, menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, serta membuat pengecualian untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

Bukan itu saja, di aplikasi ini juga bahkan tersedia fitur untuk melihat estimasi kapan baterai terisi penuh ketika dicas.

Pokoknya mending langsung dicoba saja, deh! Coba di HP Xiaomi Anda tentunya.

9. AccuBattery

AccuBattery Android
AplikasiAccuBattery – Baterai
DeveloperDigibites
Size3.6 MB
Download10.000.000+

Selanjutnya adalah aplikasi AccuBattery.

Aplikasi yang berfungsi untuk memantau penggunaan kapasitas daya dan kesehatan baterai ini, juga dapat bersaing dalam daftar rekomendasi aplikasi penghemat baterai Xiaomi terbaik.

AccuBattery punya fitur Battery Usage, di mana pada fitur ini, Anda bisa mengetahui bagian sistem mana sajakah yang paling menguras baterai.

Dengan begitu, Anda bisa langsung melakukan optimalisasi di bagian tersebut.

Oh ya, selain fitur tersebut, aplikasi ini juga digunakan untuk mengkalibrasi baterai HP Xiaomi Anda, lho. Menarik bukan?

Baca Juga: Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi.

Tips Supaya Baterai Xiaomi Jadi Hemat

Selanjutnya, di sini juga saya ingin sekalian membagikan sedikit tips, untuk menghemat penggunaan baterai Xiaomi Anda.

Berikut di antaranya:

1. Kurangi Brightness Pada HP

Brightness atau kecerahan layar, jelas sangat berpengaruh terhadap penggunaan baterai. Bahkan bisa mencapai hingga 40% dari total penggunaan, lho.

Oleh karena itu, mengurangi brightness pastinya bisa sangat membantu untuk menghemat penggunaan baterai di HP Xiaomi Anda.

Maksimal, cobalah untuk mengatur brighness sekitar 60%. Syukur-syukur kalau bisa lebih rendah lagi.

Bagaimana cara mengaturnya? Bisa lewat panel status bar, atau bisa juga lewat Setelan untuk pengaturan yang lebih kompleks.

2. Gunakan Akses Data Seperlunya

Bagi pengguna Android, akses internet pastinya adalah suatu hal yang wajib tersedia. Namun sayangnya, hal ini juga ternyata cukup banyak mengkonsumsi daya baterai, lho.

Solusinya, cukup gunakan akses internet seperlunya saja. Baik itu WiFi maupun data seluler. Matikan koneksi saat tidak diperlukan.

3. Hentikan Aplikasi yang Tidak Perlu

Menggunakan aplikasi penghemat baterai Xiaomi memang bisa menghentikan suatu aplikasi secara otomatis. Namun tidak semua.

Beberapa aplikasi akan tetap berjalan. Misalnya aplikasi sistem. Aplikasi seperti ini biasanya tidak dideteksi pada laman optimalisasi aplikasi penghemat baterai.

Ikuti langkah ini untuk menghentikannya:

  1. Buka Setelan Xiaomi Anda.
  2. Geser ke bawah, lalu klik Aplikasi Sistem.
  3. Cari aplikasi sistem yang kira-kira tidak diperlukan.
  4. Hentikan aplikasi tersebut di sana.

Tapi ingat, pastikan Anda berhati-hati dalam menghentikannya. Jangan sampai salah pilih, karena dikhawatirkan malah muncul error pada HP.

4. Matikan GPS

Fitur GPS sedang tidak digunakan? Lebih baik matikan saja. Ini bukan tanpa alasan, karena fitur ini memang lumayan menguras baterai.

Untuk HP Xiaomi, salah satu cara menonaktifkan GPS bisa dilakukan lewat Setelan. Gunakan kolom pencarian di sana, untuk mencari menu Lokasi atau GPS. Silakan nonaktifkan di sana.

5. Perbarui MIUI ke Versi Terbaru

Ada beberapa pengguna yang menanyakan cara menghemat baterai di HP Xiaomi 4X. Ternyata, memperbarui MIUI bisa jadi jawabannya, lho.

Silakan perbarui MIUI melalui halaman update Xiaomi. Caranya:

  1. Buka Setelan Xiaomi.
  2. Masuk ke menu Pembaruan.
  3. Kalau tersedia, Anda bisa langsung memperbaruinya di sana.

Di pembaruan-pembaruan sistem yang hadir, biasanya terdapat peningkatan performa hingga bisa menjadi lebih cepat, serta penggunaan daya yang menjadi lebih hemat.

Namun ingat, pastikan proses pembaruan langsung dilakukan di halaman pembaruan tersebut (resmi), khususnya untuk tipe Redmi 4X.

Baca Juga: HP Xiaomi Lemot? Ini Solusinya.

Akhir Kata

Ternyata nggak sedikit ya, aplikasi penghemat baterai yang bisa dipakai di HP Xiaomi. Namun karena banyak juga yang belum tahu, saya jadi membuat rekomendasinya di sini.

Oh ya, supaya hasil penghematan lebih optimal, jangan lupa juga untuk melakukan sedikit optimalisasi baterai secara manual. Di antaranya, bisa dengan beberapa tips yang sempat saya bahas tadi.

Semua aplikasi serta tips menghemat baterai yang saya bagikan di sini, seharusnya bisa diterapkan di semua tipe HP Xiaomi. Mulai dari Redmi 3, 3S, 4A, 4X, 5A, 5, Note 5A, Note 5, Note 7, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like