Apa itu Outplay di Game? Ini Arti dan Penjelasannya

Arti Outplay Game

Untuk pemain game online, terutama yang memiliki genre competitive, mungkin sering mendengar istilah outplay.

Outplay ini sudah umum di banyak game. Misalnya League of Legends, Valorant, Dota 2, Mobile Legends, PUBGM, Free Fire dan lain-lain.

Nah, lalu apa sebenarnya arti outplay? Kenapa istilah ini bisa ada di banyak game competitive? Berikut akan saya bahas.

Apa itu Outplay di Game?

Outplay adalah suatu istilah yang banyak dipakai ketika ada pemain di game melakukan hal yang tidak biasa. Misalnya melakukan trik tertentu yang tidak banyak dilakukan orang.

Umumnya istilah ini juga sering dipakai ketika seseorang pemain bisa membalikkan keadaan.

Misalnya di game Mobile Legends. Saat di pertandingan, Anda sendiri berhadapan dengan lebih dari satu musuh dengan kondisi level yang tertinggal.

Semua orang yang melihat pertandingan tersebut, umumnya menganggap Anda yang akan kalah.

Tapi karena Anda main dengan trik tertentu yang unik, Anda malah berhasil mengalahkan semua musuh meski level tertinggal jauh. Nah, ini juga bisa di sebut outplay.

Sedikit tambahan:

  • Outplay rata-rata ditemukan di game competitive, karena kebanyakan game tersebut mengusung fitur 5v5 (atau bisa kurang / lebih).
  • Game-game tersebut juga memiliki komunitas dan turnamen, sehingga istilah ini menjadi selalu populer.

Baca Juga: Arti Offlaner di Mobile Legends

Faktor Pemain Bisa Melakukan Outplay

Outplay di game ini bisa terjadi secara spontan. Tapi supaya bisa mendapatkan banyak momen outplay, tentunya ada beberapa faktor tertentu yang mempengaruhinya.

Berikut beberapa faktor pemain bisa melakukan outplay di game:

1. Pengalaman Main Game Tersebut

Faktor utama pemain bisa melakukan outplay adalah banyaknya pengalaman bermain. Pengalaman ini tentunya menjadi hal penting.

Karena semakin lama Anda bermain game tersebut, tentunya Anda akan semakin paham tentang mekanik game, strategi, posisi, hero, item dan lainnya.

Karena itu, tidak heran kalau pemain-pemain di rank tinggi di suatu game bisa banyak melakukan outplay.

2. Pemahaman di Game

Faktor selanjutnya adalah pemahaman Anda tentang game yang dimainkan.

Ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya, yaitu pemahaman tentang semua mekanik dari game dan pengetahuan dari gamenya.

Selain itu, pengetahuan dari strategi juga berpengaruh. Terutama di hero-hero meta kalau di game genre MOBA.

3. Kondisi Lawan di Game

Terakhir kondisi lawan juga menentukan apakah seseorang bisa melakukan outplay atau tidak. Maksud saya di sini ialah seperti kesalahan lawan dalam menentukan strategi game atau mengambil posisi.

Nah, kondisi ini nantinya bisa dijadikan keuntungan untuk melakukan outplay yang membalikkan keadaan. Kalau Anda sering menonton turnamen, harusnya Anda bisa melihat kebanyakan outplay masih terkait dengan kondisi lawan.

Tips Agar Bisa Outplay di Game yang Dimainkan

Outplay tidak hanya bisa dilakukan oleh pro player saja. Melainkan pemain biasa juga bisa melakukannya, asalkan semua hal yang saya sebutkan di atas terpenuhi.

Nah, tips termudah lain untuk bisa melakukan outplay ialah dengan sering menonton gameplay-gameplay dari pemain pro di Youtube. Bisa memang pro player atau mungkin streamer.

Nantinya Anda bisa memahami dan mengambil contoh dari permainan mereka. Misalnya memakai item yang sama, mengikuti strategi atau melihat kondisi yang memungkinkan outplay dan lain-lain.

Baca Juga: Arti Mikro dan Makro di Mobile Legends

Akhir Kata

Istilah outplay hampir ada di semua game kompetitif yang ada sekarang. Mobile Legends, League of Legends, Valorant dan lain-lain sebagainya.

Untuk pemain baru, tidak sedikit yang masih belum mengetahui apa itu outplay. Karena itu, diharapkan pembahasan ini bisa sedikit membantu.

Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan kirimkan saja lewat kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like