Arti Offlaner di Mobile Legends

Arti Offlaner Mobile Legends

Di Mobile Legends, terdapat beberapa posisi seperti Midlaner, Sidelaner dan Offlaner. Setiap posisi ini diisi oleh hero tertentu dengan skill dan atribut yang sesuai.

Dari posisi-posisi yang disebut barusan, Offlaner memiliki peran yang cukup sulit. Karena Offlaner menjadi salah satu kunci untuk memperbesar peluang kemenangan di setiap match.

Bicara tentang posisi Offlaner, apa Anda sudah tahu artinya? Kalau belum, yuk cek penjelasan apa itu Offlaner dan rekomendasi hero yang cocok di posisi tersebut.

Apa itu Offlaner di Mobile Legends?

Posisi Offlaner di Mobile Legend

Offlaner adalah salah satu posisi di Mobile Legends, untuk hero yang bertugas menjaga jalur EXP lane. Sehingga hero tersebut akan mendapat EXP lebih tinggi dibanding jalur lainnya.

Posisi Offlaner ini cukup sulit dimainkan, karena ada Turtle di jalur tersebut. Selain itu, pemain juga bisa bertemu dengan 2 hero musuh yang harus dihadapi.

Posisi ini cocok diisi dengan hero Tank atau Fighter yang memiliki durability tinggi. Atau bisa juga dengan memakai hero yang punya kemampuan khusus, seperti spell vamp, regenerasi dan lainnya.

Syarat Menjadi Offlaner di Mobile Legends

Seperti yang disebut, Offlaner memiliki tugas utama untuk menjaga jalur EXP lane, yang mana posisi tersebut memiliki Turtle yang memungkinkan hero bisa lebih cepat mendapatkan EXP.

Nah, ada beberapa syarat untuk memainkan hero di posisi Offlaner:

  • Harus menguasai map, terutama bagian Offlaner dan Midlaner.
  • Bisa bertahan sampai late game
  • Bisa bertahan di lane untuk mencari kesempatan menyerang balik
  • Mampu menjadi inisiator untuk melakukan ganking atau membuka war

Baca Juga: Daftar Rank Mobile Legends Terbaru

Rekomendasi Hero Offlaner Terbaik

Karena posisinya yang strategis, membuat hero Offlaner harus punya durability tinggi. Nah, berikut beberapa rekomendasi hero Offlaner terbaik:

1. Gatot Kaca

Pertama Anda bisa memakai hero Gatot Kaca. Alasannya karena Gatot Kaca merupakan salah satu hero tank yang paling tinggi durability-nya.

Dari sisi skill, Hero Gatot Kaca memiliki skill yang membuat hero musuh menjadi mengikuti hero ini.

Selain itu, terdapat juga skill pasif yang ketika hero ini mendapat damage, maka nanti akan menambah energi dan mengaktifkan lifesteal.

2. X-Borg

Kalau Anda memakai hero Fighter, maka Anda bisa memakai X-Borg. Kebetulan saya sering memakai hero ini di posisi Offlaner, dimana tugasnya untuk menjaga turret dan mendapatkan turtle di EXP lane.

X-Borg bisa dibilang cukup memiliki durability yang kuat di posisi Offlaner dan damage-nya lumayan besar. Ditambah juga X-Borg punya skill regenerasi yang cukup tinggi berkat skill passive Firaga Supply.

Kalau mau coba pakai X-Borg, saat main nanti bisa dipadukan dengan Battle Spell Flicker atau Sprint. Sehingga bisa membantu hero tersebut untuk meningkatkan mobilitas-nya.

3. Esmeralda

Esmeralda ini hero semi tank. Esmeralda cocok di posisi Offlaner, karena punya durability yang tinggi dan memiliki skill mendukung untuk jadi hero Offlaner.

Contoh skill-nya bisa memberikan efek slow, menghilangkan shield musuh, mengurangi waktu cooldown dan menyebabkan immobilize.

Dari skill Esmeralda, hero ini bisa berfungsi untuk menjadi inisiator atau pembuka war. Sehingga carry bisa langsung memberikan burst damage ketika musuh terkena efek skill Esmeralda.

4. Chou

Chou adalah salah satu hero Fighter yang cukup efektif untuk posisi Offlaner. Alasannya karena hero ini memiliki pertahanan yang cukup kuat dan skill dengan efek yang mendukung.

Misalnya seperti memberikan efek slow dan knock up. Selain itu, Chou juga punya skill defensive yang bisa kebal terhadap efek crowd control.

Melalui kemampuan yang dimiliki chou, hero ini bisa Anda pakai untuk menjaga turret dan melawan musuh one by one di posisi tersebut.

5. Yu Zhong

Terakhir Anda bisa memakai Yu Zhong. Yu Zhong merupakan hero yang memiliki pertahanan dan damage cukup tinggi.

Selain itu, hero ini juga memiliki lifesteal sehingga bisa menyerap HP ketika memberikan damage ke musuh.

Saat memakai hero ini, Anda juga bisa menjadi inisiator untuk membuka war melalui skill ultimate-nya.

PS: Skill hero-hero di atas bisa direvamp sewaktu-waktu ya (Cek juga arti buff dan nerf)

Tips Memainkan Hero di Posisi Offlaner

Kalau Anda ingin main menjadi Offlaner, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Berikut beberapa tips jadi Offlaner di Mobile Legends:

1. Bisa Menjadi Inisiator

Mengingat Offlaner memiliki pertahanan yang kuat, di sini disarankan Anda harus bisa menjadi inisiator atau pembuka war. Inisiator ini bisa Anda lakukan bersama Tank atau hero Fighter lainnya.

Dengan catatan Anda harus memastikan, kalau hero carry dari tim sudah ada di posisi belakang dan siap untuk menyerang.

2. Menjaga Turret Tim

Di early game, Offlaner berfungsi untuk menjaga turret tim. Saat menjaga Anda bisa sambil menyerang creep dan minion untuk mendapatkan EXP.

Selain itu, Anda juga harus sering melihat keadaan Turtle supaya tidak diserang musuh. Misalnya Anda memakai hero dengan damage tinggi, maka Anda bisa sambil menyerang Turtle untuk cepat mendapatkan EXP.

4. Mendukung Midlaner

Selain memperhatikan jalur Offlane, Anda juga harus melihat kondisi Midlane. Supaya nantinya kalau Anda punya kesempatan, Anda bisa menjadi inisiator untuk melawan musuh di jalur tersebut.

Sehingga hero carry yang ada di jalur tersebut bisa cepat melengkapi build item dan XP.

Akhir Kata

Ada tiga posisi utama di Mobile Legends. Yaitu Midlaner, Sidelaner dan Offlaner.

Di sini kita khusus membahas mengenai posisi Offlanernya saja. Diharapkan bisa membantu memahami kalau sebelumnya belum tahu ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like