√ Arti Prabayar Dan Pascabayar +Perbedaannya (Operator Seluler)

Pengertian Prabayar Dan Pascabayar

Hal yang biasa kalau kita menemukan istilah-istilah yang agak asing ditelinga ketika membicarakan soal provider, terutama operator seluler.

Yup, contoh deh seperti paket unlimited. Apa yang dimaksud unlimited? Artinya tidak terbatas atau tidak pernah habis.

Atau paket roaming. Roaming adalah istilah yang dipakai ketika aktivitas internet, telepon, SMS diluar jangkauan jaringan provider aktif. Misalnya waktu kita diluar negeri.

Tentu masih banyak lagi.

Dan disini saya ingin membahas juga soal arti prabayar dan pascabayar yang sejak dulu sampai sekarang cukup banyak terdengar, namun tidak sedikit orang yang belum mengetahuinya.

Kalau Anda juga sama, yuk disimak ulasannya.

Arti Prabayar Dan Pascabayar

Prabayar = Bayar di awal. Pascabayar = Bayar di akhir. Prabayar artinya kita harus membayar terlebih dahulu sebelum memakai layanan tertentu. Sedangkan pascabayar, kita bisa memakai layanan tertentu sampai batas waktu yang ditentukan, baru membayar.

Sederhana sekali kan?

Kalau berbicara soal operator seluler, Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Smartfren dan lain sebagainya rata-rata mengusung tipe prabayar. Misalnya kita beli dulu paket internet (Pakai pulsa dan lain sebagainya), paket aktif baru kita bisa internet.

Dan kalau kuota atau masa aktif habis, otomatis internet tidak bisa diakses.

Keuntungan Memakai Prabayar Dan Pascabayar

Arti-Prabayar-Arti-Pascabayar-Leskompi

Setiap fitur tentunya punya keuntungan tersendiri. Karena memang baik itu prabayar maupun pascabayar sudah didesain sesuai kebutuhan masing-masing pelanggan.

Beberapa keuntungannya :

Prabayar

Bisa Ganti Paket Sesuai Keinginan : Seperti yang tertulis, maksudnya kita bisa memilih paket apa saja yang kita mau kalau sudah habis kuota atau masa berlakunya. Misalnya waktu itu pakai paket satu, dan 2 minggu kemudian pakai paket dua.

Bisa Mendapat Promo Di Waktu Tertentu : Terkadang ada promo yang diadakan pada waktu-waktu tertentu. Misalnya di akhir tahun, bulan puasa dan lain sebagainya. Kita bisa daftar paket-paket tersebut kalau memang mau.

Lebih Mudah Kalau Ingin Ganti Nomor : Kalau kartu memang cenderung dipakai hanya utnuk internet, maka tidak perlu khawatir akan nomor dari kartu tersebut. Kita bisa menggantinya kapan saja.

Pascabayar

Tidak Perlu Pusing Soal Paket : Pengguna pascabayar biasanya sudah merencanakan kebutuhan layanan yang ingin dipakai. Jadi kedepannya tinggal pakai saja seperti biasa.

Cocok Untuk Yang Ingin Lebih Praktis : Pengguna layanan pascabayar tinggal membayar saja paket internet yang sudah dipakai, sehingga relatif lebih praktis tanpa perlu beli pulsa lagi. Bahkan saat ini ada juga metode pembayaran otomatis.

Mendapatkan Prioritas : Untuk beberapa paket pascabayar ada yang mendapatkan prioritas tersendiri. Entah dalam segi kecepatan internet atau kualitas jaringan. Contohnya pada jaringan XL Prioritas.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Kartu Agar Menjadi Pascabayar?

Sebagian besar kartu sekarang memang kondisinya masih prabayar. Nah, apakah susah untuk mendaftarkan kartu menjadi pascabayar?

Jawabannya tidak kok. Tapi dengan catatan, untuk beberapa operator ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi, misalnya :

  • Yang pertama kartu (Prabayar) setidaknya sudah dipakai dan aktif selama 3 bulan. Minimal ya.
  • Kemudian kartu juga harus didaftarkan sesuai kebijakan operator. Misalnya kartu Anda, berarti daftarkan juga dengan identitas Anda.
  • Anda harus memenuhi ketentuan yang berlaku

Jika menurut Anda sudah oke, proses migrasi kartu agar menjadi pascabayar bisa dilakukan dengan dua cara :

  • Langsung melalui kartu. Entah itu registrasi dari internet, bantuan telepon operator dan lain sebagainya.
  • Atau datang langsung ke gerai operator terdekat.

Karena setiap operator berbeda-beda, kalau ingin mudah, disarankan untuk menghubungi terlebih dahulu soal cara daftar kartu menjadi pascabayar ini.

Caranya? Mudah sekali. Saat ini semua operator pasti punya akun sosial media resmi. Entah itu Facebook, Twitter, atau Instagram. Nah, silakan kirimkan pesan lewat akun media sosial tersebut.

Khusus yang belum tahu, ini pengertian Paket Unlimited secara lengkap!

Pakai Layanan Prabayar Atau Pascabayar?

Banyak yang bingung, mana layanan yang paling cocok untuk kita pakai? Apakah prabayar? Ataukah pascabayar? Mengingat setiap layanan punya kelebihan masing-masing.

Sebenarnya tidak perlu diambil pusing, perhatikan yang sempat saya bahas tadi. Setiap layanan punya keuntungan masing-masing, dan Anda tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Contohnya, tetap pakai kartu prabayar kalau :

  • Anda suka ganti paket internet
  • Anda kadang suka ganti kartu SIM
  • Anda ingin mendapatkan promo di waktu tertentu

Dan pakai kartu pascabayar kalau :

  • Anda sudah merencanakan biaya untuk komunikasi maupun koneksi internet bulanan pada operator seluler
  • Anda ingin lebih praktis hanya perlu membayar setiap paket selesai dipakai tanpa perlu daftar ulang
  • Anda ingin mendapatkan prioritas jaringan dan Anda punya aktivitas yang sibuk menggunakan internet

Dengan memperhatikan parameter-parameter tersebut, nanti bisa langsung disesuaikan dengan kebutuhan. Sederhana kan?

Akhir Kata

Begitulah pembahasan mengenai apa itu prabayar dan pascabayar? Arti prabayar dan pascabayar dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang sebelumnya belum tahu arti dari kedua istilah ini, semoga sekarang sudah paham ya. Dan semoga informasinya bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like