Apa Itu Typo? Pengguna Gadget Mesti Tahu Nih Penjelasannya

Arti Typo

Apa itu Typo? Pernah nggak sih mendengar istilah ini?

Seperti yang kita ketahui, di Internet itu ada banyak sekali istilah-istilah yang kadang-kadang ‘Bikin geleng-geleng kepala’. Gimana nggak? Kebanyakan susah kita mengerti.

Misalnya nih Repost yang biasa kita temuin di Facebook / Instagram, AFK, sampai istilah lama seperti suhu & mastah.

Typo ini termasuk salah satunya lho. Istilahnya sebenarnya sudah ada sejak dulu, kalau di luar negeri mungkin sudah sejak 2005an, tapi di Indonesia baru populer pada tahun 2012 lalu.

Lanjut kita ke topik utama, apa sih arti Typo?

Apa Itu Typo? Apa Sih Artinya?

Typo merupakan singkatan dari Typography Error, atau kalau kita terjemahkan ke bahasa Indonesia, artinya salah ketik.

Untuk meyakinkan coba cek hasil Google Translate ini :

Pengertian Typo

Maksudnya salah ketik gimana sih? Simpel loh. Contohnya saya mau nulis “Leskompi” diketiknya malah “YesKompi” dan lain-lain sejenisnya.

Biasanya sih Typo ini gampang sekali kita temuin waktu orang-orang lagi chatting. Cari deh grup-grup chat (Di WhatsApp misalnya).

Well, walau gitu istilah ini universal. Jadi nggak cuma chat. Pokoknya salah ketik = Typo. Jadi mau di kertas, di komputer, di HP, di skripsi juga hehe..

Ini Loh Kata-Kata Istilah WA Yang Belum Banyak Diketahui

Penyebab Typo

Apa sih penyebab Typo? Bisa dikatakan ada beberapa. Untuk nambah pengetahuan saja, yuk coba disimak :

1. Suka Ngetik Terburu-buru

Mengetik

Baik ngetik di HP atau di Laptop, kalau terburu-buru biasanya kemungkinan salah ketik lebih tinggi.

Saat kita ngetik cepat-cepat, penempatan jari kadang suka nggak pas di tempat yang seharusnya. Misalnya huruf Y dan T, itu kan bersebelahan?

Tapi kalau kita salah ketik antara kedua huruf tersebut, sudah pasti makna yang dihasilkan bakal berbeda.

2. Gadget Bermasalah

Gadget Smartphone

Misalnya HP rusak, atau keyboard Laptop rusak. Tentunya bisa saja membuat huruf-huruf yang diketik suka tertukar.

Saya sendiri kadang suka begini kalau ngetik. Keyboard yang saya pakai salah satu hurufnya susah ditekan.

Efeknya huruf tersebut kadang suka nggak terketik.

3. Fitur Auto Suggest Menyala

Auto Suggest

Auto Suggest adalah fitur yang biasanya banyak kita temukan di Smartphone. Fungsinya untuk menyarankan atau menyelesaikan kalimat tertentu yang sedang diketik (Auto Complete).

Fitur ini kalau sudah terbiasa memang bisa sangat membantu. Tapi sebaliknya, kalau nggak biasa justru malah hasil ketikan akan jadi typo.

Apalagi rata-rata fitur Auto Suggest secara default tersetting bahasa Inggris.

4. Ukuran Tombol Keyboard Terlalu Kecil

Ukuran Keyboard Gadget

Entah itu keyboard di HP atau keyboard di Laptop ukurannya memang berbeda-beda. Nah, ini ‘feel’-nya juga otomatis bakal berbeda.

Termasuk pada ukuran jari kita. Misal ukuran jari kita besar, tapi tombol keyboard terlalu kecil, otomatis kadang bisa suka salah pencet juga kan?

Kalau di HP bisa juga karena layar yang terlalu kecil.

Cara Menghindari Typo

Efek salah ketik itu.. Kalau nggak kita cepat-cepat betulin, kadang-kadang malah malu sendiri hehe.. Makanya kalau ingin meminimalisir Typo, ada beberapa saran yang bisa dicoba :

1. Jangan Ngetik Cepat-cepat

Ambil tips yang simpel dulu saja.. Kalau nggak mau Typo, coba ngetik secara perlahan. Mengetik perlahan otomatis kita juga bisa jadi lebih konsentrasi.

Begitu juga dengan penempatan jari, yang bakal jadi lebih tepat. Ditambah, setiap selesai ngetik kita bakal tahu kalimatnya sudah benar atau belum.

2. Matikan Fitur Auto Suggest

Secara default, fitur Auto Suggest biasanya menyala. Seperti yang saya bilang tadi, karena Auto Suggest bisa menyebabkan Typo, disarankan supaya pengaturannya dimatikan :

  1. Buka Setelan Android
  2. Lalu masuk ke Bahasa Dan Masukan (Silakan cari dulu)
  3. Selanjutnya buka pengaturan dari Keyboard yang dipakai
  4. Cari Auto Suggest atau Koreksi Kata. Kalau sudah ketemu, silakan nonaktifkan

Kalau sudah coba tes ngetik lagi. Kalau sudah benar nonaktif, harusnya nanti semua kalimat yang diketik akan hilang koreksi katanya.

3. Pakai Gadget Yang Sesuai

Gadget yang sesuai, yang saya maksud disini ialah ukuran layarnya. Berapa ukuran layar yang dibutuhkan? 4 inch, 5 atau 6 inch? Simpelnya, semakin kecil akan semakin susah juga waktu dipakai mengetik.

Namun kalau misalnya tangan kita kecil, maka memakai gadget ukuran besar tentu bakal nggak nyaman juga untuk dipegang. Maka dari itu saya rekomendasikan pakai yang sesuai.

4. Perbaiki Gadget Kalau Rusak

Kalau Gadget rusak lebih baik cepat-cepat saja diperbaiki. Apalagi kalau sudah beberapa lama kalau ngetik sering Typo. Pasti nggak enak juga.

Caranya kalau nggak mau perbaiki sendiri, bisa pakai jasa orang lain. Atau mau lebih pasti, bawa saja ke Service Center.

Asalkan masih garansi, biasanya gratis kok.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Typo adalah singkatan dari Typography Error, yang kalau kita terjemahkan ke bahasa Indonesia artinya salah ketik. Typo ini ada beberapa penyebabnya, entah dari Gadgetnya atau karena kebiasaan waktu mengetik.

Untuk menghindari Typo, kita bisa mengetik secara perlahan. Dan perhatikan juga Gadget untuk mengatasi faktor lainnya dari penyebab Typo.

Penutup…

Sekarang udah jelaskan apa itu Typo? Saya menjelaskannya karena istilah ini banyak dipakai oleh anak-anak muda. Terutama di Facebook, Instagram atau Aplikasi-aplikasi chat, kadang-kadang kata ‘Typo’ suka disebut.

Penjelasan ini saya buat sesimpel mungkin. Kalau belum paham, tolong katakan saja di bagian mana (Pakai kolom komentar dibawah).

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like