8+ Jenis Bunyi Beep Pada Laptop Dan Cara Mengatasinya

Laptop Bunyi Beep – Mungkin seringnya kita temui di Komputer, tapi jangan salah, Laptop juga bisa mengeluarkan bunyi Beep waktu dinyalakan.

Pada umumnya, bunyi ini menandakan ada suatu kesalahan pada Sistem atau komponen. Sehingga, untuk beberapa hal perlu di cek.

Tapi, jenis bunyi Beep pada Laptop ini ada banyak. Nggak cuma satu atau dua. Jadi penting untuk diketahui.

Cara Mengatasi Bunyi Beep Laptop

Nah, pada artikel berikut ini saya ingin menjelaskan jenis-jenis bunyi beep, penyebab kerusakannya dan cara mengatasinya.

Kebetulan saya sendiri memang sudah beberapa kali menemuinya. Jadi nggak begitu asing lagi hehe.

Ini pembahasannya :

Jenis Bunyi Beep Pada Laptop Dan Cara Mengatasinya

Bunyi Beep 1X Berulang-ulang (Pendek) : Disebabkan karena masalah listrik dari komponen. Biasanya karena Input daya tidak stabil (Charger atau baterai rusak).

Solusinya : Silakan periksa Charger (Konektor dan kabel). Coba luruskan kabel yang tertekuk, atau kalau memungkinkan coba diganti. Jangan lupa juga cek baterainya.. Bisa lakukan Kalibrasi.

Bunyi Beep Pendek 2X : Terdapat masalah pada baterai CMOS. Bisa karena pengaturan yang salah, atau karena baterainya sudah habis.

Solusinya : Reset BIOS ke pengaturan Default bisa membantu. Kalau belum, silakan ganti baterainya.

Bunyi Beep 1X : Sebenarnya ini menandakan bahwa Laptop dalam keadaan normal. Fungsinya yakni untuk menandakan RAM yang bekerja dengan baik. Selain bunyi Beep, kadang ada suara “Tut Tut” persis ketika setelah melewati layar BIOS.

Solusi : Tidak ada. Atau bisa coba cek pengaturan BIOS, mungkin ada yang bisa diatur disana (Untuk menonaktifkan bunyi ini).

Bunyi Beep Panjang Terus Menerus : Menandakan bahwa terdapat Error pada RAM Laptop. Bisa disebabkan kotor, pemasangan kurang benar, atau memang ada kerusakan.

Solusi : Buka Casing Laptop, kemudian lepas RAM dan bersihkan menggunakan penghapus (Kuningannya). Kalau sudah, coba pasang lagi ke slot RAM lain, pastikan tidak longgar dan terkunci dengan benar. Kalau belum berhasil, coba ganti RAM.

Bunyi Beep 1X Panjang 9X Pendek : Penyebabnya terdapat pada ROM BIOS. Bisa karena rusak (Corrupt) atau Data Chipnya tidak terbaca.

Solusinya : Untuk mengatasi hal ini biasanya perlu dilakukan Re-Flashing BIOS. Agak susah kalau dilakukan sendiri, jadi lebih baik bawa ke Service Center saja. Siapa tahu Chipnya juga perlu diganti.

Bunyi Beep 1X Panjang 3X Pendek : Ada Error di Keyboard Laptop Anda. Bisa dari tombol (Tertekan terus menerus), masalah kabel, atau memang Keyboardnya sudah tidak berfungsi.

Solusinya : Disini kita harus periksa dulu tombol yang kira-kira jadi penyebabnya. Lepas kemudian pasang kembali dengan benar. Kalau belum bisa, coba bongkar ulang Keyboard lalu pasang kembali. Dan solusi terakhir coba ganti Keyboard.

Bunyi Beep 1X Panjang 2X Pendek : Ada masalah pada VGA Laptop Anda. Mungkin karena sebelumnya Laptop sering kepanasan (Overheat). Kalau bunyi Beepnya disertai dengan tampilan normal pada layar, kemungkinan VGA masih bisa dipakai.

Solusinya : Melakukan Reball Chipset VGA biasanya bisa membantu. Tapi ini nggak bisa dilakukan sendiri, karena butuh alat-alat khusus (Silakan pergi ke Service Center).

Bunyi Beep 1X Panjang 1X Pendek : Yang ini agak acak masalahnya, tapi kebanyakan disebabkan dari kerusakan Motherboard (Efek umur Laptop misalnya).

Solusinya : Sama seperti sebelumnya, harus dibawa ke Service Center. Sedikit catatan, kalau sudah rusak (Motherboardnya), biasanya harus diganti.

Penutup…

Demikian sedikit pembahasan tentang jenis beep pada Laptop, dan cara untuk mengatasinya. Merk-merk Laptop (ASUS, Acer, Lenovo, Toshiba, DELL, HP dan lain-lain) biasanya punya jenis bunyi yang beda-beda.

Tapi saya harap, pembahasan diatas sudah tepat untuk mengatasi masalah yang Anda alami. Karena sumber kode diatas, saya dapat dari situs Teknologi luar yang sudah terkenal.

Oh ya, itu hanya pembahasan secara garis besar. Jika ada bunyi lain yang tidak tercatat diatas, silakan kirimkan detailnya melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.

Semoga membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like