(+Gambar) Cara Masuk BIOS Laptop ASUS | Semua Tipe

Cara Masuk BIOS ASUS – BIOS adalah sebuah Firmware yang secara bawaan telah terinstall didalam Laptop. Isinya adalah konfigurasi dari Laptop, terutama yang berhubungan dengan komponen.

Untuk masuk ke BIOS ini, setiap Laptop punya tombol akses yang berbeda-beda. Apalagi kalau dibedakan antara keluaran baru dan keluaran lama.

Jadi nggak heran, kalau banyak yang bertanya tentang “Gimana sih cara masuk BIOS?”, termasuk para pengguna Laptop ASUS.

Cara Masuk BIOS Laptop ASUS

Nah, untuk menjawab hal tersebut, disini saya ingin membahasnya.

Kebetulan saya juga punya Laptop ASUS. Dan saya sudah paham sekali soal BIOS. Rasanya agak sayang kalau nggak di Share ilmunya hehe.

Oke, berikut caranya..

Cara Masuk BIOS Laptop ASUS

Langkah 1 : Pertama nyalakan Laptop seperti biasa.

Langkah 2 : Pada Layar yang ada logo ASUS, silakan klik F8 sekali.

Langkah 3 : Tunggu beberapa saat sampai BIOS selesai dimuat.

Simpel bukan? Yang penting, waktu klik tombol BIOSnya harus tepat. Kalau nggak, biasanya layar logo ASUS tadi akan terlewat, dan Laptop akan memulai Booting sistem.

Daftar Tombol Masuk BIOS Laptop ASUS

Kalau saya cari di situs resmi ASUS, rata-rata tombol BIOS yang terdapat biasanya memang F8.  Namun ada beberapa tipe tertentu yang berbeda tombolnya.

Disini sebenarnya Anda bisa mengecek sendiri pakai apa tombolnya. Caranya cukup
nyalakan Laptop, pada layar logo disana akan tertera tombolnya (Misal F2 BIOS Menu).

Bingung? Nggak paham? Atau tombolnya nggak muncul di layar logo? Nggak masalah, Anda bisa coba salah satu tombol antara F2, ESC, F8, DEL atau F12.

Cara Setting Harddisk Di BIOS ASUS

80% pengguna yang awam soal BIOS, biasanya mencari setting Boot Priority yang berfungsi untuk mengatur Disk yang akan dijadikan Boot Install ulang (Misalnya DVD atau Flashdisk instalasi OS).

Nah, untuk Laptop ASUS, Anda bisa coba mengaturnya seperti berikut..

1. Sambungkan dulu Flashdisk (Atau DVD) instalasi sistem ke Laptop. Setelah itu nyalakan. Kemudian silakan masuk BIOS seperti yang saya jelaskan tadi.

2. Pergi ke bagian Boot Menu. Cek pada Boot Options, pilih yang nomor satu.

3. Pindahkan Boot Priority Flashdisk atau DVD ke paling atas.

4. Pergi ke bagian menu Simpan BIOS. Pilih Save And Exit Setup > Pilih YES. Setelah itu Laptop akan Restart ke DVD atau Flashdisk instalasi.

Oh ya, untuk beberapa tipe Laptop ASUS, Anda bisa langsung Boot ke instalasi dengan menekan tombol Enter pada perangkat Flashdisk / DVD (Biasanya pakai tombol BIOS tertentu).

Penutup…

Sekian artikel tentang cara masuk BIOS ASUS. Saya harap berguna bagi Anda yang lagi cari caranya, dan mau menginstall sistem tapi belum tahu cara setting Bootnya.

Disini saya sudah buat selengkap mungkin. Kecuali pada daftar tombol, yang terbatas (sulit) sekali waktu mencari referensinya.

Jadi kalau Anda punya Laptop ASUS dengan tombol yang barangkali berbeda dengan pembahasan diatas, kalau berkenan tolong kirim kepada saya lewat komentar dibawah (Untuk saya taruh di artikel ini).

Supaya nanti bisa membantu juga barangkali ada pengguna laptop ASUS satu tipe dengan Anda.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like