2 Cara Mudah Mengetahui Serial Number Pengisian Pulsa

Cara Mengecek Serial Number Pulsa

Saat ini pembelian pulsa bisa dengan mudah dilakukan lewat marketplace atau aplikasi. Tapi meskipun demikian, masih banyak juga yang membeli secara konvesional.

Secara garis besar tidak ada perbedaan antara isi pulsa secara online maupun konvesional. Karena kita bisa mendapatkan serial number.

Nah, apa sih itu serial number pulsa? Dan bagaimana cara mengetahuinya? Di artikel ini akan sedikit saya bahas.

Apa Itu Serial Number Pulsa?

Serial Number, atau sering disingkat sebagai SN, adalah sebuah kode unik yang berfungsi sebagai notif verifikasi dari pengisian pulsa.

Biasanya baik itu penjual pulsa maupun pembeli, akan mendapatkan nomor SN ketika selesai melakukan pengisian ulang pulsa.

Serial Number ini berbeda-beda. Karena isinya berupa informasi tanggal transaksi, kode operator dan ID penjual pulsa.

Fungsi Serial Number Pulsa

Serial number pulsa ini dikirim secara otomatis oleh sistem dari operator. Ada beberapa fungsi tersendiri dari serial number, di antaranya:

  • Sebagai notifikasi suksesnya pengisian pulsa ke suatu nomor
  • Bisa dipakai untuk melihat informasi transaksi, seperti waktu dan tanggal pembelian
  • Untuk penjual, biasanya akan langsung mendapatkan juga pesan informasi saldo yang masih dimiliki
  • Untuk pembeli, bisa melakukan pengecekan ulang dengan memberikan serial number yang didapat

Cara Mengetahui Serial Number Pulsa

Seperti yang disebut sebelumnya, setiap pengisian pulsa baik itu lewat cara konvesional atau memakai aplikasi / secara online, akan memiliki SN.

Hanya saja serial number pulsa akan dikirimkan dengan cara yang berbeda. Nah, kalau Anda penasaran cara mengetahuinya, bisa cek berikut ini:

1. Dari Penjual

Mengetahui Serial Number Penjual

Untuk penjual pulsa yang terdaftar khusus di agen, biasanya penjual tersebut akan menerima SN melalui SMS.

Tapi hal ini berlaku juga kalau pulsa tersebut berasal dari marketplace atau aplikasi tertentu. Hanya saja SN-nya berbeda dari agen, karena ID-nya tidak sama

Contohnya seperti gambar di atas, yaitu hasil pengisian pulsa melalui aplikasi.

Intinya di sini saya ingin bilang, kalau Anda ingin mengetahui SN lewat penjual, Anda bisa meminta SMS yang ia dapat.

Tapi kalau Anda mengisi pulsa lewat marketplace atau aplikasi tertentu, Anda bisa langsung cek riwayat pengisiannya. Kemudian nanti nomornya bisa langsung disalin atau di-screenshots.

Baca Juga: Cara Pinjam Pulsa Indosat

2. Dari Pembeli

Mengecek Serial Number Pembeli Pulsa

Ini masih sehubungan dengan sebelumnya. Setelah pengisian pulsa berhasil, biasanya Anda akan mendapatkan SMS notifikasi.

Bedanya, kalau konvensional Anda akan mendapatkan pesan yang berisi SN. Sedangkan kalau lewat aplikasi atau marketplace pesannya umumnya berisi TID (Transaction ID).

Nah, gambar di atas ada 2 contoh, untuk pembelian pulsa lewat cara konvesional dan aplikasi.

Bagaimana kalau SMSnya tidak ada? Untuk SN ini kadang memang bisa telat. Pertama coba ditunggu saja selama 10 sampai 15 menit. Dan cek pulsanya sudah masuk atau belum.

Kalau belum, ada dua kemungkinan. Pertama sedang gangguan, kedua kalau Anda isi pulsanya secara konvesional, ada kemungkinan salah nomor.

Baca Juga: Cara Pinjam Pulsa Axis

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai cara mengecek serial number pulsa. Kesimpulannya, serial number pulsa ini merupakan notif verifikasi dari pengisian pulsa yang Anda lakukan.

SN ini bisa dipakai untuk beberapa hal. Salah satunya sebagai bukti pengisian pulsa kita berhasil atau tidak. Misalnya tidak berhasil, kita bisa membuat komplain berdasarkan SN tersebut.

Kalau sekiranya masih ada yang kurang dipahami mengenai serial number pulsa ini, silakan kirimkan saja komentar lewat kolom di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like